Harga Tiket Dan Lokasi Kampung Pelangi Tulungagung Jatim

Sepertinya tiap-tiap daerah memiliki keunikan tersendiri ketika merayakan hari kemerdekaan negara republik Indonesia. Seperti terjadi pada ulang tahun Indonesia ke-72 silam, satu diantara kampung dimiliki oleh Kabupaten Tulungagung memiliki cara unik nan kreatif yakni warga beramai-ramai melakukan kegiatan gotong-royong memperindah kampung mereka menggunakan cat warna-warni, sehingga malahan menjadikan kampung mereka menjadi wisata kampung kekinian yang diberi nama kampung pelangi Tulungagung Jawa Timur. Masyarakat sengaja mengecat seluruh area rumah mereka menggunakan cat berwarna-warni, sehingga memberikan kesan seperti pelangi. Pemilihan warna pun benar-benar diperhatikan misal nih warna merah muda, merah, biru, kuning, dan hijau dipilih oleh warga kampung, agar memberikan kesan ramai nan ceria.

Wisata Kampung Pelangi

Memang Kabupaten Tulungagung dianugerahi segudang objek wisata, tak hanya keindahan wisata alam yang dapat memanjakan wisatawan berkunjung kesana seperti pantai Ngalur, sebab wisata kekinian seperti wisata kampung pun juga menarik dikunjungi ketika liburan. Kini kampung pelangi Mulyosari Tulungagung pun juga menjadi perbincangan menarik di kalangan pecinta wisata. Sebenarnya tempat rekreasi Tulungagung ini terinspirasi dari wisata kampung yang telah lebih dulu hits di berbagai daerah misal kampung warna Purbalingga, kampung 3D Blitar dan lain-lain.

desa pelangi mulyosari

Tak hanya area rumah warga saja dicat, begitu pula hampir semua fasilitas umum di desa pun tak luput dari kreativitas cat warna-warni. Sejumlah fasilitas di desa ikut berwarna diantaranya pos ronda dan taman desa. Pekerjaan wisata kampung Tulungagung hingga indah seperti sekarang, membutuhkan waktu kurang lebih dua minggu dengan melibatkan sebanyak 32 RT dalam pengerjaan-nya. Selain itu memerlukan setidaknya dua puluh kaleng cat tembok yang berisi 5 kilogram, semua cat itu sudah digunakan mengecat ratusan meter tembok. Lambaian bendera umbul-umbul, serta berbagai hiasan warna-warni lainnya seperti lampion menambah keindahan desa. Berbeda seperti wisata kampung biru Arema Malang yang menggunakan cat dari perusahaan, sedangkan cat-cat di desa pelangi Tulungagung merupakan swadaya masyarakat.

Jalan menuju kampung pelangi Tulungagung

Letak kampung warna warni Mulyosari berada di Desa Mulyosari Tulungagung, dimana desa tersebut terkenal memiliki hawa sangat sejuk, sebab masih dalam satu kawasan dengan perbukitan Tulungagung yang terkenal memiliki suhu sejuk serta pemandangan eksotis. Sebelum menjadi kampung keren seperti sekarang, kampung tersebut berupa desa biasa saja, namun setelah warga bekerja keras menjadikan desa mereka menjadi destinasi wisata baru di Tulungagung, maka saat ini sudah banyak wisatawan lokal hingga pengunjung luar kota berbondong-bondong datang kesana. Hal bagus seperti itulah menjadi pertimbangan menarik bagi desa-desa lainnya, agar menjadikan desa mereka lebih indah, juga turut membantu meningkatkan perekonomian warga desa.

desa pelangi mulyosari tulungagung

Hasil kerja keras warga desa Mulyosari pun sekarang berbuah manis, dimana kampung mereka sudah sangat terkenal di berbagai daerah. Tentu tak terlepas dari peran teknologi seperti sosial media dalam membantu memasarkan keindahan kampung mereka.  Kini kampung warna warni Mulyosari menjadi sangat hits di sosmed, walaupun keberadaannya masih tergolong baru. Keberadaan wisata desa di Tulungagung ini bisa lebih memeriahkan berbagai acara-acara penting diantaranya pertunjukan budaya, acara agustus dan acara-acara tradisional lainnya.

kampung warna warni Mulyosari

Letak Kampung Pelangi Tulungagung

Bagi kawan sudah tak sabar berlibur kesana maka sebaiknya ketahui dulu ya lokasi wisata yang berada di Dusun Pabyongan, Desa Mulyosari, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung. Kalau sobat pernah nih berwisata ke Dokar Dreamland, bagi belum tahu dokar Dreamland ialah tempat wisata kekinian yang mengusung spot rumah hobbit yang dibangun oleh perusahaan kopi terkenal di Tulungagung yakni PT Cahaya Pasifik Raya. Jarak dari rumah Hobbit ke objek wisata sekitar 11 kilometer atau memerlukan waktu tempuh sekitar 22 menit. Berikut datawisata share lokasi dari peta tempat rekreasi kampung warna warni Mulyosari yang mungkin bisa membantu kawan dalam menemukan lokasi wisata.

Jalan menuju kampung pelangi Tulungagung, bisa kawan mulai dari taman alun-alun menuju ke arah barat melalui Jalan Abdul Fatttah – Jalan Kawi – jalan Wilis – Jalan Jatiwekas lalu ketemu taman wisata Kahayangan. Perjalanan di lanjutkan ke arah utara via Jalan Raya Pagerwerjo, dari situ tempat wisata sudah sangat dekat ya sekitar 2,1 kilometer.

Kampung Pelangi Tulungagung

Tiket Masuk Kampung Warna Warni Tulungagung

Bukan sesuatu hal mahal bisa dapat memasuki kawasan wisata desa ini, sebab pengunjung hanya wajib membayar retribusi sebesar Rp. 3.000 per orang, belum termasuk biaya parkir kendaraan. Sekedar informasi, walaupun tergolong wisata desa, tetap saja desa Mulyosari memiliki kebijakan terhadap pengunjung yakni jam operasional berlaku mulai dari pukul 08.00 WIB dan tutup kembali pada pukul 18.00 WIB.

desa pelangi tulungagung

Sepertinya sekian dulu ya artikel tentang Harga Tiket Dan Lokasi Kampung Pelangi Tulungagung Jatim, semoga bermanfaat sebagai referensi wisata anda. Jika artikel ini dirasa memberikan sobat manfaat, maka tak ada salahnya jika meluangkan waktu sejenak membaca artikel di situs datawisata.com seputar objek wisata, wisata kuliner dan daftar hotel di berbagai daerah, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *