Menikmati Keindahan Cahaya Surga Di Gua Jomblang Jogja

Wisata gua merupakan panorama alam bawah tanah yang memukau. Gua Jomblang merupakan satu diantara ratusan gua di Gunung Kidul yang terkenal akan keindahan dan keunikan tak terbantahkan. Hanya berkunjung di wisata Gua Jomblang, maka wisatawan akan dibuat takjub dengan cahaya indah yang menerobos masuk hingga perut bumi, menjadikannya seperti cahaya surga.

Cahaya surga gua Gunung Kidul ini merupakan fenomena ray of light, lantaran lokasinya berada di kedalaman 90 meter dari permukaan tanah, hingga membuat pemandangan cahaya ini terkesan menakjubkan. Mulut gua Jomblang berbentuk vertikal dengan perhitungan jarak antara bibir gua dengan dasarnya beragam, kira kira paling sekitar 80 meter. Keindahan gua ini tidak kalah bagus dengan wisata gua Pindul dan  berbagai tempat wisata Gunung Kidul lainnya seperti pantai atau pun wisata air terjun.

penjelajah gua jomblang

penjelajah gua

 

Sejarah Gua Jomblang

Data statistik menyatakan bawah Gua ini merupakan satu diantara dari ratusan hingga ribuan gua yang ada di kawasan karst Gunung Sewu. Asal mula gua Jomblang, terbentuk dari proses geologi ambles nya tanah diatas beserta vegetasi yang terjadi pada ribuan tahun lalu di permukaan tanah.

Vegetasi gua Jomblang yang ambles ke dasar gua terus tumbuh dengan subur, hingga saat ini dikenal oleh warga sekitar dengan sebutan hutan Purba Gunung Kidul, lantaran jenis tumbuhan memiliki keunikan dan berbeda dengan taman lainnya yang ada di permukaan tanah.

pintu masuk gua jomblang

Pintu Masuk Gua

Sejak pegunungan sewu ditetapkan oleh badan PBB UNESCO sebagai salah satu anggota baru Global Geopark Network pada tahun 2015, hingga saat ini gua Jomblang ditunjuk sebagai icon goepark dunia. Peringkat nya sama dengan pulau Jeju di Korea dan Langkawi  di Malaysia. Namun jauh sebelum diresmikan, ekosistem gua ini sudah dikenal seluruh dunia, hal tersebut terbukti dipilihnya sebagai lokasi syuting Amazing Race Amerika pada tahun 2011 silam.

Selain memiliki pengakuan dari badan perserikatan bangsa bangsa, gua Jomblang Jogja ini ternyata memiliki kisah kelam ketika jaman penyerangan partai komunis Indonesia. Pada tahun 1970 hingga 1980, gua ini digunakan sebagai lokasi pembunuhan masal anggota PKI. Diperkirakan ratusan anggota PKI menemui ajal nya di Gua Jomblang ini.

gua vertikal jomblang

Menuruni Gua Vertikal

Menurut cerita masyarakat sekitar, anggota PKI secara berkelompok dijejerkan di bibir gua dengan tangan yang diikat satu dengan lainnya. Ketika salah satu anggota kelompok ditembak maka seluruh anggota kelompok yang lain akan jatuh bersamaan. Kisah goa Jomblang PKI ini membuat resah masyarakat sekitar, ditambah lagi dengan berbagai kisah mistis tentang gua tersebut.

Namun pada akhirnya pada tahun sekitar 1990an, masyarakat yang tinggal sekitar gua mengelar doa bersama di gua tersebut. Supaya para arwah yang bersemayam di gua ini tenang di alamnya. Semenjak kejadian tersebut hingga sampai saat ini cerita tentang gua Jomblang Wonosari telah tiada, seiring dengan berjalannya waktu.

Jalur Goa Jomblang

Terdapat empat jalur utama untuk sampai ke dasar gua yang biasa dilewati oleh para penjelajah alam. Jalur pertama yakni merupakan jalur paling mudah untuk dilalui, sering disebut dengan jalur VIP. Pada jalur ini 15 meter pertama melalui lintasan terjal dan masih bisa ditapaki oleh kaki.

Peralatan SRT lengkap harus dipersiapkan untuk menjamin keselamatan sampai dasar gua. Sisa jarak dengan dasar gua Jomblang dapat ditempuh menggunakan SRT, meluncur sejauh sekitar 20 meter menggunakan tali. Namun untuk ketiga jalur lainnya, jalurnya lebih sulit lantaran perlu menggunakan SRT sejak ketinggian 80 meter(jalur A), 60 meter(jalur B) dan 40 meter(julur C). Bagi penjelajah pemula direkomendasikan memilih jalur VIP dengan ketinggian 20 meter.

menuruni gua jomblang

Menuruni Gua Dengan SRT

Apabila wisatawan sudah memiliki pengalaman memasuki gua vertikal, ketinggian gua vertikal merupakan sebuah tantangan tersendiri untuk memacu adrenalin, namun tetap memperhatikan faktor keselamatan. Diameter gua Jomblang yaitu 50 meter, dijelajahi pertama kali oleh Acintyacunyata Speleological Club pada tahun 1984, yakni kelompok penjelajah gua dari kota Yogyakarta.

Bagi wisatawan yang belum terbiasa, jalur yang dipakai untuk sampai ke dasar gua, akan merasa begitu melelahkan. Ditambah lagi dengan beberapa cerita cerita mistis mengenai Sejarah gua Jomblang dari para penjelajah yang pernah mengalami sendiri. Mungkin memasuki gua, merasakan gentar, namun begitu masuk kedalam segala sesuatunya akan berubah dengan perasaan senang menyaksikan keindahan gua Jomblang Gunung Kidul.

Ketika berada tepat di dasar gua, maka wisatawan dapat menemukan beberapa tumbuhan subur merimbun, pada dinding kapur gua yang ditumbuhi dengan tumbuhan peredu. Selanjutnya wisatawan dapat melanjutkan perjalanan menyusuri lorong gua sebagai penghubung antara gua Jomblang dengan gua vertikal lainnya yakni gua Grubuk.

ray of light gua jomblang

Menyusuri lorong tersebut lebih mudah dilalui, lantaran terdapat jalan setapak yang dibuat dari bebatuan disusun memanjang. Namun penjelajah tetap waspada karena jalan tersebut terlampau licin dan udara sekitar lorong yang lembab, sehingga menjadikan rintangan serius.

Setelah mencapai ke ujung lorong yang merupakan dasar gua, wisatawan dapat melihat panorama alam yang menakjubkan. Disana terdapat stalagmit gua Jomblang yang begitu besar berwarna hijau kecoklatan berdiri tegak di tengah dasar gua. Apabila wisatawan hendak mencapai lokasi dasar gua tepat jam 1 siang, akan mendapatkan pemandangan eksotis secara langsung dari sinar matahari yang menerobos masuk menembus kegelapan ke dasar gua Grubug Gunung Kidul. Sinar matahari tersebut menyentuh beberapa stalagtit dan stalagtit yang terbentuk tetesan air selama ratusan tahun.

sungai gua jomblang

Sungai Gua

Di dasar gua Grub Jogja, terdapat aliran sungai yang bermuara di wisata kalisuci, terletak pada bagian sebelah utara dari stalagmit besar. Para pecinta jelajah dapat menggunakan transportasi perahu untuk menyusuri aliran sungai. Aliran sungai tersebut menghubungkan dasar gua Grubung dengan beberapa gua lainnya yang masih dalam kawasan pegunungan karst.

Rute Gua Jomblang

Lokasi gua Jomblang yaitu di daerah Jetis wetan, kecamatan Semanu, kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Gua ini berjarak 10 kilometer dari pusat kota Wonosari, apabila dihitung waktu tempuh dari kota Yogyakarta ke lokasi wisata dapat ditempuh sekitar 1,5 jam perjalanan. Untuk mengunjungi wisata gua ini wisatawan dapat menggunakan transportasi pribadi maupun transportasi umum.

wisatawan gua jomblang

Wisatawan Permpuan

Sedangkan rute perjalanan wisata yakni rute Yogyakarta-wonosari di jalan wonosari, lalu menuju arah Piyungan. Pertigaan piyungan ambil lurus melewati bukit bintang lalu bertemu dengan kecamatan Patuk masih lurus hingga bertemu simpang lima atau bunderan siyono Wonosari menuju kearah kota Wonosari. Setelah sampai kota Wonosari ambil lurus hingga sampai di kecamatan Semanu masih lanjut ke desa Pacarejo.

Dari jalan beraspal anda harus melanjutkan perjalanan melewati jalan makadam di desa dan ladang warga. Apabila anda bertemu dengan resort ditengah ladang, maka anda telah sampai di lokasi Gua Jomblang. Apabila kesulitan menemukan lokasi wisata, maka anda dapat menghubungi nomor telepon gua jomblang 0818-629-901.

Tips Wisata Gua Jomblang

Supaya perjalanan wisata anda tidak mengalami kendala, maka ada baiknya ketahui tips wisata. Kegiaitan Caving merupakan aktivitas outdoor yang memiliki resiko tinggi, apalagi caving gua Jomblang memiliki kondisi gua vertikal tentu amat bahaya bagi penjelajah pemula, berikut tips wisata nya :

  1. Apabila anda menggunakan jasa tour and travel, maka pilih lah agen wisata yang memiliki pengalaman dan terpercaya dengan instruksi yang ter struktur.  Jangan tertipu dengan agen wisata, menawarkan jasa murah namun keselamatan tidak terjamin. Perhatikan apakah agen wisata memiliki perlengkapan sesuai dengan standar caving gua vertikal.
  2. Sebelum memulai menjelajah gua, maka sebaiknya sudah sarapan terlebih dahulu dan kondisi tubuh dalam keadaan prima, lantaran aktivitas caving memerlukan energi besar.
  3. Busana yang tepat untuk aktivitas caving ialah busana coverall, atau baju khusus kegiatan caving yang biasanya menutup seluruh tubuh. Apabila anda tidak memiliki jenis baju coverall, maka menggunakan kaos nyaman serta celana berbahan parasut. Pemakaian celana model jeans pria, akan memberatkan anda dalam bergerak ketika naik turun gua. Supaya meminimalisir luka goresan, pemakaian celana panjang direkomendasi kan.
  4. Demi keamanan kaki, penggunaan alas kaki berupa sepatu boot karet disarankan. Hindari penggunaan alas kaki berupa sandal. Apabila tidak memiliki sepatu boot, pemakaian sepatu olahraga direkomendasi kan.
  5. Sebaiknya hindari aktivitas caving ketika musim hujan, lantaran lantai gua akan sangat berlumpur sehingga menyusahkan dalam bergerak. Selain itu meski tidak hujan, suasana gua Jomblang seperti grimis, maka berhati hati dalam melangkah agar tidak terpeleset.
  6. Apabila anda membawa kamera untuk mengabadikan momen, maka membawa drybag merupakan solusinya. Supaya kamera anda terhindar dari cipratan dan percikan air dari dinding gua.
  7. Setiap kegiatan caving merupakan kegiatan memiliki resiko tinggi, oleh sebab itu memerlukan persiapan dan patuhi segala instruksi dari pemandu wisata.

Tiket Gua Jomblang

Bagi wisatawan yang hendak berkunjung ke gua Jomblang ini, tidak ada tiket khusus untuk melakukan kegiatan caving. Apabila komunitas anda memiliki perlengkapan caving lengkap, maka sudah dapat masuk dan menikmati keindahan gua ini, tanpa harus membayar tiket. Namun tetap memerlukan izin kepada kepala dukuh.

area gua Jomblang

area gua

Apabila anda menggunakan jasa agen wisata, maka anda harus mengeluarkan biaya untuk pemandu serta per sewaan peralatan caving. Masing masing operator gua Jomblang memiliki tarif bervariasi berkisar antara Rp. 450.000 hingga 1.000.000 per orang, tergantung fasilitas yang diberikan kepada pengunjung.

Waktu Terbaik Berkunjung

Kebanyakan penjelajah gua Jomblang, berharap mendapatkan momen cahaya surga yang menembus ke dasar gua. Apabila momen tersebut yang anda cari, maka mulai lah caving pada pagi hari sekitar jam 09.00 WIB. Nah, kemunculan Ray of light sekitar jam 10.00 hingga jam 12.00 WIB. Semakin siang maka cahaya semakin menyebar dan memudar.

caving gua jomblang

Kegiatan Caving

Cahaya Ray of light akan muncul setiap harinya, asal cuaca cerah dan sinar matahari tidak tertutup oleh awan mendung. Demi keselamatan, tinggalkan gua sebelum malam hari datang. Karena pada malam hari tidak ada satupun cahaya di dalam gua Jomblang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *