Embung Nglanggeran Wisata Embung Dan Taman Buah Yogyakarta

Provinsi Yogyakarta menyimpan ratusan wisata alam terkenal di sudut bagian selatan tepatnya di kabupaten Gunung Kidul, salah satunya merupakan wisata Embung Nglanggeran. Daerah Gunung Kidul saat ini menjadi perbincangan hangat bagi penikmat wisata alam dari kalangan remaja hingga orang tua. Embung Nglanggeran merupakan wisata kebun buah yang indah sekaligus wisata tirta embung terbaik di Yogyakarta.

tempat Wisata Gunung Kidul, saat ini tidak selalu identik dengan wisata pantai selatan melainkan wisata seperti gua, pegunungan, air terjun dan banyak lainnya berbagai wisata fenomenal dimiliki oleh Gunung Kidul Yogyakarta. Gunung Kidul setidaknya memiliki dua wisata embung terbaik yaitu wisata embung Sriten sang dataran tertinggi Yogyakarta dan embung Nglanggeran itu sendiri.

Wisata Embung Nglanggeran sore hari

Wisata Embung Nglanggeran sore hari

Wisata embung Nglanggeran merupakan satu diantara beberapa wisata buatan di Yogyakarta seperti halnya wisata embung Sriten. Embung Nglanggeran ialah telaga buatan yang berfungsi sebagai perairan ke taman buah disekitar gunung api purba. Namun, embung ini tidak hanya di fungsikan sebagai sumber pengairan, juga difungsikan sebagai salah satu objek wisata Gunung Kidul yang dapat wisatawan nikmati.

Cerita Sejarah

History  embung ini berawal dari masyarakat jawa. Embung merupakan kata sering disebutkan oleh orang jawa sebagai telaga buatan. Sedangkan Nglanggeran merupakan nama daerah dimana embung itu berada. Konon dahulu kala, embung ini dijadikan lokasi untuk menghukum warga desa yang ceroboh merusak tradisi wayang. Kata Nglanggeran ialah nglanggar dalam bahasa jawa, apabila diartikan dalam bahasa Indonesia berarti melanggar.

Wisata Embung Nglanggeran siang hari

Wisata Embung Nglanggeran siang hari

Pada ratusan tahun lalu, penduduk desa mengundang seorang dalang kondang. Dalang diundang untuk mengadakan pesta syukuran hasil panen. Namun masyarakat desa melakukan kesalahan tidak disengaja, yaitu mencoba merusak wayang yang dimiliki dalang mereka undang. Sang dalang pun marah kepada beberapa warga yang merupakan dalang dari insiden tersebut, hingga mengutuk mereka menjadi sesosok wayang dan dibuang lah mereka di belakang bukti Nglanggeran.

Di lokasi wisata, terdapat beberapa batu batu besar yang menurut cerita warga sekitar digunakan sebagai tempat pertapaan warga. Warga Nglanggeran menjelaskan, bahwa berdasarkan kepercayaan gunung Nglanggeran dijaga ketat oleh yai Ongko Wijoyo yang merupakan salah satu dalang wayang kondang.

wisata embung nglanggeran malam hari

wisata embung nglanggeran malam hari

Terlepas dari asal usul wisata Nglanggeran, para wisatawan tidak perlu takut dengan mitos tersebut, yang terpenting niat baik hanya untuk rekreasi sebagai hiburan dan tanda syukur terhadap ciptaan ALLAH maka tidak akan ada masalah ketika berlibur.

Fasilitas Wisata

Embung Nglanggeran dibuka untuk umum setelah diresmikan oleh raja Sri Sultan Hamengku Buwono X, tepatnya pada bulan februari 2013. Setelah resmi sebagai destinasi wisata, embung Nglanggeran mengalami peningkatan pengunjung dari wisatawan dan mampu menarik seluruh wisatawan seluruh Indonesia.

Sampai saat ini telah banyak wisatawan tertarik berwisata ke tempat ini, dikarenakan lokasi embung yang unik dan panorama yang amat mempesona terlebih ketika menjelang sunset dan sunrise. Pada lokasi embung sendiri pada mulanya merupakan sebuah bukit yang dipotong untuk dijadikan telaga buatan.

pintu masuk wisata

pintu masuk wisata

Wisatawan akan dihopnotis dengan pesona keindahan pemandangan gugusan batu raksasa yang membentuk gunung Nglanggeran. Selain itu wisatawan juga dapat melihat lembah menghijau hingga batas mata memandang, sehingga sangat cocok digunakan sebagai ajang foto bersama dengan teman atau keluarga.

Apabila anda lelah mengelilingi kawasan wisata dan berfoto foto ria, tidak perlu khawatir. Karena disana terdapat banyak tempat istirahat seperti gazebo. Waktu terbaik untuk menikmati pesona alam di lokasi wisata tersebut ialah saat sore hari, lantaran saat sunset merupakan momen terbaik.

Terlebih lagi, terik matahari pada waktu sore hari begitu indah diiringi dengan pemandangan senja menawan. Dianjurkan untuk datang ke wisata sore atau pagi hari. Lantaran waktu malam hari, di embung  Nglanggeran kurang bagus pemandangannya. Datanglah di pagi hari atau sore hari agar pemandangan disekitar embung terlihat jelas dan indah.

Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran

Seperti halnya wisata pada umumnya, wisata Nglanggeran menyediakan fasilitas umum kepada wisatawan diantaranya terdapat mushola umum, toilet bersih dan pedagang makan ringan yang dijamin kebersihan dengan harga terjangkau. Tempat parkir wisata terjamin keamanannya, lantaran orang jogja terkenal berhati nyaman dan santun.

Rute Embung Nglanggeran

Lokasi wisata embung Nglanggeran terletak di dusun Nglanggeran timur, desa Nglanggeran, kecamatan Patuk, kabupaten Gunung Kidul. Secara geografis letak wisata berdekatan dengan wisata gunung api purba kira kira 4 Km. Nah apabila telah berkunjung ke wisata gunung api purba maka mampir ke wisata embung Nglanggeran untuk mendapatkan panorama indah lainnya.

Lokasi wisata embung Nglanggeran ini mudah untuk ditemukan. Sehingga wisatawan, kecil kemungkinan akan tersesat. Lantaran tempat wisata berdekatan dengan kawasan gunung api purba. Menjadi gunung purba di Yogyakarta yang terbentuk oleh pembekuan magma.

Rute embung Nglanggeran Yogyakarta sendiri mudah ditempuh menggunakan kendaraan pribadi. Apabila lokasi anda berada di kota Yogyakarta, ambil arah ke tenggara Ring Road arah Wonosari. Sesampai di perempatan jalan Wonosari, maka lurus saja. Setelah sesampai di Piyungan, tepatnya di lampu merah ke tiga. Pada titik tersebut terdapat pertigaan, namun anda tetap terus lurus menuju bukit Pathuk, sering warga Yogyakarta menyebut bukit Pathuk dengan bukit bintang.

Peta Lokasi Menuju Embung Nglanggeran

Peta Lokasi Menuju Embung Nglanggeran

Setelah melawati bukit Bintang, anda akan menemukan perempatan tepat di atas bukit. Pada perempatan ini anda ambil arah kiri menuju ke desa Ngoro oro. Saat melewati jalur ini, wisatawan perlu hati hati karena jalurnya lebih sempit, namun tetap anda terus mengikuti jalur tersebut kira kira 5 Km hingga bertemu dengan menara relay atau transmisi stasiun Televisi. Sekitar dua ratus meter setelah melewati menera menara itu, anda menemukan pertigaan tepat di depan UPT Puskesmas Pathuk.

Pada tanjakan ini anda ambil ke arah kanan menuju arah ke pendopo kalisong. Terus saja menyusuri jalan beraspal sampai pertigaan. Disana akan menemukan SDN Nglanggeran. Dari SD Nglanggeran tersebut, ambil ke arah kiri hingga menemukan papan petunjuk arah menuju ke kebun buah Nglanggeran. Di jalan tikungan dan pertigaan kebun buah Nglanggeran, sampai lah di tempat lokasi wisata embung Nglanggeran Gunung Kidul.

kebun buah nglanggeran

kebun buah nglanggeran

Harga Tiket Masuk

Lantaran wisata ini telah diresmikan oleh pihak pemerintah oleh gubernur Sri Hamengkubuwono X, wisatawan akan dikenakan biaya retribusi sebesar 3000 rupiah saja. Harga tiket murah wisata Nglanggeran yang hanya 3000 rupiah, maka wisatawan dapat menikmati panorama keindahan dari salah satu embung terbaik di Yogyakarta ini.

Biaya retribusi 3000 masih belum termasuk biaya sewa parkir, tergantung wisatawan menggunakan jenis kendaraan pribadi apa. Untuk sepeda motor akan dikenakan tarif parkir sebesar 3.000 rupiah sedangkan untuk mobil sebesar 5.000 hingga 7.000 rupiah. Apabila menggunakan bus pariwisata akan dikenakan biaya 10.000 hingga 20.000 rupiah.

Tiket Masuk Nglanggeran

Tiket Masuk Nglanggeran

Sebagai wisatawan yang baik, maka senantiasa untuk menjaga kebersihan agar destinasi wisata Nglanggeran tidak di penuhi kotoran sampah. Setelah menikmati keindahan Nglanggeran di sore hari, ada baiknya apabila memiliki waktu lebih untuk menyempatkan beberapa jam menikmati keindahan pada malam hari dengan melihat kemerlip lampu kota Yogyakarta dan sebagian Jawa Tengah.

Gunung Kidul merupakan kabupaten penyumbang wisata terbanyak untuk provinsi Yogyakarta seperti pantai, air terjun, gua, pegunungan dan embung. Sekian artikel tentang wisata embung Nglanggeran semoga bermanfaat untuk mengisi liburan anda berkesan, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *