Panduan Lengkap Wisata Kebun Raya Bogor Jawa Barat

Setiap daerah memiliki cerita sejarah, dalam terbentuknya daerah tersebut. Hal tersebut perlu dipelajari oleh generasi milenial, bertujuan semakin memupuk rasa cinta tanah air. Berbagai tempat-tempat bersejarah misal, selalu memiliki bukti-bukti kuat terkait sejarah suatu daerah. Kalau di Bogor ada bangunan begitu ikonis yakni kebun raya Bogor, menjadi salah satu kawasan wisata menyajikan berbagai panorama serta terselip history Bogor. Terdapat banyak peninggalan sejarah dan menjadi salah satu saksi bisu negara Indonesia dalam memperjuangkan sekaligus mempertahankan kemerdekaan.

Danau Gunting Bogor
Sumber Foto : instagram,com/k11sucore

Keindahan alam dimiliki landmark Bogor ini memang belum ada duanya, meskipun mungkin tiap-tiap daerah di Indonesia memiliki kebun raya, tetap saja belum mampu menandingi dalam segala hal. Sebab wisatawan dapat menyaksikan perpaduan sempurna panorama dan sisi sejarah Indonesia sekaligus. Tak sampai disitu saja, dijamin deh sobat bakal mendapati banyak hal-hal menarik di sini. Lantaran wisata KRB (kebun raya Bogor) memiliki banyak sekali spot atau tempat-tempat keren memiliki penuh sejarah, maka dapat dibagi menjadi beberapa bagian dalam satu artikel ini.

taman rahasia kebun raya bogor
Sumber Foto : instagram,com/nadiaptrrrr

Monumen Lady Raffles Dan Danau Gunting

Sobat dapat menemui salah satu area di kawasan wisata yakni monumen Lady Raffles. Membuat bangunan bercat putih itu bukan disebabkan oleh sejarah dan bentuk bangunan, namun lebih memberikan kesan menarik ialah sebuah peran penting dari seorang penjelajah asal negara Inggris yang kala itu menduduki nusantara. Pada monumen tersebut terlihat bagaimana melankolis bahkan terkesan romantis sang jenderal Raffles begitu tangguh dan mampu memenangkan di medan perang begitu dahsyat. Orang di sana juga menyebut sebagai monumen cinta, dimana bangunan tersebut dapat sobat lihat ketika memasuki pintu gerbang utama kebun raya.

Monumen Lady Raffles
Sumber Foto : instagram,com/muhammadnursyamsi

Setelah berswafoto di monumen cinta kebun raya, sobat berjalan lurus saja dan menemukan spot begitu menarik dikunjungi. Ya, disitu terdapat danau Gunting, bukan cuman keindahan saja mempesona tetapi menyimpan cerita misteri seputar danau, memberikan daya tarik tersendiri. Menurut penuturan pengelola KRB bahwa konon jika wisatawan berada di sekitar danau ketika malam hari, biasanya melihat penampakan hantu noni-noni Belanda, lebih tepatnya di area pulau kecil tengah danau Gunting. Ada pula penampakan ular besar pun kerap kali muncul di sekitar area danau. Bahkan salah satu stasiun televisi pun sempat mengadakan acara televisi mengenai hal-hal gaib di danau gunting.

Danau Gunting Bogor
Sumber Foto : instagram,com/kunangkecil

Berjarak tak jauh dari lokasi danau, berjalan sedikit terdapat menara istana Bogor. Nah, pengunjung bakal menyaksikan warna-warni pink di sekitar danau. Tanaman Rubra atau teratai dan Nymphaea selalu memancarkan keindahan. Tentu hal-hal detail seperti itu memberikan kesan lebih menarik banyak pengunjung.

Prasasti Reindwardt

Setelah menyaksikan keindahan dari danau gunting, sobat dapat melihat sebuah prasasti, memang sih bila dilihat sekilas seperti batu biasa. Tetapi prasasti tersebut memiliki cerita sejarah yang berhubungan erat dengan kebun raya di Bogor. Nah, wisatawan bisa melihat keberadaan prasasti tersebut, menurut informasi keberadaan prasasti merupakan untuk mengenang Georg Karl Reindwardt yang merupakan sang pendiri KRB.

Prasasti Reindwardt
Sumber Foto : instagram,com/cahyono4790

Tak jauh dari prasasti itu, para wisatawan melihat sebuah bangunan berwarna putih dan memiliki gaya arsitektur kolonial Belanda begitu kental. Ditambah terdapat aksen warna hijau mendominasi. Bangunan bernama istana Bogor tersebut berdiri begitu gagah dan letaknya tak jauh dari prasasti Reindwardt. Menurut sejarah bawah istana di Bogor dibangun pada tahun 1745 hingga sekarang masih aktif digunakan sebagai menerima tamu negara. Sebuah area patut dikunjungi oleh wisatawan.

Monumen Reindwardt
Sumber Foto : instagram,com/ihsanmuhammadahsan

Patung The Little Mermaid

Tak jauh dari lokasi istana Bogor, terdapat sebuah patung diberi nama the little Marmaid. Patung itu terlihat cukup unik, memiliki bentuk atau wujud mirip seorang gadis yang sedang termenung menatap air. Menurut info nama patung tersebut merupakan bentuk replika dari cerita the little Marmaid. Dimana patung Marmaid merupakan replika dari patung di Kopenhagen, cuman bedanya ukuran lebih kecil. Mengingatkan sesosok wanita sedang patah hati, dimana putri duyung dibuat patah hati oleh pria tampan.

The Little Mermaid
Sumber Foto : lovelybogor.com

Patung Tangan Tuhan

Lokasi berdekatan dengan patung little Mermaid ada patung unik lainnya, disini pengunjung menikmati sebuah seni patung tangan tuhan atau the hand of god. Patung memiliki bentuk tangan dan sedang menjunjung laki-laki dengan kepala menengadah dan mulut terbuka. Sebuah patung berbentuk unik, sayang dilewatkan begitu saja berswafoto. Sama halnya patung little Mermaid, dimana patung tersebut juga sebuah replika dari seorang anak didik seorang seniman terkenal di negara Prancis yakni Auguste Rodin. Anak didik Auguste bernama Carl Milles dibuat menjadi replika patung diletakkan di istana Bogor sejak 1963 serta menjadi salah satu penanda bahwa Irian Jaya bergabung dengan negara Indonesia.

Taman Dan Tugu Teijsman

Terdapat sebuah taman dan juga tugu bernama Teijsman. Taman tersebut memiliki sebuah tugu berbentuk seperti tugu mesir yakni Obelisk. Memiliki panorama begitu indah, terlebih tugu tersebut menyajikan background pepohonan rindang begitu besar dan cantik, sehingga memberikan kesan perpaduan sempurna. Tentu wisatawan dapat menikmati keindahan alam itu, jangan lupa abadikan momen-momen melalui lensa kamera.

Tugu Teijsman
Sumber Foto : 3,bp,blogspot,com

Taman Meksiko Kebun Raya Bogor

Sangking luasnya objek wisata Bogor ini, tak heran apabila sekitar KRB para wisatawan dapat melihat bermacam taman-taman yang tersebar di lokasi wisata. Satu diantara taman tersebut ialah taman berada di sebelah gunung kecil yang berada di sekitar kebun raya, suasana disana sangatlah rimbun yakni taman Meksiko.

taman meksiko
sumber foto : 3,bp,blogspot,com

Taman Meksiko nampak cukup gersang, berbeda terbalik taman di sebelah nampak rimbun hijau. Ketika sobat berada di area taman Meksiko, tentu hal pertama terasa begitu tandus dan juga begitu gersang seperti berada di gurun. Walaupun terkesan gersang, akan tetapi tetap saja angin sepoi-sepoi memberikan kesejukan.

taman meksiko bogor
Sumber Foto : instagram,com/nianuraina

Di taman Meksiko, sobat dapat menyaksikan kurang lebih ratusan spesies tanaman sukulen. Bentuk tanaman itu beraneka ragam seperti berbentuk kerdil dan juga memiliki tinggi hingga dua kali lipat dari tinggi manusia normal, dimana fenomena seperti itu memberikan kesan unik. Diberi nama taman Meksiko, sebab disini para wisatawan dapat melihat tiga sosok bertopi khas Meksiko yakni Sombrero dan juga membawa gitar. Dimana ketiga patung tersebut berdiri tepat pada salah satu sudut yang membuat ciri keunikan tersendiri.

Pemakaman Belanda Kuno

Dulu kala, kawasan kebun raya Bogor pernah masuk pengelola oleh pihak pemerintahan Belanda, kala itu Inggris memutuskan menyerahkan kebun raya kepada pihak sekutu. Oleh karena itu, tak heran bila disini terdapat sisa-sisa dari peninggalan Belanda. Salah satu peninggalan itu ialah area pemakaman Belanda.

Pemakaman Belanda kuno
sumber foto : hellobogor,com

Memang sih sekilas terkesan menyeramkan terlebih pula terdapat pohon-pohon bambu yang sangat rimbun dan kurang intensitas sinar matahari masuk, sehingga memberikan kesan menyeramkan. Belum pula terdapat batu-batu nisan berjejer dengan tulisan nama-nama orang Belanda, membuat suasana semakin mencekam. Nama-nama orang Belanda diantaranya seperti JC Van Hasselt dan Heinrich Kuhl.

Laboratorium Treub Dan Wisma Tamu Nusa Indah

Supaya memberikan edukatif, disini telah tersedia fasilitas pembelajaran berupa Laboratorium dan resort wisma tamu nusa indah. Dimana kedua bangunan tersebut tak terlampau asing buat pecinta sinetron FTV. Tak heran bila kedua bangunan tersebut kerap kali dijadikan lokasi pembuatan film, sebab bangunan kuno tersebut menyuguhkan panorama dan keindahan langit biru memukau.

Laboratorium Treub
Sumber Foto : instagram,com/anjaliaa_
Laboratorium Treub
sumber foto : 2,bp,blogspot,com

Sementara konstruksi bangunan murni jaman kolonial Belanda yang menjadi daya tarik kedua bangunan itu, menjadi salah satu penyebab bangunan itu memanjakan pengunjung. Walaupun demikian pengunjung hanya dapat memanfaatkan kedua bangunan itu sebagai tempat swafoto saja. Masih jarang sekali pengunjung masuk ke dalam untuk melihat interior kuno dari kedua bangunan tersebut. Sedangkan nama laboratorium diambil dari nama Melchior Treub yang merupakan seorang direktur kebun raya Bogor, pengabdian Melchior Treub di sini mencapai 30 tahun. Dirinya pula sang pendiri Buitenzorg Landbouw Hogeschool, sekarang telah berganti nama menjadi sekolah institut Pertanian Bogor.

Wisma Tamu Nusa Indah
sumber foto : cagarbudaya.kemdikbud,go,id

Jembatan Putus Cinta

Ada spot memiliki nama cukup menarik dan unik yakni jembatan putus cinta. Memang sih sekilas dilihat tak ada hal spesial didapatkan disini. Jembatan itu hanya berupa suspension bridge, memiliki rangka bergantungan pada kawat tebal. Jembatan tersebut memiliki warna merah yang merupakan warna khas negara Belanda. Panjang jembatan itu mencapai 25 hingga 30 meter.

jembatan putus cinta
sumber foto : kebunrayabogor.com

Pembangunan jembatan dimulai ketika itu kebun raya di Bogor mengalami tahap renovasi dan ekspansi lahan. Walaupun demikian tetap memiliki keunikan, sebab rasa adrenaline sobat bakal terpacu ketika berjalan di sekitar jembatan. Sisi menarik lain dari jembatan putus cinta ialah mitos menyebutkan bawah terdapat banyak hubungan percintaan harus berakhir kandas tengah jalan usai seseorang berhasil melewati jembatan. Oleh karena itu banyak pengunjung tak tertarik melewati jembatan tersebut, selain mitos kebun raya Bogor itu, tak ada lagi menceritakan jembatan putus cinta.

jembatan putus cinta
sumber foto : i,ytimg,com

Museum Zoologi

Nyatanya kebun raya di Bogor tak cuman menawarkan keindahan serta sisi sejarah saja. Berbagai sarana edukasi pun menarik dicoba salah satunya lebih dekat dengan dunia flora dan fauna di Indonesia bahkan skala dunia. Museum zoologi merupakan tempat menarik wajib sobat singgah. Museum zoologi merupakan satu diantara museum menyajikan beragam hewan diawetkan. Fungsi museum untuk memberikan wawasan mengenai keragaman hayati di Indonesia. Para wisatawan bakal mendapatkan info mengenai jenis binatang hidup di Indonesia. Seperti hewan-hewan mamalia, serangga hingga reptil kesemua binatang tersebut telah diawetkan dan wujud asli.

museum zoologi
sumber foto : 4,bp,blogspot,com

Selain itu pengunjung dapat melihat aneka diorama yang menjelaskan kehidupan hewan-hewan pada masa lampau di nusantara. Seperti patung rusa ketika menghadapi serigala buas. Menariknya lagi diorama tersebut menggunakan hewan asli diawetkan. Di dalam museum, pengunjung dapat melihat hewan badak dengan ukuran asli hingga reptil ular dan binatang-binatang laut. Tercatat lebih dari 2.000 spesies binatang di museum zoologi. Para pengunjung berlibur bersama anak-anak, dapat mengajak mereka ke wahana edukasi ini dan mendapatkan ilmu pengetahuan bermanfaat. Ada satu ikon di museum zoologi kebun raya Bogor ialah tulang-tulang ikan paus dipercaya menjadi salah satu makhluk paling besar seluruh dunia, tulang-tulang tersebut masih utuh berada di ruang khusus.

museum zoologi
Sumber Foto : instagram,com/muhammadsahil616

Pesona Taman Astrid

Seperti telah dijelaskan diatas, kalau di kawasan wisata keluarga Bogor ini memiliki banyak area taman tersebar di sejumlah tempat wisata, nah salah satunya taman Astrid. Nama Astrid diambil dari nama seorang permaisuri Belgia, kecantikan dan keanggunan permaisuri begitu tersohor pada eranya. Permaisuri Astrid juga seorang ibunda dari raja Boudouin. Nah kecantikan permaisuri itulah digambarkan dalam bentuk taman cantik tak kalah menarik. Taman ini berada di belakang pintu 4 dan pintu khusus bagi para pejalan kaki. Di sini wisatawan dapat menemukan area taman penuh rerumputan hijau tebal dengan air mancur serta kolam bunga Kana. Hal itu merupakan salah satu ciri khas dari taman Astrid Bogor.

Taman Astrid
sumber foto : merahputih,com

Pesona taman Astrid memang sudah lama dikenal oleh pengunjung. Merupakan sebagai satu diantara hal menarik dan juga siap membuat perhatian pengunjung tertuju ke sini, adanya kolam didalamnya juga terdapat spesies tanaman langkah. Kolam teratai raksasa merupakan kolam dapat ditemui di area taman Astrid. Kolam tersebut juga kerap kali disebut sebagai giant lotus atau veronica amazonica. Jenis teratai tergolong cukup langkah dan hanya satu-satunya ada di Indonesia. Teratai itu memiliki ukuran sangat besar dengan bentuk daun sangat lebar. Bahkan bayi pun dapat diletakkan diatas daun teratai tersebut, tanpa terjatuh ke dalam air.

taman astrid bogor
Sumber Foto : instagram,com/tammycebezta

Keindahan tanaman teratai di kolam Astrid pun menjadi salah satu daya tarik dari taman. Tentu memberikan keunikan, tak jauh dari lokasi taman Astrid para pengunjung dapat rehat sejenak di cafe Dedaunan atau green garden. Daya tarik dari kafe Dedaunan adanya payung-payung merah sangat cantik dan digunakan sebagai tempat berteduh di area luar teras kafe. Tentu saja menjadi perpaduan warna merah pada payung dan hijau area teras menjadi kombinasi panorama cantik. Di sini para pengunjung juga bisa menyaksikan sejumlah ornamen khas Belanda dan juga Indonesia klasik.

Jalan Astrid Dan Keindahan Bunga Tasbih

Di kawasan wisata terdapat beberapa jalan memiliki pemandangan kece salah satunya jalan Astrid. Di sini sobat bakal disuguhkan keindahan deretan bunga berwarna kuning merah, berada di tengah jalan. Seolah jalan tersebut terbelah menjadi dua bagian deretan bunga tersebut sebagai pembelah. Bunga-bunga di sepanjang jalan Astrid bernama bunga Tasbih atau nama latin Cana Hybirda ata Kana Hias. Pemandangan serta panorama unik dapat dinikmati sepanjang jalan hingga 200 meter. Bila cuaca kondusif, para wisatawan dapat melihat keindahan bunga tasbih berbunga. Umumnya pada musim hujan bunga-bunga tersebut mulai rontok. Tentu momen tersebut membuat pemandangan lebih berwarna dan menarik.

jalan astrid
Sumber Foto : instagram,com/dellayulita

Jalan Kenari 2

Selain jalan Astrid, ada pula jalan kenari 2. Di sini wisatawan diajak melihat dan juga menyaksikan bagaimana sih keadaan kota Bogor pada era 1970-an. Wisatawan dapat menyaksikan pohon-pohon kenari tumbuh di sepanjang jalan, hal tersebut sudah berlangsung di Bogor selama bertahun-tahun. Dengan keberadaan pohon kenari, kala itu Bogor juga disebut kota kenari selain memiliki sebutan sebagai kota hujan.

jalan kenari 2 bogor
Sumber Foto : instagram,com/jokosan

Pohon-pohon kenari dulu kala menjadi salah satu sumber mata pencaharian bagi sebagian masyarakat Bogor. Pasalnya mereka membuat kerajinan berbahan dasar kenari. Di sini pengunjung dapat beristirahat sambil menikmati suasana Bogor pada masa lampau. Memanfaatkan area bangku taman telah tersedia di sepanjang area pohon kenari. Ditambah lagi hawa sejuk khas kebun raya dan rindang pohon kenari, membuat pengunjung betah berlama-lama di sekitar lokasi wisata.

Keindahan Rumah Anggrek

Tiap sudut dari kebun raya Bogor dipenuhi oleh keindahan. Panorama berkarakter menjadi daya tarik utama bagi wisatawan. Salah satu tempat menarik dikunjungi ialah rumah kebun Anggrek. Di sini pengunjung dapat mengunjungi area tersebut, bakal disuguhkan pesona lebih dari 500 spesies bunga Anggrek.

rumah anggrek
sumber foto : asfarian,staff,ipb,ac,id

Tanaman Anggrek itu diambil dari hutan dan juga merupakan hasil kegiatan silang antar anggrek satu dengan lainnya. Para wisatawan melihat keindahan dan juga pesona tanaman-tanaman Anggrek yang bergelantungan di area dalam rumah. Tentu hal tersebut memberikan daya tarik tersendiri ketika memasuki area rumah Anggrek.

Tempat Makam Mbah Jepra

Ternyata selain area pemakaman para kolonial Belanda, ada area makam Mbah Jepra yang berada di area lama kebun raya. Lokasi makam itu berdekatan dengan taman Soedjana Kassan, para pengunjung dapat menyeberang di sebuah jembatan berwarna merah, pengunjung pun diantarkan ke makam Mbah Jepara.

Makam Mbah Jepra
sumber foto : 4,bp,blogspot,com

Konon makam tersebut menjadi salah satu bukti kuat dari arkeolog asal muasal kota Bogor. Menurut pengelola wisata bahwa kebun raya Bogor telah berusia lebih 300 tahun. Tak hanya itu, suasana mencekam menjadi salah satu penyebab area makam Mbah Jepra kurang diminati. Terlebih cerita-cerita angker bertebaran, dimana pengunjung yang berbuat kurang sopan bakal mendapatkan gangguan gaib.

Taman Rahasia Taman Soedjana Kassan

Ada opsi lain taman kebun raya Bogor memberikan pesona taman memanjakan siapa pun di sini yakni taman Soedjana atau kerap disebut taman rahasia. Di area taman, pengunjung dapat melihat sebuah lambang negara yaitu burung Garuda Pancasila.

Taman Soedjana Kassan
sumber foto : pesona.travel

Sosok lambang negara tersebut terlihat samar-samar, sehingga pengunjung harus melihat lebih cermat agar menemukan pola lambang negara
Garuda Indonesia. Oleh karena itulah taman Soedjana disebut sebagai taman rahasia. Keunikan lain, dapat sobat lihat ialah di area tangga para pengunjung dapat melihat akar-akar gantung ukuran besar, ditempat itu pengunjung biasanya berswafoto dan bergelantungan tanpa harus takut akar pohon putus.

Taman Soedjana Kassan
Sumber Foto : instagram,com/veroliia_yuniita_putrii

Mitos Kebun Raya Bogor

Seperti telah dijelaskan diatas memang objek wisata keluarga Bogor ini memiliki cerita sejarah sangat panjang, tak heran bila terdapat beragam mitos-mitos dipercaya oleh warga sekitar. Seperti jembatan putus cinta, dimana setiap pasangan belum terikat oleh ikatan resmi bakal mengalami putus cinta, ketika melintasi jembatan putus cinta.

wisata keluarga bogor
Sumber Foto : instagram,com/rakhamgn

Ada pula sebuah mitos ada pohon jodoh yang masih di dalam kawasan wisata. Pohon jodoh dipercaya dapat menyambung tali asmara antar dua pasang muda-mudi. Tak heran di lokasi pohon para wisatawan remaja membawa teman atau kekasihnya masing-masing sekedar berswafoto di bawah pohon. Selain memberikan kesan rindang hijau, mitos mendapatkan jodoh pun menjadi alasan utama mereka ingin kesini.

spot kebun raya bogor
Sumber Foto : instagram,com/jsrics

Area pemakaman ratu Galuh Mangku Alam juga terdapat cerita mistis dan mitos menarik. Bagi masyarakat Bogor terutama suku Sunda, makam ratu Galuh Mangku Alam dijaga oleh sesosok harimau sangat besar. Bayak dari mereka percaya kalau sosok harimau tersebut merupakan perwujudan dari Prabu Siliwangi yang menjaga makam sang istri tercinta dari kerumunan orang-orang jahat.

jalan ke kebun raya bogor
Sumber Foto : instagram,com/ihsyaam

Di area danau gunting juga ada mitos. Para wisatawan bakal mendapati cerita horor seputar kerap kali muncul sesosok noni-noni Belanda bernama Olivia Mariamne Devenish. Tak cuman itu saja, sering juga muncul sesosok pria besar hitam di sekitar danau Gunting. Nah mitos-mitos positif maupun negatif itulah menjadi daya tarik tersendiri terhadap wisatawan berkunjung wisata legenda Nusantara ini.

air mancur kebun raya bogor
Sumber Foto : instagram,com/mar_denny_saputra

Lokasi Kebun Raya Di Bogor

Bukan hal sulit dalam menemukan lokasi wisata KRB, sebab objek wisata berada di tengah kota, sehingga membuatnya mudah dicapai dari arah mana saja. Baik menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi bisa sobat gunakan mencapai lokasi wisata. Alamat wisata berada di Jalan Ir. Haji Djuanda nomor 13, Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat dan kode pos 16122. Bila sobat pernah nih berkunjung ke wisata kekinian dan sedang viral di kota hujan yakni Devoyage Bogor. Maka sobat memerlukan waktu tempuh 21 menit atau jarak tempuh 9 kilometer. Berikut peta navigasi mungkin dapat membantu sobat menemukan lokasi wisata.

Perlu sobat ingat bila ingin liburan di wisata kebun raya Bogor, sejak 2016 hingga sekarang jalan sekeliling KRB dan istana Bogor telah dibuat satu arah. Bila tujuan awal terlewat, ikuti saja jalan lingkar KRB untuk menemukan pintu masuk lain ke tujuan semula. Bila sobat datang dari Jakarta masuk ke tol Jagorawi dan keluar di Kilometer 40 menuju Bogor. Belok ke arah kanan via Pajajaran hingga simpang tiga tugu Kujang. Lalu belok ke arah kiri Otto Iskandardinata. Jalan terus kurang lebih 700 meter hingga bertemu simpang tiga. Pintu utama KRB berada di sebelah kanan.

jalan kenari 2
Sumber Foto : instagram,com/rahmat_yanuar

Sedangkan jalur non Tol atau mungkin sobat mengunakan kendaraan sepeda motor dapat mengikuti jalan di Panjaitan – Mayjen Sutoyo – Raya Bogor melewati daerah Cibinong sampai di jalan KS Tubun. Lurus saja hingga masuk jalan Pajajaran dan menemukan mall Lippo Pajajaran. Pintu ketiga ada di seberang jalan.

kebun raya bogor
Sumber Foto : instagram,com/apriliakartini21

Jalan rute kebun raya Bogor bila datang dari luar kota menggunakan bus umum, silahkan menuju terminal Baranangsiang atau KRL menuju stasiun Bogor. Kalau dari situ sudah banyak trayek bus umum menuju ke terminal. Sedangkan KRL dapat dinaiki dari Jakarta, Bekasi, Depok dan Tangerang. Bila iya, sobat tinggal jalan kaki ke pintu dua KRB dari stasiun Bogor. Jaraknya tak terlalu jauh yakni kurang lebih 800 meter ke arah timur, belok ke arah kanan pertigaan Istana Bogor. Hanya saja sebelum berangkat, ingat bila pintu hanya dibuka tiap hari minggu. Kalau di hari lain, silahkan naik angkot nomor 29 dari stasiun. Sobat dapat memilih turun di pintu 3, 4 atau 1, trayek tersebut dilalui oleh angkutan umum.

jalan astrid bogor
Sumber Foto : instagram,com/taufikadi_p

Bila datang dari terminal Baranangsiang, pintu paling dekat dapat dicapai berjalan kaki di pintu nomor 4. Begitu keluar dari terminal, jalan saja lurus ke arah utara hingga menyeberang pertigaan tugu Kujang. Jalan saja terus hingga bertemu gerbang masuk di sebelah kiri. Kalau lelah, maka sobat naik aja angkot nomor 9, lalu turun di pintu utama. Cuman kadang angkutan umum kerap kali ngetem bahkan terlibat macet, sehingga perjalanan lebih lama bila dibandingkan berjalan kaki ke pintu empat.

Harga Tiket Masuk Ke KRB

Secara administrasi jam operasional wisata buka mulai pukul 07.30 dan tutup pada pukul 16.00 WIB. Hanya saja beberapa fasilitas wisata memiliki kebijakan jam operasional sendiri-sendiri. Misal nih seperti rumah kaca anggrek dan toko cinderamata buka pukul 08.00 hingga tutup pukul 15.30 WIB. Museum zoologi tutup lebih sore tiga puluh menit lebih awal dari toko cinderamata yakni pukul 15.00 WIB. Herbarium serta perpustakaan umum buka pukul 08.00 WIB dan tutup pada pukul 15.00 WIB, khusus perpustakaan tutup pada akhir pekan dan libur nasional.

foto kebun raya bogor
Sumber Foto : instagram,com/lesy1537

Harga tiket masuk wisata cukup terjangkau kok yakni per orang dikenakan retribusi sebesar Rp. 15.000 wisatawan domestik dan Rp. 25.000 wisatawan mancanegara. Kalau ingin berkeliling menggunakan mobil dikenakan tambahan biaya sebesar Rp. 30.000. Bila capek berjalan kaki, karena luas kebun raya Bogor mencapai 87 hektar, ada mobil wisata dengan biaya Rp. 15.000 pengunjung dewasa dan Rp. 10.000 wisatawan anak-anak usia 3 sampai 5 tahun, mobil tersebut membawa pengunjung berkeliling area wisata. Ada pula penyewaan sepeda ontel yakni Rp. 15.000 per jam.

Tips Berkunjung Wisata KRB

  1. Hindari menggunakan sepatu berhak tinggi, menghindari cepat lelah ketika menjelajahi lokasi wisata.
  2. Persiapan payung dan jas hujan, payung merupakan barang wajib ketika berkunjung ke kota hujan Bogor. Lantaran hujan bakal turun tiba-tiba meskipun kondisi langit terlihat cerah.
  3. Walaupun sejumlah spot nampak sepi, wisata KRB ialah tempat rekreasi umum bisa dikunjungi oleh segala kalangan usia. Tetap saja norma kesopanan dan hindari melakukan kegiatan melanggar aturan.
  4. Sebaiknya sebelum berangkat, sarapan terlebih dulu. Lantaran luas kebun raya sangat luas, walaupun tak niat menjelajahi seluruh spot di area wisata, pastikan terlebih dulu sarapan agar memiliki energi mencukupi.
  5. Bila tak mau cepat lelah, menggunakan kendaraan mobil wisata atau mobil golf telah disediakan untuk disewakan.
  6. Jika liburan bareng anak kecil, pastikan selalu awasi tiap kegiatannya. Jangan sampai membiarkan anak kecil bermain terlampau jauh dari pengawasan orang tua.

Sekian artikel lengkap tentang Panduan Lengkap Wisata Kebun Raya Bogor Jawa Barat, mungkin dapat memberikan referensi destinasi wisata di Bogor. Jika artikel ini memberikan informasi dan hiburan, maka silahkan baca artikel lain di situs datawisata.com seputar objek wisata, wisata kuliner dan daftar hotel di berbagai daerah, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *