Mitos, Harga Tiket Masuk Dan Lokasi Pemandian Air Panas Guci Tegal

Berada di sebuah desa Kecamatan Bumiaji Kabupaten Tegal, kira-kira lokasinya berada di kaki gunung Slamet utara ada sebuah desa yang memiliki wisata cukup terkenal sebagai pemandian air hangat yaitu desa Guci. Ya pemandian air panas Guci Tegal merupakan sumber air hangat di desa Guci berada di atas ketinggian sekitar 1.100 Mdpl. Warga sekitar sering lebih mengenalnya sebagai mata air ajaib yang terkenal memiliki kejernihan air dan asri tersebut telah menjadi satu diantara tempat wisata Tirta sejak puluhan tahun silam. Selain memiliki air hangat menyehatkan, objek wisata Tegal ini memiliki lanskap alam memukau serta udara sejuk khas pegunungan Tegal, sehingga membuat pengunjung betah berlama-lama dan senantiasa berkunjung disana.

Wisata Pemandian Air Panas Guci Tegal

Hingga sekarang tempat wisata Guci ini memiliki keajaiban yaitu air panas nya senantiasa mengalir secara alami dari perut bumi. Bila pada umumnya objek wisata pemandian identik memanfaatkan khasiat belerang, berbeda hal nya disini. Mitos pemandian air panas Guci memiliki banyak khasiat yaitu satu diantaranya bisa menyembuhkan sejumlah penyakit. Meskipun hingga sekarang belum ada penjelasan ilmiah tentang manfaat dari mandi di pemandian Guci setidaknya sobat yang memiliki riwayat penyakit seperti rematik, kurap dan penyakit kulit gatal, maka sebaiknya direkomendasi berendam kesana. Walaupun masih berupa mitos belaka, tetapi hal tersebut sudah terbukti kok, dimana sudah banyak pengunjung dan warga setempat memetik hasilnya. Mungkin semua itu ada penyebabnya, lantaran tempat itu merupakan berkah peninggalan dari walisongo.

pemandian air hangat Guci

Menurut data administrasi didapat oleh datawisata.com bahwa pariwisata air panas Guci berada di lahan seluas 210 hektar. Di dalam kawasan itu, sobat bisa melakukan kegiatan berendam air panas sepuas nya di sejumlah sudut tempat yang telah disediakan tanpa dipungut biaya tambahan. Sepertinya tempat wisata pemandian Tegal ini benar-benar memberikan sepenuhnya dalam hal wisata air Tegal menyenangkan.

Harga Tiket Pemandian Air Panas Guci Tegal

Info Wisata Wonogiri : Harga Tiket Masuk Dan Lokasi Gantole Bawah Wonogiri

Info Wisata Purbalingga : Rute Dan Lokasi Lembah Asri Serang Purbalingga Jateng

Tempat biasa digunakan mandi diantaranya 10 air terjun, tujuh pancuran, tiga belas pancuran dan lima pancuran. Dimana pancuran-pancuran tersebut pemberian nama menyesuaikan jumlah pancuran. Misal nih pancuran tiga belas memiliki pancuran sebanyak 13 buah, pancuran lima memiliki jumlah pancuran sebanyak 5, begitu pula pancuran tujuh memiliki jumlah pancuran sebanyak 7 buah. Kebanyakan di pancuran tiga belas biasanya digunakan oleh wisatawan yang ingin mendapatkan berkah mandi serta meminta permohonan. Mitos tersebut sudah menjadi rahasia umum dan mereka percaya secara turun menurun sejak puluhan tahun, hingga membuat pengunjung pun ingin mencoba berkah darinya.

Pemandian Air Panas Guci

Selain memiliki kolam pemandian air panas, disana pun juga ada 10 air terjun memukau. Misal pada bagian atas tempat wisata terdapat air terjun Jedor yang menurut cerita air terjun tersebut dimiliki oleh seorang lurah dari Jedor. Agar bisa mengelilingi tempat rekreasi ini, sobat bisa menyewa kendaraan berupa kuda kepada penduduk setempat, harga sewa kuda pun tergolong murah.

Mitos pemandian air panas Guci

Agar memudahkan aktivitas berwisata pengunjungnya, pihak pengelola wisata menyediakan berbagai fasilitas cukup lengkap misal seperti penginapan berupa villa, hotel berbintang, losmen, homestay dan berbagai fasilitas wisata menarik lainnya. Tak hanya itu saja sebab pemandian air panas Guci Tegal juga menyediakan wisata hutan, lapangan sepak bola, camping ground, lapangan tenis, kolam renang dan bagi sobat ingin beraktivitas hiking bisa menikmati suasana hutang rindang di lereng gunung Slamet.

Pemandian Air Panas Guci Tegal

Demi meningkatkan daya tarik dan lebih menambah kepuasan berwisata pengunjung, wisata pemandian Guci telah membuka wahana permainan baru yaitu berupa pemandian air panas Guciku Hot Waterboom Tegal. Wahana waterboom itu menjadi permainan air yang terdiri dari kolam rendam, kolam renang, arus jeram dan kolam badan Guci. Belum lagi juga telah disediakan fasilitas tambahan seperti penginapan, ruang bilas, ruang ganti, restoran dan area pertokoan yang menyediakan dan menjual berbagai souvenir berupa pernak-pernik yang sangat cocok digunakan sebagai buah tangan.

Misteri Wisata Guci Tegal

Misteri Wisata Guci Tegal

Sebenarnya pemandian pemandian air hangat Guci resmi dibuka pada tahun 1974. Asal usul tempat pemandian air panas Guci dimulai dari beberapa pihak terkait melakukan penelitian terlebih dahulu terkait keberadaan sumber air baru di wilayah mereka. Setelah memang terbukti aman, barulah pada tahun 2015 pemandian Guci dibuka bagi umum. Pada awalnya  sebelum populer seperti sekarang, hanya masyarakat sekitar memanfaatkan manfaat keberadaan pemandian tersebut, itu pun dulu belum ada pancuran-pancuran seperti sekarang, beberapa pengunjung masih menggunakan sumber air panas berada di dibawah gua. Ditempat itulah pada akhirnya dibangun pancuran tiga belas. Disana sobat bisa melihat patung naga di pancuran itu, menurut informasi beredar kalau patung naga itu menjadi penanda kala tempat mereka tinggal dihuni oleh pengikut Nyi Roro Kidul yang berwujud wanita terkadang menjelma sebagai seekor naga.

Lokasi Objek Wisata Guci Tegal

Info Wisata Malang : Harga Tiket Masuk Dan Lokasi Kampung Biru Arema Malang Jatim

Info Wisata Malang : Rute Dan Lokasi Wisata Paralayang Malang Jawa Timur

Tak hanya patung mistik saja, taman rekreasi Guci di Tegal pun memiliki pohon keramat yang konon pohon tersebut sudah berumur ratusan tahun. Pohon keramat tersebut berupa pohon karet serta pohon beringin. Menurut suku Jawa bahwa pohon yang memiliki nama latin Ficus benjamina sebagai tempat tinggal dari berbagai makhluk halus alias setan. Hanya saja menurut toko kemuka disana menyatakan kalau keberadaan pohon beringin disana sebagai penangkal agar desa Guci tak mudah terkena longsor dan malah membuat desa tersebut terlihat lebih asri. Waktu itu penanaman kedua pohon beringin tersebut dilakukan oleh dua orang yang merupakan keturunan dari ulama atau kyai disana bernama Kyai Klitik pada tahun 1918.

wisata Guci Tegal

Penginapan Di Pemandian Air Panas Guci

Memang menjadi objek wisata pemandian utama berada di lokasi atas, sobat bisa menikmati suasana kolam air panas yang berada di lokasi-lokasi yang saling berdekatan. Karena sejumlah tempat rekreasi mengambil sumber air di lokasi sama. Oleh sebab itu jika hendak menginginkan suasana lebih privat, sobat bisa kok mendatangi satu diantara hotel sekitar Guci Tegal. Disana terdapat beberapa penginapan tersedia buat sobat pilih, mulai dari kelas bawah yaitu kelas melati hingga hotel berbintang semua bisa kawan pilih.

Guci duta wisata hotel

Hanya saja, ada satu penginapan lokasinya cukup strategis dekat tempat wisata. Oleh sebab itu jika kawan pulang dari objek wisata terlampau malam, maka tak perlu khawatir dalam menemukan penginapan nyaman yaitu Guci duta wisata hotel Tegal yang berada di Kecamatan Bojong, detail nya di desa Rembul. Hingga sekarang hotel Guciku tegal merupakan penginapan favorit bagi sebagian besar wisatawan. Hal tersebut lantaran harga sewa kamar relatif murah berbanding lurus fasilitas telah disediakan. Harga kamar hotel duta wisata Guci Tegal memiliki variasi kamar menyesuaikan tarif, misal tarif per malam paling murah yaitu Rp. 100.000 dilengkapi ekstra bed serta paling mahal yakni Governoor Room dan Executive Room yang harga sewa kamar nya mencapai Rp. 750.000 per malam. Kawan bisa kok lebih berhemat, sobat dapat mengambil kesempatan mengikuti paket paket tour Guci yang informasinya mudah didapatkan di dunia maya.

Lokasi Objek Wisata Guci Tegal

Bagaimana kawan sudah ada rencana nih berkunjung kesana, pemandian air panas Guci Tegal berada Jalan Objek Wisata Guci, Desa Sigedong, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah dan kode pos 52466. Kawan tahu wisata The Village Baturaden yang merupakan objek wisata mengusung family park di Kabupaten Banyumas, penggabungan antara wahana permainan serta pentas kesenian. Jarak Village Baturaden ke objek wisata sekitar 63 kilometer atau memerlukan waktu tempuh sekitar 2 jam, berikut wisata Guci Tegal mungkin bisa membantu sobat dalam menemukan objek wisata.

Jalan ke obyek wisata Guci dapat ditempuh menggunakan kendaraan umum atau pun kendaraan pribadi. Bila kawan menghendaki menggunakan kendaraan umum, maka bisa turun sesampai di terminal kota Tegal, lalu melanjutkan perjalanan menggunakan transportasi umum lainnya atau menggunakan jasa mini bus ke desa Tuwel. Jarak tempuh ke desa Tuwel kurang lebih 30 hingga 40 menit. Kawan bisa melanjutkan perjalanan menggunakan kendaraan bak terbuka agar sampai ke objek wisata yang memakan waktu sekitar 30 menit.

Harga Tiket Pemandian Air Panas Guci Tegal

Kalau berbicara tiket masuk wisata, sobat tak perlu khawatir sebab dijamin murah deh berlibur kesana. Harga tiket dibagi menjadi dua weekday dan weekend/musim liburan.

Harga tiket weekday

  1. Dewasa : Rp. 5.000 plus asuransi jasa rahaja.
  2. Anak-anak : Rp. 4.500 plus asuransi jasa rahaja.

Harga tiket weekend

  1. Dewasa : Rp. 7.000 plus asuransi jasa rahaja.
  2. Anak-anak : Rp. 6.500 plus asuransi jasa rahaja.

taman rekreasi Guci di Tegal

Ya kurang lebih seperti itulah informasi tentang Mitos, Harga Tiket Masuk Dan Lokasi Pemandian Air Panas Guci Tegal yang dapat datawisata sampaikan ke pengunjung. Jika dirasa artikel ini memberikan sobat manfaat, maka tak ada salahnya membaca artikel lain seputar objek wisata, wisata kuliner dan daftar hotel di berbagai daerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *