Foto, Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Air Terjun Nglirip Tuban

Sobat merupakan salah satu wisatawan pecinta keindahan alam khususnya penikmat panorama air terjun. Kabupaten Tuban memiliki pesona air terjun sangat indah yaitu air terjun Nglirip Tuban sangat direkomendasikan untuk dimasukkan kedalam agenda liburan bareng saudara atau pun teman pada akhir pekan. Sebab objek wisata Tuban ini menyuguhkan pemandangan alam sangat eksotis serta keasrian alam masih benar-benar terjaga kelestariannya, tak heran kalau begitu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan datang dari luar kota, mereka antusias berbondong-bondong ingin menyaksikan ciptaan Tuhan tersebut.

air terjun Nglirip Tuban

Air terjun Tuban ini memiliki kecantikan unik dan sangat mempesona, terlihat airnya berwarna hijau tosca. Menurut informasi dihimpun oleh redaksi datawisata kalau tinggi air terjun Nglirip mencapai 25 meter, dimana sumber air berasal dari hutan Karawak. Memang sih tinggi air terjun tak terbilang tinggi, terlebih lagi bila dibandingkan air terjun tertinggi di Indonesia yakni air terjun Sipiso Piso Medan yang ketinggian mencapai 120 meter, tetapi kalau soal keindahan alam dijamin tak kalah keren.

air terjun Nglirip

Air terjun Nglirip Singgahan Tuban merupakan air terjun sangat indah, Selain itu banyak pepohonan rindang sekitar lokasi wisata ditambah lagi hawa sejuk khas pegunungan, semakin menambah nilai keindahan tersendiri. Objek wisata air terjun Jawa Timur ini direkomendasi buat sobat merupakan pecinta alam dan pemburu spot-spot pesona alam kece.

Info Wisata Sulsel : Lokasi, Foto Dan Harga Tiket Masuk Kambo Highland Park Palopo

Info Wisata Bandung : Foto, Lokasi, Rute Dan Harga Tiket Masuk Kampung Tulip Bandung

Foto air terjun Nglirip Tuban

Ketika musim kemarau tiba, jumlah debit air terjun tak mengalami penurunan signifikan, walaupun tetap mengalami penurunan debit air. Menurut penuturan warga setempat keindahan air terjun semakin maksimal ketika memasuki kemarau, hal tersebut karena pemandangan air terjun berwarna hijau tosca dan memiliki air sangat jernih berwarna kebiruan.

air terjun Nglirip di Tuban

Seperti di objek wisata alam lain di Indonesia, Objek wisata alam Tuban ini pun juga memiliki mitos yang sudah ada diketahui sejak turun-menurun. Cerita asal usul air terjun Nglirip pada zaman dulu ada seseorang perempuan desa memiliki paras sangat cantik. Salah satu adipati Tuban(pada jaman sebelum kerajaan Majapahit) terpikat oleh kecantikan sang gadis desa. Dari hasil pernikahan mereka, lahirlah seorang anak laki-laki diberi nama Joko Lelono.

wisata alam air terjun Nglirip

Setelah beranjak dewasa Joko Lelono memiliki pujaan hati yang berasal dari keluarga kurang mampu. Tentu adipati Tuban kala itu dibuat marah dan tak setuju hubungan anaknya terhadap gadis tersebut. Akibat pertikaian itu, Joko Lelono kabur dari rumah tanpa pamit kepada kedua orang tuanya. Hal tersebut makin membuat sang ayah Joko Lelono marah, lalu memerintahkan prajurit membunuh Joko Lelono.

Info Wisata Jember : Lokasi, Rute, Foto Dan Harga Tiket Masuk Taman Botani Jember

Info Wisata Bandung : Lokasi, Foto Dan Harga Tiket Masuk Uluwatu Temple Badung Bali

Singkat cerita sang gadis miskin, pergi ke sebuah gua yang berada di sekitar air terjun Nglirip untuk bertapa. Hal itu dikarenakan merasakan patah hati teramat dalam, sehingga ia lebih memilih menenangkan diri di dalam gua, bahkan tak ada seseorang pun ingin dijumpai. Warga sekitar percaya kalau sang putri Nglirip muncul mengambil air yang berada di air terjun.

Nglirip waterfall

Akibat tragedi tersebut hingga sekarang, mitos air terjun Nglirip berkembang yakni melarang orang yang masih status pacaran berlibur disana. Kalau ada pasangan pacaran melanggar mitos tersebut, konon pasangan tersebut membuat sang putri terganggu bahkan kerap kali terjadi penampakan putri Nglirip. Lebih parahnya lagi dipercaya pasangan pacaran tersebut bakal putus cinta setelah 40 hari berkunjung ke tempat itu. Mitos itu tak berlaku bagi pasangan resmi dalam ikatan pernikahan sah.

Terlepas dari cerita legenda dan mitos beredar di kalangan masyarakat sekitar, tetap saja keindahan dimiliki air terjun Nglirip Tuban sangat mempesona. Terlebih ketika memasuki musim kemarau, walau debit air berkurang tetapi kejernihan dan kesegaran air terjun tetap terasa sangat menyegarkan. Hanya saja hal tersebut tak diimbangi oleh pengembangan sejumlah fasilitas wisata.

mitos air terjun Nglirip

Hingga sampai sekarang disekitar wisata belum tersedia fasilitas umum seperti mushola dan kamar mandi umum. Tetapi jika sobat merasakan lapar setelah seharian aktivitas disana setidaknya masih ada warung-warung penjual makanan-minuman. Jika sobat mendapati tempat ibadah mushola dan toilet umum di sekitar air terjun, itu masih milik desa Mulyo Agung.

Lokasi Wisata Air Terjun Nglirip Tuban

Memerlukan perjalanan cukup panjang agar dapat sampai lokasi wisata bila memulai perjalanan dari pusat kota Tuban yakni kurang lebih 33 kilometer atau memerlukan waktu tempuh 45 menit. Air terjun Tuban ini berada di Desa Mulyo Agung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur dan kode pos 62361.

Jalan menuju air terjun Nglirip Singgahan Tuban ada dua rute berbeda yang bisa sobat gunakan. Jalur pertama ialah ketika sampai di Kabupaten Tuban, maka langsung menuju ke Kecamatan Montong, lalu menuju ke wisata air terjun. Rute kedua bisa sobat gunakan jika ingin ke lokasi wisata, bila dari Tuban langsung menuju ke Kecamatan Singgahan.

Misal nih ternyata mengambil alternatif rute ke dua, maka jarak tempuh dilalui bakal cukup panjang. Hal pertama dapat lakukan yakni mencari angkutan umum via tujuan Jatirogo dan turun di warung Anjlok dusun Jojogan. Sesampai disitu, maka sobat naik angkutan umum tujuan objek wisata alam air terjun Nglirip, mungkin kira-kira berjarak 1 kilometer dari sana.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Nglirip

Supaya sobat bisa menikmati keindahan dan merasakan sensasi liburan wisata Tuban ini, maka persiapkan biaya retribusi sebesar Rp. 5.000 per wisatawan. Biaya masuk belum termasuk ongkos parkir kendaraan, jika membawa kendaraan pribadi. Ongkos parkir motor Rp. 2.000 dan ongkos parkir mobil Rp. 5.000.

Air terjun Nglirip Singgahan Tuban

Kurang lebih seperti itulah review singkat tentang Foto, Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Air Terjun Nglirip Tuban, mungkin bisa menjadi referensi destinasi wisata Tuban. Jika artikel ini memberikan sobat manfaat atau sekedar hiburan, sempat kan waktu sejenak membaca artikel lain di situs datawisata.com seputar objek wisata, wisata kuliner dan daftar hotel di berbagai daerah, terimakasih.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *