Embung sriten, Indahnya Puncak Tertinggi Di Gunung Kidul Yogyakarta

Embung Sriten yang terletak pada perbukitan Batur Agung, merupakan dataran tinggi di Gunungkidul Yogyakarta. Dimana embung Sriten ini merupakan salah satu embung buatan sebagai sumber utama pengairan pada kebun buah. Bahkan saat ini wisata embung Batara Sriten menjadi salah satu magnet tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung di kota Yogyakarta.

Embung Batara Sriten ini atau yang lebih sering orang mengenal nya embung Sriten adalah salah satu objek wisata tirta yang wajib untuk anda kunjungi bila saat ini atau akan sedang berkunjung di provinsi Yogyakarta. Telaga Sriten ini menjadi salah satu embung tertinggi bahkan menjadi dataran tinggi di kawasan provinsi Yogyakarta. Para wisatawan yang hendak berkunjung di embug Sriten pun akan dimanjakan dengan udara serta panorama yang indah dari embung Sriten tersebut.

embung sriten

embung sriten

Dulu memang di kabupaten Gunung Kidul merupakan kawasan yang identik dengan gersang dan selalu kekurangan air bersih sehingga tanah tanah di sana pada tandus serta rawan kekeringan. Hal tersebut dikarenakan kontur wilayahnya yang tersusun dari batuan karst atau pun batuan kapur. Namun opini tersebut saat ini sudah berlalu karena kabupaten Gunung Kidul saat ini justru menjadi kawasan yang memberikan wahana wisata tirta paling beragam di Provinsi Yogyakarta.

Para wisatawan, tidak hanya di berikan pemandangan telaga dengan background latar awan gemawan dan hutan hijau yang rimbun. Dari tempat ini anda dapat menyasikan rawa Jombor serta waduk Gajah Mungkur dari kejauhan secara jelas. Tak hanya itu saja bagi para wisatawan yang hendak berkemah atau pun menginap di embung Sriten tersebut akan di berikan tampilan keindahan lampu kota Klaten dan Nglipar.

bukit embung sriten

bukit embung sriten

Bagi wisatawan yang suka dengan pemandangan sunset maupun pemandangan sunrise maka embung Sriten juga menyuguhkan keindahan alam yang unik nan indah, tanpa terhalang pepohonan. Saat pagi hari, sunrise datang maka terlihat seperti gumpalan kabut yang melingkupi area di bawah embung Batara Sriten serupa dengan kue lapis berwarna hijau putih yang sangat menyejukkan mata wisatawan.

Selain menyuguhkan wisata telaga buatan yang keren, embung Sriten juga menjadi kebun buah diantaranya seperti buah kelengkeng, durian, manggis dan sirsak. Rencana nya pemerintah kabupaten Gunung Kidul bekerjasama dengan pihak swasta pengelolah wista embung Batara Sriten akan di buat landasan para layang yang bersekala Internasional, dengan harapan lebih memberikan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan domestik atau pun wisatawan luar.

embung sriten jogja

embung sriten jogja

Menurut pengalaman data wisata bila ingin menuju ke wisata embung Batara Sriten anda memerlukan usaha yang cukup keras untuk mencapai wisata embung tersebut, karena di tahun 2016 jalur menuju ke embung Sriten masih belum di aspal hanya berupa tanah gersang yang penuh dengan debu bertaburan di udara. Belum lagi kemiringan dari gunung Sumilir cukup lah curam, kira kira sudut kemiringan mencapai 60%-65%.

Memang medan perjalanan menuju ke wisata embung Sriten tersebut memang lah berat, oleh sebab itu anda memerlukan tenaga yang cukup ekstra serta bensin kendaraan yang cukup. Biar pun tingkat medan rute dari wisata embung tersebut cukup sulit tetapi semua itu akan terbayarkan bila anda sudah mencapai puncak gunung, dimana pesona keindahan alam berpadu dengan embung buatan yang eksotis, bagaikan anda berada di istana awan.

Di wisata embung ini sampai sekarang mungkin belum ada tiket masuk nya, bila memang di pertengahan jalan anda di pungut biaya mungkin itu merupakan bentuk dana retribusi pihak swasta atau pun pemerintah. Biaya retribusi tidak lah mahal, kisaran antara 5.000 hingga 10.000 rupiah per-orang nya. Dan untuk parkir sepeda motor 3.000 dan untuk mobil 10.000.

Rute Embung Sriten

Lokasi embung Batara Sriten di gunung Sumilir, dusun Sriten, desa Pilangrejo, kecamatan Nglipar, Gunung Kidul Yogyakarta. Bila anda datang dari kota Yogyakarta maka anda dapat melalui jalur ke arah kabupaten Gunungkidul. Sesampainya anda di pertigaan Nglipar belok lah ke arah kiri ikuti jalan tersebut hingga mencapai balai desa Pilangrejo di ruas jalan Ngawen. Sesampai di sana anda dapat bertanya ke penduduk lokal untuk melanjutkan perjalanan.

Tips Wisata Embung Sriten

Ada beberapa tips atau anjuran yang perlu atau rekomendasi bagi anda yang ingin mengunjungi wisata embung Batara Sriten, berikut tips yang telah di rangkum untuk anda :

  1. Untuk jam buka dan tutup wisata tersebut, saat ini belum ada aturan baku tetapi tidak ada salah nya bagi anda untuk berangkat siang hari bila dari kota Yogyakarta, agar sore hari anda sudah sampai di lokasi wisata.
  2. Bila anda tidak berniat kemah atau menginap di lokasi wisata, maka ada baiknya anda meninggalkan lokasi wisata tepat setelah atau sebelum adzan magrib. Sepanjang perjalanan lokasi embung Srtien masih belum di lengkapi dengan penerangan cahaya yang memadai dan juga antar rumah penduduk yang berjauhan.
  3. Gunakan motor selain motor matic, hal ini di sebabkan karena jalan untuk menuju embung Sriten terkenal di penuhi oleh tanjakan serta tikungan yang tajam. Apalagi bila turunan motor matic sangat lemah dalam hal pengereman. Motor jenis bebek atau pun motor sport atau motor lagi sangat cocok digunakan sebagai kendaraan untuk menuju puncak Sriten.
  4. Penggunaan kendaraan mobil sebenarnya kurang di sarankan, apabila anda memiliki skill mencukupi untuk penggunaan kendaraan mobil, tidak akan menemukan kendala yang berarti di embung Sriten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *