Sejarah Dan Lokasi Hutan Mati Papandayan Garut Jawa Barat

Garut merupakan satu diantara Kabupaten sebagai penyumbang wisata alam unggulan di Provinsi Jawa Barat. Dari wilayah utara hingga wilayah selatan memiliki berbagai objek wisata alam menarik dikunjungi. Letak geografis berada di ketinggian terendah di sepanjang pesisir pantai Garut selatan hingga dataran tinggi di puncak pegunungan Cikuray 2821 mdpl, menyediakan bermacam destinasi wisata alam terbaik salah satunya wisata unik nan eksotis hutan mati Papandayan Garut yang merupakan kawasan eksotis dari gunung Papandayan. Sebuah hutan sabana yang telah lama mati tetapi masih mampu menjanjikan pemandangan pepohonan kering memberikan kesan eksotis nan unik. Kawasan itu sering dimanfaatkan sebagai jalur pendakian ke puncak gunung hingga ke puncak Tegal Alun.

Wisata Hutan Mati Gunung Garut

Berdasarkan sejarah hutan mati gunung Papandayan bermula dari letusan maha dahsyat gunung Papandayan yang telah terjadi ratusan tahun silam. Kira-kira terjadinya letusan tersebut pada tanggal 11 sampai 12 agustus 1772. Karena hasil letusan, hingga mengakibatkan area sekitar empat desa rata tanah. Selain itu ada 3.000 penduduk sekitar area gunung juga terkubur di danau vulkanik. Begitu halnya hewan peliharaan pun ikut terkena dampak letusan gunung. Bahkan karena hebatnya fenomena itu, seorang jurnalis luar negeri ikut mendeskripsikan kejadian itu ke dalam bukunya berjudul Natural Disaster.

sejarah hutan mati gunung Papandayan

Memang jika nampak sekilas dari keadaan hutan identik tempat angker nan menyeramkan. Namun setelah di lihat dari sudut pandangan berbeda, sejumlah ratusan pohon jenis cantigi berwarna hitam tumbuh tepat diatas material lumpur dari kawah gunung, sehingga menciptakan kesan eksotis menakjubkan. Lokasi wisata bersebelahan area camping ground dari Pondok Saladah, tepat di bawahnya terdapat kawah, airnya terus mengalir tidak pernah berhenti.

sejarah hutan mati gunung Papandayan

Info Wisata Boyolali : Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Alam Sutra Selo Boyolali Jateng

Info Wisata Semarang : Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Wisata Alam Gumuk Reco Jateng

Ketika berada di kawasan wisata, aroma dari belerang sangat menyengat indra penciuman. Berjalan-jalan disekitar kawasan hutan memberikan sensasi tersendiri. Umumnya pengunjung mengabadikan setia momen ketika berada disini seperti berswafoto bersama teman-teman memanfaatkan pemandangan dead forest eksotis. Objek wisata Garut ini memiliki daya tarik disinggahi ketika sedang menuju puncak gunung Papandayan. Suasana seram disana pun seolah-olah berganti menjadi keindahan alam.

sejarah hutan mati gunung Papandayan

Tempat wisata Garut ini selalu menjadi destinasi yang tak pernah ditinggalkan oleh wisatawan ketika berlibur di kota terkenal produksi kudapan dodol nya. Di jalur pendakian gunung begitu landai dan tak terlampau jauh dari area parkir kendaraan camp David, sehingga spot itu semakin ramai dikunjungi. Dari lokasi wisata bisa ditempuh dari tempat camp David hanya butuh 2-3 jam. Mungkin bagi wisatawan tak tertarik bermalam, masih bisa mengunjungi tanpa harus melakukan kegiatan camping di pondok Saladah.

hutan mati Papandayan

Info Wisata Jogja : Harga Tiket Masuk Dan Lokasi Desa Wisata Rumah Domes Sleman

Info Wisata Purworejo : Tiket Masuk Dan Lokasi Hutan Pinus Kalilo Purworejo

Biasanya ketika hari minggu atau hari libur, keindahan Papandayan ramai disaksikan oleh pengunjung domestik seperti dari Bandung, Garut dan Tasikmalaya, Bekasi dan Jakarta. Bahkan kerap kali wisatawan mancanegara pun menyempatkan waktu mengunjungi lokasi wisata.

keindahan Papandayan

Lokasi Hutan Mati Papandayan

Wisata hutan Garut ini berada di Karamat Wangi, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat dan kode pos 44163. Hanya saja lokasi wisata cukup jauh dari pusat kota Garut yakni jaraknya sekitar 69 Kilometer atau memerlukan waktu tempuh sekitar 3 jam setengah. Berikut dibawah informasi peta navigasi lokasi wisata, mungkin saja bisa membantu kawan dalam menemukan lokasi wisata.

Buat kawan yang berniat kesana, maka ketahui terlebih dulu jalan menuju hutan mati gunung Papandayan. Jika kawan menggunakan kendaraan umum datang dari Jakarta, Bandung atau pun Bogor, maka terlebih dulu berangkat menuju terminal Garut, lalu lanjutkan perjalanan ke kaki gunung. Jika kawan sampai di terminal ketika siang hari, silahkan naik angkutan umum bus mini menuju ke simpang tiga pasar Cisurupan, lalu lanjutkan naik mobil pick up yang memang mengetem menunggu para pendaki gunung hingga penuh. Jika kawan menggunakan kendaraan pribadi, langsung saja menuju ke kaki gunung, karena lokasi disana cukup luas serta aman.

camping ground Pondok Saladah Papandayan

Tiket Masuk Hutan Mati Papandayan

Untungnya ongkos retribusi wisata tak tergolong mahal yaitu Rp. 35.000 per pengunjung. Biaya tiket masuk belum termasuk ongkos parkir kendaraan, jika kawan membawa kendaraan pribadi yaitu Rp. 30.000 kendaraan mobil. Nah, bagi kawan kebetulan menggunakan jasa transportasi umum mobil pick up maka biayanya sekitar Rp. 20.000 hingga Rp. 30.000 per penumpang.

Hutan Mati Gunung Garut

Sepertinya sekian dulu artikel tentang Sejarah Dan Lokasi Hutan Mati Papandayan Garut Jawa Barat, semoga bermanfaat sebagai salah satu review wisata Garut. Jika dirasa artikel ini bermanfaat, maka tak ada salahnya kawan membaca artikel lain di situs datawisata.com seputar objek wisata, wisata kuliner dan daftar hotel di berbagai daerah, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *