Foto, Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Pantai Wediombo Gunungkidul

Sedang liburan di Kabupaten Gunungkidul sepertinya wajib nih mengunjungi pantai laut selatan disana. Sebab panorama pantai begitu terkenal keindahannya berkarakter. Dari dulu hingga sekarang pantai-pantai Gunungkidul begitu diburu keindahannya bagi wisatawan domestik hingga mancanegara. Memiliki pesona tak kalah keren dengan pantai Baron, dimana pantai Wediombo Gunungkidul menarik dikunjungi, sebab memiliki keunikan yakni terdapat sebuah gugusan batu karang berada di beberapa spot-spot sekitar pantai. Selain itu sangat cocok bagi sobat memiliki kegemaran berselancar, lantaran memiliki ombak besar stabil.

Pantai Wediombo Gunung kidul

Tempat wisata alam Gunungkidul yang berhasil mengantarkan Kabupaten Gunungkidul bersama wisata Gua Jomblang menyabet juara nasional dalam kategori wisata unik populer, sangat cocok bagi sobat hendak melepaskan rasa penat setelah dibuat sibuk oleh aktivitas sehari-hari kawasan perkotaan. Sebaiknya ketika berkunjung ke sini, datang bersama keluarga, menikmati keindahan pantai Gunungkidul eksotis, bermain pasir putih, merasakan kenikmatan angin sepoi-sepoi berhembus menyejukkan hati dan pikiran.

Pantai Wediombo

Nama wisata pantai Wediombo Gunungkidul berasal dari kata Jawa yakni Wedi berarti “pasir” dan “ombo” berarti “lebar atau luas”, maka bila disatukan memiliki arti hamparan pasir luas. Tak cuman dari nama wisata saja, Wediombo beach memiliki lokasi luas bila dibandingkan pantai-pantai laut selatan di Jogja lainnya. Batu-batu karang di pantai berdiri kokoh, memiliki bentuk unik dan kerap kali dimanfaatkan oleh pengunjung berswafoto atau pun pengunjung memiliki hobi memancing.

Pantai Wediombo di Gunungkidul

Kolam pantai Wediombo berbentuk secara alami dari susunan batu karang yang membentuk sebuah kolam alami. Menurut data didapatkan oleh redaksi datawisata bahwa kedalaman kolam tersebut kurang lebih 1,5 meter. Kolam pantai Wediombo menjadi salah satu alternatif bagi pengunjung hendak mandi di air laut. Kolam alami tersebut menjadi tempat favorit pengunjung, pasalnya wisatawan diperbolehkan berenang atau pun sekedar berfoto di kolam mini.

Pantai Wediombo Gunungkidul

Tak hanya berbentuk kolam alami unik, dimana pantai Wediombo di Gunungkidul begitu cocok dijadikan spot mengabadikan momen keindahan sunset. Lantaran posisi pantai condong ke arah barat, pada bulan November hingga Mei, sobat bakal menyaksikan sang surya tenggelam secara horizontal, sehingga menjadi pemandangan istimewa.

gambar Pantai Wediombo Gunungkidul

Batuan karang di pantai Wedi Ombo Gunungkidul pun membuat pantai terlihat instagenic, sehingga sangat cocok dijadikan background foto ciamik. Tak sampai situ saja, eksotik hamparan batu karang luas menjadi lokasi pantai cocok sebagai lokasi hunting sunset dan sunrise. Hanya saja bila sobat ingin berswafoto disini, wajib berhati-hati ya menapaki batu karang pantai.

foto Pantai Wediombo Gunungkidul

Seperti halnya pantai-pantai laut selatan pada umumnya, ombak pantai Wediombo memang tergolong berbahaya. Tinggi ombak pantai mencapai hingga 3 sampai 4 meter, terjadi lantaran air laut belum pasang naik. Melihat keganasan ombak pantai tersebut, tentu sudah jelas bila melakukan aktivitas berenang di pantai, tak direkomendasi dilakukan. Pengecualian bila benar-benar sobat sudah mahir dan pengalaman, itupun wajib berhati-hati.

Kolam pantai Wediombo

Karena memiliki ombak ganas dan panorama indah, pada tiap akhir pekan bayak wisatawan berkunjung ke pantai Gunungkidul ini, walau sekedar menikmati keindahan alam, bercumbu dengan ombak yang konon sih menurut pengalaman wisatawan sudah berkunjung kesana, memiliki ombak terbaik di Provinsi Yogyakarta. Berbeda seperti ombak di pantai Parangtritis, dimana ombaknya selalu berpindah-pindah posisi. Tipe ombak di Wediombo beach cenderung lebih bersahabat, lebih stabil dan tak berubah-ubah. Lantaran bentuk pantai mirip teluk yang dikelilingi oleh  bukit karang.

pantai Wediombo yogyakarta

Tak cuman asyik melakukan kegiatan berenang, berburu keindahan sunset dan berswafoto, tetapi lokasi objek wisata Gunungkidul ini banyak dijadikan sebagai pantai favorit bagi wisatawan sekedar camping bersama teman-teman atau pun sekedar liburan bareng keluarga. Di area tepi pantai memiliki lahan cukup luas, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai camping ground dan mengadakan acara api unggun bareng teman-teman.

wediombo beach

Memang pemandangan alam disajikan oleh pantai Wediombo tak perlu diragukan kembali, objek wisata pantai Gunungkidul ini pun menawarkan pengalaman memancing berbeda, yakni memancing diatas bukit karang. Kegiatan memancing diatas karang mulai populer semenjak diperagakan oleh penduduk setempat. mungkin kegiatan itu secara tak langsung membuat wisatawan tertarik mengikuti kegiatan menyenangkan tersebut. Hingga sekarang kegiatan memancing di atas batu karang begitu digemari oleh pehobi memancing.

sunset Pantai Wediombo Gunungkidul

Bukan hal mudah memancing dari bukit karang, lantaran letak lokasi memancing cukup jauh dari pantai. Agar mencapai bukit karang, sobat perlu berjalan ke arah timur menyusuri bibir pantai. Berjuang naik turun karang di tepi pantai yang terjal hingga berada di puncak bukit karang, langsung menghadap laut lepas. Rata-rata perjalanan menuju bukit karang, memerlukan waktu sekitar 60 menit.

spot Pantai Wediombo Gunungkidul

Menurut pengalaman para pemancing di Wedi Ombo Jogja, sering kali mendapatkan hasil tangkapan ikan berukuran besar. Ya, setidaknya mereka berhasil mendapatkan ikan cucut atau pun ikan panjo berukuran besar. Di sini, panjang ikan setara dengan panjang lengan manusia dewasa. Terbagi menjadi dua jenis, pertama ikan berbentuk silinder yang biasanya sering ditemui pada musim kemarau. Sedangkan jenis kedua berbentuk pipih yang sering ditemui pada musim hujan.

Pantai wediombo

Supaya mendapatkan hasil tangkapan ikan memuaskan, sebenarnya cukup mudah. Modal utama hanya kail dan umpan berupa ikan teri, dimana umpan pancing tersebut dapat ditemukan di dekat pantai. Pergunakan saja pancing secara benar atau gunakan jaring kecil, maka umpan ikan teri pun mudah didapatkan. sehingga, sobat tak perlu bingung bila lupa membawa umpan.

wediombo beach gunungkidul

Sarana-prasaran wisata pun tergolong lengkap seperti toilet, lahan parkir kendaraan, tempat ibadah dan banyak penjual warung aneka makanan dari olahan sumber laut diantaranya kepiting, ikan laut dan udang. Warung-warung berjajar di sini pun dijadikan sebagai pilihan bagi sobat hendak ingin menghabiskan waktu sehari bareng teman atau pun keluarga pada akhir pekan.

wisata pantai Wediombo

Lokasi Pantai Wediombo Gunungkidul

Alamat wisata pantai Yogyakarta ini berada di Desa Balong, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika sobat datawisata pernah berlibur ke pantai Nglambor Gunungkidul, itu loh wisata pantai Gunungkidul yang memiliki keindahan pantai laut selatan dan sering dijadikan sebagai tempat menyelam atau pun kegiatan foto underwater mirip seperti di wisata Umbul Ponggok Klaten. Berikut peta navigasi mungkin dapat membantu sobat, dalam menemukan lokasi wisata.

Jalan menuju pantai Wediombo Jogja terbilang mudah diakses dari pusat kota. Dimana sobat tinggal menuju ke arah Wonosari. Nah dari Kecamatan Wonosari perjalanan dilanjutkan ke arah timur melewati pasar Agrososro. Disana terdapat simpang tiga setelah pasar Wonosari, belok ke arah kanan via jalur pantai Baron.

Pantai Wediombo jogja

Sekitar 10 kilometer dari pertigaan tersebut, ada pertigaan lagi yang menuju ke arah pantai Wediombo dan pantai Indrayanti. Sobat tinggal ikuti saja petunjuk tersebut hingga sampai di pasar Jepitu. Sampai di pasar Jepitu ada pertigaan lagi, nah silahkan ambil ke arah kanan hingga sampai di lokasi parkir objek wisata.

Harga Tiket Masuk Pantai Wediombo Gunung Kidul

Supaya sobat bisa merasakan keseruan liburan di lokasi wisata, maka persiapkan biaya tiket masuk wisata yakni hanya Rp. 5.000 per orang. Sedangkan biaya parkir kendaraan Rp. 5.000 mobil dan Rp. 2.000 sepeda motor. Bila ingin keseruan bermain surfing Rp. 100.000, sudah termasuk surf board dan pemandu foto. Bagi sobat ingin berkemah pihak pengelola telah menyediakan sewa tenda yang dapat digunakan oleh 4 orang, biaya sewa tenda Rp. 35.000 per malam.

Pantai Wediombo wonosari

Sekian artikel tentang Foto, Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Pantai Wediombo Gunungkidul, bisa dijadikan referensi objek wisata di Gunungkidul. Jika artikel ini memberikan manfaat, atau pun sekedar hiburan, silahkan baca artikel lain di situs datawisata.com seputar objek wisata, wisata kuliner dan daftar hotel di berbagai daerah, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *