Museum Angkut Malang, Kreativitas Wisata Transportasi Tanpa Batas

Museum Angkut Malang, merupakan wisata baru yang sedang terkenal khususnya di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Museum Angkut ini memadukan antara atraksi hiburan serta sejarah dari angkutan yang ada di Indonesia untuk menghibur para wisatawan nya. Sampai saat ini Museum Angkut merupakan wisata yang hanya ada baru satu satu nya dan pertama memegang konsep wisata angkutan. Dimana para wisatawan dapat belajar sekaligus liburan dengan mempelajari aneka jenis mobil yang ada di Indonesia di Museum Angkut Malang.

Museum Angkut Malang ini memiliki konsep wisata yang unik namun menarik untuk di kunjungi ketika sedang berwisata di kota Malang. Malang tidak hanya mengandalkan wisata alam nya saja seperti pegunungan dan berbagai wisata taman seperti wisata Selecta Malang. Ternyata kota Malang pun memiliki wisata museum yang cukup menarik salah satu nya adalah wisata museum angkut. Museum Angkut Malang ini di buka untuk umum pada tanggal 9 maret 2014, sehingga sampai saat ini museum angkut merupakan wisata yang mengusung tema angkutan pertama di Asia Tenggara.

mobil kuno museum angkut malang

mobil kuno museum angkut malang

Menurut kabar yang beredar museum angkut ini di bangun sebagai sebuah tanda apresiasi kepada perkembangan dunia transportasi nusantara bahkan dunia. Oleh sebab itu, ketika mengunjungi museum angkut ini akan melihat beraneka jenis kendaraan dari berbagai merek di pamerkan di ruangan museum angkut, dari kendaraan yang masih menggunakan binatang hingga mobil yang sudah modern seperti mobil listrik semua ada di museum Angkut ini.

Didalam museum Angkut ini berisikan kendaraan kendaraan yang ada dari zaman dahulu hingga yang sering digunakan oleh untuk bepergian dari beragam tempat dan negara. Dengan konsep sebuah lingkungan yang di buat hampir menyerupai dengan negara asli kendaraan tersebut di buat berasal, sehingga membuat wisatawan menikmati saat wisata di museum angkut ini berkesan.

museum angkut malang siang

museum angkut malang siang

Luas dari museum Angkut ini kurang lebih ada 3 hektar, koleksi koleksi dari museum angkut ini berada didalam tiap tiap ruangan yang sudah di bagi perzona di dalam ruangan bertingkat tiga. Saat anda telah masuk di dalam gedung museum Angkut maka anda akan mulai sensasi nya. Seperti nama nya, museum angkut merupakan sebuah mesum yang terdapat koleksi alat transportasi dan sejenis nya, bila anda merupakan salah satu seorang yang cinta otomotif, maka museum angkut ini akan berasa seperti di surga.

Dari sekian banyak koleksi kendaraan di museum Angkut Malang ini, terdapat aneka kendaraan dari yang paling keren hingga kendaraan yang terlihat aneh pun ada di disana. Lebih menarik nya lagi, setiap ruangan di museum angkut ini di tata sedemikian rupa sehingga terlihat sesuai dengan tempat asli kendaraan, keren bukan.

Museum angkut di bagi menjadi beberapa zona,  dimana tiap tiap zona tersebut di sesuaikan dengan tema dari kendaraan tersebut, hebat nya tiap tiap zona itu akan memberikan sensasi yang berbeda beda, Berikut ini adalah data wisata 4 zona favorit di area wisata museum Angkut:

  1. Zona Hall Utama

Ketika anda pertama kali masuk ke dalam ruangan museum Angkut Malang, maka anda akan mendapati sebuah Hall atau aula utama yang memberikan kesan mewah dan terdapat berbagai koleksi kendaraan yang populer dari jaman ke jaman di seluruh belahan dunia.

  1. Zona Edukasi

Zona edukasi, menitik beratkan pada pameran alat angkutan  yang memiliki sejarah, baik di Indonesia dan luar negeri. Di area atau zona ini sangat menarik bagi anda yang menyukai sejarah otomotif. Salah satu koleksi di zona edukasi ini adalah mobil Chrysler Windsor Deluxe, yang merupakan mobil pernah di pakai presiden Sukarno.

  1. Zona Sunda

Di zona ini, anda akan di berikan nuansa Jakarta pada tempo dulu, seperti yang anda ketahui dengan nama Batavia. Sebuah pelabuhan terdapat penduduk Belanda, khususnya Menara Syahbandar dengan berbagai tipe angkutan di jaman itu, hal tersebut setidak nya memberikan anda gambaran alat transportasi sudah di jaman dulu.

  1. Zona Gangster Town & Broadway Street

Dari sekian banyak zona di museum Angkut ini terdapat zona Gangster Town & Broadway Street, zona ini merupakan zona paling favorit saat ini. Di zona ini akan mirip berada di dalam film gangster Amerika. Bagi anda pencinta film favorit tentu anda suka dengan zona Gangster Town & Broadway Street.

Pasar Apung Di Museum Angkut

pasar apung museum angkut malang

pasar apung museum angkut malang

Bagi anda ingin mencari suasana yang berbeda, maka anda dapat keluar dari gedung mesum Angkut karena di dekat museum Angkut terdapat pasar apung. Sebaiknya anda perlu untuk mencoba naik kapal di pasar apung tersebut, harga sewa nya pun tidak terlalu mahal yakni hanya 10.000. Di pasar apung ini, di sajikan pemandangan pasar unik dengan beraneka ragam jajanan bahkan makanan tradisional di daerah Jawa Timur.  Di pasar apung ini pun anda dapat memilih dan membeli aneka souvenir yang nanti nya di jadikan oleh oleh untuk keluarga di rumah.

Rute Museum Angkut Malang

Alamat lengkap dari museum Angkut ini berada di jalan Terusan Sultan Agung Atas No.2 Kota Batu, Malang. Untuk menuju ke wisata museum Angkut, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Bila anda berniat menggunakan transportasi umum rute nya adalah Stasiun Malang, naik angkutan umum tanya kenek atau supir angkot untuk tujuan museum Angkut. Turun di terminal Ledung Sari untuk naik bus Puspa Jurusan Jombang dan terakhir turun di wisata museum Angkut.

Tiket Masuk Museum Angkut

Berhubung wisata ini masih baru, maka masyarakat baik wisata lokal hingga luar kota sangat antusias dengan wisata museum Angkut ini. Oleh karena itu anda jangan heran bila antriannya cukup panjang. Jam buka museum Angkut ini kisaran jam 12.00 sampai dengan 20.00. Memang di buat agak siang jam buka museum Angkut ini karena memang sebelum di buka para petugas harus sering cek properti dan kebersihan.

museum angkut malang

museum angkut malang

Lantaran wisata museum angkut ini masih baru, harga tiket yang di tawarkan pun cukup mahal. Misal untuk hari senin sampai jumat : 60.000, sedangkan harga tiket di musim liburan atau akhir pekan seperti sabtu dan minggu maka harga tiket masuk museum angkut ini kisaran 80.000 per orang nya. Bahkan bagi anda yang membawa kamera pribadi di wajibkan untuk membayar 30.000

Namun yang jelas ketika anda masuk kedalam wisata Museum Angkut Malang ini, maka anda tidak akan merasa kecewa. Museum Angkut Malang ini akan membuat hari liburan anda akan berkesan dan tak terlupakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *