Foto, Rute Dan Lokasi Curug Pamutuh Tasikmalaya Jawa Barat

Kabupaten Tasikmalaya memiliki sejumlah alumni-alumni tokoh terkenal lahir di sini sebut saja seperti raja dangdut Rhoma Irama, Deddy Dahmudi dan olahragawan pemain bulu tangkis populer sekelas Susi Susanti. Tak hanya mampu melahirkan tokoh-tokoh terkenal nusantara saja, nyatanya kota dengan julukan “Sang Mutiara Dari Piringan Timur” memiliki potensi keindahan alam menakjubkan. Walaupun panorama di sini lebih didominasi oleh air terjun, seperti curug Pamutuh Tasikmalaya yang akhir-akhir ini mendadak viral dan menjadi perbincangan menarik di hampir seluruh sosial media oleh wisatawan.

curug Pamutuh
sumber foto : instagram,com/purpala_tasik

Letak dari air terjun Pamutuh Tasikmalaya berada di kawasan lereng Galunggung mountain. Seperti kita ketahui bila kawasan tersebut menyimpan sejuta keindahan pesona alam. Suasana alam pun terjamin keasriannya serta nyaman dijadikan tempat refreshing. Nah, buat sobat datawisata membutuhkan tempat nyaman, maka menjadikan air terjun Tasikmalaya ini bakal menjadi destinasi wisata paling tepat mengisi seharian liburan menyenangkan.

curug Pamutuh Tasikmalaya
sumber foto : instagram,com/curugmania

Info Wisata Boyolali : Lokasi, Rute, Foto Dan Harga Tiket Masuk Tretes Taman Tani Boyolali

Info Kuliner Malang : Lokasi, Alamat, Rute Dan Harga Menu De Kleine Batu Malang Jatim

Bila diamati lebih jauh curug Pamutuh Leuwisari memiliki keunikan seperti air terjun pada umumnya, lantaran memiliki keistimewaan yakni berada di samping tebing dan airnya langsung terjun kebawah pada bagian kolam. Aliran air pun tak terlampau deras sehingga pengunjung bisa menikmati keindahan eksotis air terjun. Tak cuman sampai disitu saja, kolam air terjun memiliki ukuran cukup lebar yang diberi nama Leuwi Hejo.

air terjun Pamutuh Tasikmalaya
sumber foto : instagram,com/endangnugraha3552

Sebutan Leuwi Hejo merupakan inspirasi dari warna air kolam. Dalam bahasa Sunda kata “Hejo” memiliki arti hijau. Nah, dari situ sudah dapat menggambarkan seperti apa sih sensasi berenang di tengah-tengah pemandangan begitu eksotis, tentu bakal memberikan pengalaman liburan menyenangkan. Setidaknya ada beberapa hal penting, perlu diperhatikan oleh pengunjung, terutama bagi mereka yang belum pandai berenang. Disarankan membawa pelampung dari rumah, mengingat kedalaman Leuwi Hejo sangat dalam.

air terjun tasikmalaya
sumber foto : instagram,com/bangmoener

Info Wisata Klaten : Lokasi, Rute, Foto Dan Harga Tiket Masuk umbul Sigedang Klaten Jateng

Info Wisata Pasuruan : Lokasi Dan Harga Menu D’gunungan Taman Dayu Pasuruan Jawa Timur

Air terjun di Tasikmalaya
sumber foto : instagram,com/mrdzikri

Lantaran masih tergolong objek wisata baru Tasikmalaya, keasrian wisata masih sangat terjaga. Hingga sekarang, belum banyak wisatawan berkunjung ke Pamutuh waterfall. Wajar-wajar saja bila belum banyak sampah berserakan, sehingga memberikan kesan benar-benar asri alami dan keindahan memukau.

air terjun Pamutuh
sumber foto : instagram,com/vivitapriyana

Lokasi Curug Pamutuh Tasikmalaya

Letak detail curug di Tasikmalaya ini berada di Desa Cigadog, Kecamatan Leuwisari, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. Jarak lokasi wisata dari pusat kota Tasikmalaya cukup jauh yakni 23 kilometer atau memerlukan waktu tempuh 50 menit. Berikut peta navigasi wisata, mungkin dapat membantu sobat dalam menemukan lokasi wisata.

Air terjun Pamutuh di Tasikmalaya bisa menjadi opsi tepat. Bagi sobat memiliki jiwa petualang, tentu bukan hal sulit datang ke sini. Agar sampai lokasi wisata diperlukan sebuah perjuangan melewati jalan berliku, tanjakan, semak belukar dan bebatuan. Jalan ke curug Pamutuh dimulai dari alun-alun Singaparna, menuju ke Geger Hanjuang. Sebagai patokan, sobat harus tiba di tugu Batu Geger Hanjuang yang berada di area perkampungan Geger Hanjuang. Dari situ masih harus trekking melewati jalan menanjak.

Pamutuh waterfall
sumber foto : instagram,com/pindipermana

Harga Tiket Masuk Air Terjun Pamutuh

Hingga sekarang objek wisata air terjun Tasikmalaya ini belum dikelola oleh pihak pemkab setempat atau pun swasta, maka belum ada biaya retribusi bagi pengunjung. Cuman pengunjung wajib membayar ongkos parkir kendaraan pribadi. Walaupun tergolong objek wisata alam, disarankan oleh penduduk setempat jam berkunjung kisaran pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Leuwi Hejo
sumber foto : instagram,com/lebah_jujur

Sekian artikel tentang Foto, Rute Dan Lokasi Curug Pamutuh Tasikmalaya Jawa Barat, mungkin bisa dijadikan referensi destinasi wisata Tasikmalaya. Jika artikel ini dirasa memberikan informasi dan manfaat, silahkan baca artikel lain di situs datawisata.com seputar objek wisata, wisata kuliner dan daftar hotel di berbagai daerah, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *