Menikmati Pesona Alam Legenda Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung api purba merupakan salah satu gunung berapi dengan panorama alam yang memukau para wisatawan. Hingga saat ini wisata gunung api purba merupakan dari sekian wisata favorit di kabupaten Gunung Kidul, hal ini terlihat semakin banyaknya jumlah wisata yang berkunjung di gunung Api Purba Nglanggeran.

Gunung Api Purba Yogyakarta ialah gunung berapi yang aktif pada puluhan juta tahun lalu, kisaran 60 hingga 70 juta tahun silam dan saat ini status gunung dinyatakan tidaklah aktif lagi. Gunung ini berbentuk bengkahan batu andesit besar membentang kurang lebih 800 meter dan memiliki tinggi 300 meter ini telah menarik wisatawan.

gunung api purba nglanggeran

gunung api purba nglanggeran

Seperti halnya tempat  wisata Gunung Kidul pada umumnya, wisata gunung Api Purba Nglanggeran menawarkan pesona sunrise dan sunset matahari serta terbitnya bulan pada malam hari, keindahan jutaan bintang yang tersebar merata di langit dapat wisatawan lihat secara langsung pada malam hari.

Cerita Gunung Api Purba Nglanggeran

Lantaran tempatnya berdekatan dengan wisata embung Nglanggeran, wisata gunung ini memiliki cerita sejarah yang sama yakni kisah seorang dalang kondang asal Yogyakarta yang marah terhadap beberapa penduduk sekitar karena telah merusak beberapa wayang miliknya. Hingga akhirnya penduduk yang diyakini merupakan dalang dari masalah itu dikutuk dijadikan wayang, lalu dibuang dibelakang gunung api purba.

gunung nglanggeran sunrise

gunung nglanggeran sunrise

Oleh karena itulah sampai saat ini wisatawan dapat melihat beberapa batu menyerupai wayang, Selain itu salah satu tempat tempat wisata gunung kidul ini juga terdapat gunung 5 jari dapat dilihat secara jelas di puncak Gede. Terlepas dari kisah mistis tersebut wisatawan hanya cukup menikmati liburan di gunung api purba dengan baik.

gunung nglanggeran sunset

gunung nglanggeran sunset

Sebuah legenda lain dari gunung api purba ialah masyarakat yang tinggal di puncak gunung ini harus berjumlah 7 kepala keluarga. Lokasinya terletak di Tlogo Mardidho, dusun Nglanggeran wetan. Masyarakat desa sekitar telah mempercayai aturan telah turun menurun dari leluhur bahwa penduduk yang mendiami tempat ini harus tujuh kepala keluarga saja.

Fasilitas Wisata

Tidak hanya menyimpan beragam kisah menyelimuti wisata gunung api purba, namun juga fenomena alam yang harus wisatawan rasakan disini. Fenomena alam disini merupakan pepohonan rindang yang tumbuh diatas gunung api purba yang di dominasi oleh batu kapur. Selain itu terdapat jalur panjat tebing yang menantang bagi para hobi memanjat tebing.

selfie diatas gunung

selfie diatas gunung

Setelah wisatawan sampai di lokasi wisata, apabila ingin beristirahat telah disediakan pendopo berbentuk rumah joglo. Keindahan alam berupa deretan pegunungan dan perkampungan penduduk unik dan menarik. Tak jauh dari joglo, terdapat tiga bangunan gardu pandang yang dapat dipakai untuk mengexplorasi panorama alam di gunung ini dari ketinggian. Gunung ini ternyata memiliki nilai histori dan sejarah tinggi.

Suasana perbukitan tenang dan nyaman, tidak jarang membuat wisatawan larut dalam ketenangan batin. Hingga menjadikan gunung Api Purba sebagai tempat untuk menenangkan jiwa dengan melakukan meditasi merasakan udara alam yang segar. Untuk kegiatan ini, nenek moyang menyebutnya sebagai “Semedi“, sebuah tindakan bermakna untuk mengheningkan cipta.

pendakian gunung

pendakian gunung

Puncak tertinggi di gunung ini adalah puncak Gedhe, dengan ketinggian lebih dari 700 meter diatas permukaan laut dengan luas 48 hektar. Selain itu juga terdapat sumber air comberan yang menjadi sumber mata air utama di gunung Nglanggeran. Sumber mata air ini untuk mengairi kehidupan sekitar gunung Nglanggeran dan gunung sekitarnya seperti Tlogo Wungu, Pamean Gadhung, Bunchu, Telaga Kencono dan masih banyak lainnya.

Gunung Api Nglanggeran memiliki bentuk alam unik, rute pendakiannya sangat menarik dan unik. Tidak heran apabila jika Nglanggeran menjadi lokasi syuting film Sudirman yang dibintangi oleh artis terkenal yaitu Adipati Dolken. Lebih uniknya lagi terdapat sebuah lorong yang menantang dinamakan lorong Sumpitan.

lorong Sumpitan

lorong Sumpitan

Rute lorong Sumpitan Nglanggeran  berupa anak tangga terbuat dari kayu yang diapit oleh tebing batu yang tinggi. Ukurannya yang hanya dapat dilewati oleh satu orang menjadikan wisatawan harus berhati hati ketika melewatinya. Pada satu titik terdapat batu besar menggantung dan wisatawan diharuskan membungkuk untuk melewatinya, bentuk lorong nya seperti film 127 Hours.

Selain fasilitas alam memukau, wisata gunung api Purba memiliki fasilitas umum. Seperti Posko kesehatan bagi wisatawan yang sedang mengalami cidera saat di lokasi wisata, pusat informasi bagi wisatawan yang membutuhkan guide wisata, Home stay diperuntukkan wisatawan hendak bermalam, tempat ibadah dan pusat kuliner khas Yogyakarta.

Rute Wisata

Alamat lengkap dari wisata gunung Api Purba ini ialah terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisata ini berdekatan dengan wisata Embung Nglanggera, sehingga mudah bagi wisatawan mencari lokasi wisata. Selain itu wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor agar mendapatkan akses lebih mudah dibandingkan menggunakan angkutan umum seperti bus atau ojek.

pintu masuk gunung api purba

pintu masuk gunung api purba

Hingga saat ini belum ada angkutan umum menuju ke lokasi wisata gunung api ini. Sehingga wisatawan wajib menggunakan kendaraan pribadi atau pun menyewa kendaraan di rental mobil. Lebih hemat lagi anda dapat memakai jasa tour and travel untuk berangkat bersama sama dengan wisatawan lainnya menggunakan bus pariwisata.

Sedangkan jalur menuju objek wisata ini anda dapat memulainya dari kota Yogyakarta, lalu ambil jurusan ke arah perempatan Ketendan, ambil lurus menuju jalan Jogja Wonosari. Sesampai di pertigaan Piyungan terdapat lampu merah, anda dapat mengambil jurusan ke arah bukit Patuk atau langsung lurus, sering masyarakat sekitar menyebut bukit patuk dengan sebutan bukit bintang.

Setelah melewati bukit Bintang, hingga sampai di pertigaan Patuk belok ke kiri ambil ke jalan menuju ke desa Ngoro oro, setelah itu sampai lah di lokasi wisata gunung Api Purba. Bila di total waktu perjalanan dari pusat kota Yogyakarta hingga ke lokasi wisata, paling tidak membutuhkan 45 menit hingga 1 jam, tergantung dengan kondisi cuaca serta kondisi lalu lintas.

Tiket Wisata

Gunung Api Purba memiliki ongkos tiket wisata. Yaitu sebesar 7.000 rupiah untuk sore hari, sedangkan untuk malam hari wisatawan dikenakan biaya 9.000 rupiah. Tentu harga tiket diatas dapat berubah sewaktu waktu. Manajemen wisata juga telah menyediakan paket wisata murah yang menarik, apabila wisatawan berminat.

tiket masuk gunung api purba

tiket masuk gunung api purba

Selain biaya retribusi tiket wisata, para wisatawan wajib untuk membayar biaya parkir bagi yang membawa kendaraan. Yakni untuk kendaraan motor akan dikenakan biaya sebesar 2.000 rupiah sedangkan mobil pribadi akan dikenakan biaya parkir sebesar 5.000 rupiah.

Seperti itulah informasi lengkap dari wisata gunung Api Purba yang dapat data wisata berikan kepada pengunjungnya, semoga informasi wisata tersebut dapat bermanfaat untuk liburan anda di gunung api Purba. Pastikan ketika melakukan pendakian gunung memerlukan kondisi tubuh yang fit dan jangan lupa berdoa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *