Green Village Gedangsari Keindahan Permadani Hijau Yogyakarta

Kabupaten Gunung Kidul saat ini menjadi pusat wisata yang dimiliki provinsi Yogyakarta, salah satunya merupakan wisata Green Village Gedangsari. Terdapat wisata baru di kabupaten Gunung Kidul yang cukup fenomenal akan pesona alam hamparan hijau pohon serta udara sejuk menyelimuti salah satu destinasi wisata Yogyakarta, yaitu wisata Green Village Gedangsari Gunung Kidul.

Wisata Green Village ialah wisata alam terdiri dari perbukitan dan hutan yang masih terjaga kelestariannya. Wisata ini terletak di dusun Mertelu, kecamatan Gedangsari, kabupaten Gunung Kidul. Panorama alam yang ditawarkan oleh salah satu tempat wisata Gunung Kidul ini adalah dapat melihat keindahan kota Yogyakarta dan Klaten dari ketinggian.

green village gedangsari

green village gedangsari

Lokasi wisata berada di perbukitan sudah tentu hawa di lokasi sekitar merasakan kesejukan alami dan udara yang sangat segar. Oleh sebab itu wisata Green Village ini dapat menjadi referensi wisata untuk mengisi hari libur, setelah melakukan aktivitas padat di kota yang sangat panas dan banyak polusi udara. Destinasi wisata Gedangsari terletak ditempat strategis, lantaran berada tepat di tengah tengah tiga desa. Green Village Gedangsari Gunung Kidul merupakan wisata baru di kabupaten Gunung Kidul, karena baru dibangun pada tahun 2016 lalu dengan bantuan dari PNPM MP3KI

Fasilitas Green Village Gedangsari

Seperti wisata lainnya, di wisata Green Village sudah memiliki fasilitas umum yang memadai, cukup lengkap. Fasilitas umum dapat digunakan diantaranya gubuk gazebo untuk menikmati keindahan panorama alam wisata di Green Village Jogja. Selain itu terdapat fasilitas umum seperti toilet bersih dan mushola. Jadi bagi wisatawan muslim tidak perlu khawatir apabila ingin beribadah sholat di lokasi wisata, karena telah disediakan mushola umum.

sunrise green village gedangsari

sunrise green village gedangsari

Selain menikmati panorama keindahan alam yang ditawarkan oleh wisata Green Village residence Yogyakarta ini disekitar lokasi wisata terdapat banyak usaha pengrajin kerajinan tangan yang menawarkan hasil kerajinan mereka kepada wisatawan. Sehingga tidak perlu jauh jauh membeli oleh oleh, karena telah disediakan berbagai kerajinan tangan keren khas Yogyakarta.

Bagi wisatawan gemar menguji adrenalin maka terdapat fasilitas flaying fox. Green Village Gedangsari flying fox ini dijamin akan memicu adrenalin kalian. Menurut kabar bahwa Green Village Gedangsari flying fox merupakan area flying fox terpanjang di Asia Tenggara, kebayang bukan keasyikan bermain flying fox dengan terombang ambing melayang di udara.

green village gedangsari flying fox

green village gedangsari flying fox

Luas area Flying Fox ini memiliki panjang 625 meter yang terletak di puncak Green Village Gedangsari. Bagi wisatawan hendak mencoba wahana flying fox, tidak perlu khawatir karena dari segi keamanan telah menggunakan peralatan standar internasional sehingga akan terjamin keselamatan pengguna. Wisatawan dapat melihat panorama alam sembari merasakan sensasi terbang di udara. Nah bagi anda yang ingin membuktikan diri memiliki adrenalin tinggi, maka perlu mencoba Green Village Gedangsari flying fox.

flying fox green village gedangsari

flying fox green village gedangsari

Lokasi Green Village Gedangsari

Seperti telah dijelaskan diatas bahwa wisata Green Village terletak di desa Mertelu Gedangsari. Akses menuju destinasi wisata, anda hanya dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil, sampai saat ini belum ada transportasi umum melewati lokasi wisata, terkecuali apabila menggunakan bus pariwisata bersama kelompok.

Lama perjalanan dari kota Yogyakarta hingga ke lokasi wisata membutuhkan waktu tempuh kurang lebih dua jam perjalanan. Rute paling mudah untuk sampai ke lokasi wisata dari kota Yogyakarta ialah melalui jalan menuju kecamatan Wonosari, setelah itu di pertigaan Sambi Pitu ambil kearah utara(kiri) hingga bertemu dengan palang rambu lalu lintas jalan ambil jurusan Gedangsari, hingga polsek Gedangsari masih ke utara. Sampai di pertigaan Clongop pilih arah ke Mangli, lurus terus sampai dusun Banyu lurus kearah timur, hingga sampai di Green Village Gedangsari.

gazebo green village gedangsari

gazebo green village gedangsari

Meski memiliki akses wisata yang mudah untuk dilalui dari kota Yogyakarta, terkadang ketika perjalanan menuju Gunung Kidul sering kali menemui hambatan padatnya lalu lintas dari wisatawan lain di akhir pekan, hal ini terasa wajar karena Gunung Kidul merupakan pusat wisata Yogyakarta.

Tiket Green Village Gedangsari

Biaya berlibur di Green Village tidak membutuhkan biaya besar, lantaran wisatawan cukup membayar jasa parkir untuk motor sebesar dua ribu rupiah, sedangkan untuk mobil lima ribu rupiah. Lantaran wisata Green Village masih baru dibuka untuk umum, belum ada peresmian dari pemerintah pusat maka belum ada biaya retribusi. Tetapi tidak menutup kemungkinan untuk ke depan hari ada biaya retribusi dari masyarakat sekitar.

puncak green village gedangsari

puncak green village gedangsari

Bagi anda yang ingin mencoba wahana Green Village Gedangsari flying fox, maka perlu untuk mengeluarkan biaya tambahan. Hal ini dikarenakan untuk wahana flying fox dalam kelola manajemen wisata. Biaya untuk mencoba flying fox Green Village Gedangsari di kisaran seratus ribu rupiah per orang. Biaya wahana flying fox yang mahal akan terbayar dengan sensasi didapatkan melihat seluruh panorama keindahan Green Village Gedangsari Gunung Kidul secara langsung.

Tips Berlibur Green Village Jogja

sunset green village gedangsari

sunset green village gedangsari

Agar liburan anda di Green Village dapat dinikmati secara maksimal, maka alangkah lebih baiknya mengetahui tips berlibur di Green Village Yogyakarta, berikut ulasannya:

  1. Agar menghindari kemacetan saat hari libur, maka berangkat pagi merupakan solusinya. Biasanya di pagi hari lalu lintas dari kota Yogyakarta menuju Gedangsari tidak begitu ramai, berbeda dengan perjalanan siang hari.
  2. Untuk mendapatkan navigasi jelas, gunakan fitur GPS dan Google Map pada gadget. Sebaiknya mengunakan kartu Telkomsel, karena jaringan Telkomsel jauh lebih bagus dibandingkan dengan provider lain di daerah Gedangsari.
  3. Bila tidak memiliki keberanian yang cukup, dilarang untuk main wahana flying fox Green Village Gedangsari.
  4. Saat berlibur di wisata Green Village, sebaiknya sempat kan untuk menginap semalam untuk merasakan panorama keindahan sunset dan juga sunrise. Bahkan, keindahan panorama Green Village saat subuh hingga pagi hari memiliki keindahan bagaikan di istana kayangan, serasa gunung diselimuti oleh embun putih yang sejuk.

Nah seperti itulah beberapa review tentang wisata Green Village Gedangsari Gunung Kidul yang wajib untuk anda kunjungi ketika hendak berlibur di Kota Yogyakarta atau Klaten. Sekian artikel ini semoga memberikan manfaat referensi wisata untuk anda dan sekeluarga, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *