Harga Tiket Dan Lokasi Petik Madu Lawang Malang Jawa Timur

Dibalik rasa manis dimiliki, madu menyimpan banyak manfaat bagi kehidupan manusia terutama bagi kesehatan. Hanya saja, orang awam belum begitu mengetahui bagaimana cara lebah menghasilkan madu berkualitas? bagaimana bentuk dari sarang-sarang lebah, aktivitas lebah, serta berbagai produk-produk lain yang dapat dihasilkan binatang memiliki nama latin anthophila. Belum tentu semua orang tahu rahasia-rahasia dari lebah tersebut, oleh sebab itu bagi kawan memiliki niat mempelajari lebih jauh tentang lebah, bisa langsung aja kunjungi objek wisata Malang di petik madu Lawang Malang. Sepertinya tempat rekreasi Malang ini sebagai referensi wisata edukasi di Jawa Timur.

Petik Madu Lawang Malang

Sebelum menjadi tempat rekreasi edukasi Malang, berawal dari outlet penjualan produk lebah yang dikenal sebagai Toko Rimba. Disana lahan nya dimanfaatkan sebagai tempat memelihara dan budidaya lebah atau tawon yang kelak dijadikan sebagai agrowisata Tawon Malang. Semakin lama, usaha tersebut makin berkembang pesat, sehingga sang pemilik wisata petik madu Lawang yakni pak Hariyono, mulai melakukan perluasan usaha dan memulai usaha produk lebah madu lebih luas. Akhirnya dari history tersebut berdirilah Agro Tawon yang lokasi dekat Agro Tawon II dan PATAL Lawang, hingga terbaru wisata petik madu.

Petik Madu Lawang Malang

Ketika awal pembukaan objek wisata, agrowisata Malang ini memiliki visi yakni memberikan ilmu budidaya ternak lebah bagi warga setempat. Hingga semakin lama wisata petik madu di Malang populer dan mendapatkan wisatawan sekitar 500 hingga 1.000 per bulan, baik wisatawan lokal atau pun wisatawan dari luar kota. Tak sedikit pula wisatawan dari mancanegara datang kesana demi melihat langsung peternakan lebah dan berbagai jenis tanaman di lokasi wisata.

Info Wisata Pasuruan : Harga Tiket Dan Lokasi Saygon Waterpark Pasuruan Jatim

Info Wisata Ternate : Biaya Dan Lokasi Pantai Jikomalamo Ternate Maluku Utara

Petik Madu Malang

Pertama kali sobat sampai di lokasi wisata, disambut gerbang masuk ke Puri Kencana. Lalu wisatawan disuguhkan lanskap berbeda di lembah kecil dijalan berbatu yang kondisi jalannya menurun cukup curam. Bila menghadap ke arah lembah yang ditumbuhi oleh beraneka ragam jenis tanaman hias. Di tengah lembah datar, disana sobat dapat mengetahui informasi mengenai ekosistem lebah, teknis beternak, hingga proses memanen madu berkualitas tinggi yang didalamnya telah terdapat kotak-kotak terisi oleh lebah dan kotak tersebut disusun cukup rapi di samping kanan dan kiri jalan masuk objek wisata.

Lokasi objek wisata sangat mudah dijangkau, pasalnya berada tepat di pinggir jalan besar antara Malang – Lawang. Keindahan hamparan bunga berwarna kuning menyambut tiap-tiap pengunjung nya hendak memasuki lokasi wisata. Selain itu demi meningkatkan kenyamanan pengunjung, jalan disana sudah di paving, kontur tanah disana rada miring. Tepat ditengah-tengah objek wisata terdapat aula besar tanpa memakai dinding. Aula tersebut digunakan sebagai outlet penjualan berbagai produk tawon dan cafe-cafe yang juga sekaligus digunakan sebagai area edukasi pengenalan serta pembelajaran seputar kehidupan tawon. Ada sebuah lapangan di sekeliling aula, sejumlah tempat istirahat berbentuk gazebo dan puluhan rumah tawon.

wisata petik madu rimba raya malang

Di outlet-outlet penjualan terpampang berbagai produk lebah berkualitas. Tak hanya produk madu saja diantaranya Malam atau lilin, Bee Pollen dan Royal Jelly. Ada madu standar, ada pula madu anti alergi yang memiliki khasiat nya sama seperti obat. Madu disana pun tak hanya dihasilkan oleh binatang lebah saja, sebab ada madu Klanceng yang merupakan binatang mirip tawon hanya memiliki ukuran lebih kecil. Madu Klanceng memiliki citra rasa lebih kecil dibandingkan madu lebah, hanya saja dari segi khasiat tak kalah keren seperti madu lebah. Sedangkan harga dari madu Klanceng dibandrol mulai dari Rp. 75.000 hingga Rp. 150.000 per botol.

Supaya dapat lebih mengenal dekat, pihak pengelola telah menyiapkan sebuah ruangan kaca yang didalamnya diletakkan dua sarang lebah. Nah, wisatawan hanya diperbolehkan menyaksikan dari luar saja, agar tak tersengat oleh lebah ketika mendapatkan penjelasan dari pemandu wisata. Sobat pun juga diperbolehkan menikmati madu asli langsung dari sarang lebah, hanya saja sobat wajib mempersiapkan dana sebesar Rp. 10.000 per potong.

Info Wisata Tulungagung : Harga Tiket Dan Lokasi Kampung Pelangi Tulungagung Jatim

Info Kuliner Sidoarjo : Lokasi Dan Harga Warung Bakso Beranak Sidoarjo Jawa Timur

agrowisata petik madu Lawang Malang

Pengunjung bakal dikenalkan berbagai jenis tawon yang dijadikan ternak madu. Disana setidaknya ada tiga jenis lebah yaitu Trigond (tawon kecil namun tak menyengat), Apis Melilfira(tawon berasal dari benua Australia), dan Acerana(tawon lokal cukup agresif hanya tak cukup berbahaya). Hanya saja paling tepat dijadikan ternak madu ialah lebah Apis Melilfira lebih banyak dibudidayakan. Pasalnya tawon Australia tersebut dapat menghasilkan lebih banyak madu, karena memiliki tubuh lebih besar sehingga lebah seperti itu lebih cocok dijadikan usaha. Selain dijadikan produk berupa madu, lebah Apis Melilfira juga menghasilkan tiga macam produk lainnya yakni propolis, Bee Pollen dan Royal Jelly. Madu dihasilkan memang dari berbagai jenis lebah diternak, tetapi kualitas madu hampir sama yang membedakannya ialah kandungan enzim.

Satu diantara bagian madu yang sebenarnya sayang sekali dibuang ialah ampas madu nya. Ampas madu itu loh, bekas rumah lebah yang memiliki bentuk lubang-lubang berbentuk segi enam, dimana benda tersebut digunakan sebagai wadah lebah meletakkan madunya. Nah di Kusuma agrowisata petik madu Lawang Malang, para wisatawan terutama pengunjung anak-anak sekolah bakal dipandu memanfaatkan limbah lilin sebagai hiasan patung lilin kreatif. Cara nya pun tergolong mudah, yakni bagian ampas madu dipanaskan tepat diatas wajan penggorengan tapi tanpa minyak ya kawan. Cairan dihasilkan itulah disebut sebagai lilin atau malam. Tunggu cairan tersebut sampai hangat, lalu bilas menggunakan air sabun. Celupkan tangan ke dalam lilin, lalu angkat dan segera mungkin masukkan tangan yang sudah berselimut lilin dingin. Jadi dari situlah kita telah membuat patung mungil berbentuk jari tangan.

agrowisata Tawon Malang

Sedangkan pembuatan sarang lebah dibagi menjadi dua metode, pertama sarang lebah dibuatkan oleh manusia dan kedua dibuat alami oleh lebah itu sendiri. Jika ingin proses pembuatan sarang lebah secara cepat nan berkualitas, sebaiknya sarang dibuatkan oleh manusia. Kalau sarang dibuat oleh lebah, setidaknya memerlukan waktu sekitar tiga minggu. Membuat sarang lebah dapat menghemat waktu, caranya cukup mudah kok. Pertama dibuatkan terlebih dulu cetakan lilin berbentuk persegi empat panjang, lalu lilin itu dijepitkan pada pemutar, bila pemutar digerakkan maka permukaan lilin malam bakal keluar dari jepitan sehingga memiliki bentuk bulat. Cetakan itu agar kokoh, sebaiknya disolder pada kerangka kayu yang dimasukkan ke dalam sarang lebah. Dalam waktu singkat lebah-lebah lebih bersemangat demi memproduksi, menempeli lilin alami dan membuat sarang segi enam di sarang buatan. Bila sarang segi enam telah tuntas, makan kawanan lebah pun langsung mengisi madu pada tempat disediakan. Cara memanennya pun tinggal memotong sarang segi enam yang telah terisi penuh oleh madu untuk dipisahkan dengan sarang buatan.

Nah setelah seharian disibukkan rutinitas mempelajari seluk-beluk lebah hingga panen. Maka sebaiknya menghilangkan rasa lelah dengan istirahat terlebih dulu di rumah makan petik madu Malang, sembari mencicipi kuliner disana. Harga menu makanan di restoran tersebut pun tergolong murah dan memiliki citra rasa nikmat. Menu makanan disajikan seperti ayam goreng, bebek goreng hingga botok tawon.

petik madu Lawang

Lokasi Wisata Petik Madu Malang

Bagaimana apakah sobat sudah ada rencana nih bermain di objek wisata Malang ini, maka bisa kok langsung kunjungi di Ruko Puri Kencana, Jalan Doktor Wahidin Nomor. 8, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur dan kode pos 65215. Tempat nya cukup strategis sehingga bukan hal sulit menemukannya, hanya berjarak sekitar 1 kilometer ke arah selatan dari pasar Lawang, berada di jalur utama Malang-Surabaya. Kalau kawan sudah pernah berwisata ke pemandian kalireco sumber warasmaka jarak nya dari objek wisata hanya dua kilometer atau memerlukan waktu 6 menit. Berikut lokasi peta wisata yang mungkin bisa dijadikan pedoman dalam menemukan objek wisata.

Hingga sekarang peternakan petik madu Lawang Malang memiliki sejumlah lokasi penangkaran hingga ke luar kota diantaranya Blitar, Kota Batu, Nganjuk dan Kediri. Produk madu dapat dipanen ketika sudah memiliki umur sekitar satu bulan, itu pun kalau bunga nya sudah optimal. Biasanya dalam satu kotak bisa dipanen sekitar 30 sampai 40 kilogram madu original.

peternakan lebah madu di malang

Jam operasional buka tiap hari dari hari senin hingga minggu dan buka mulai dari pukul 08.00 WIB lalu tutup kembali pada pukul 15.00 WIB. Jika ada pertanyaan sobat bisa langsung bertanya di nomor telepon 0341-9161888, 0341 7706622 – 9161000 sedangkan nomor fax 0341 42074.

Harga Tiket Masuk Petik Madu Lawang

Sebenarnya pengunjung masuk ke lokasi wisata tak dikenakan biaya sepersen pun, hanya saja jika sobat ingin mendapatkan informasi lebih lengkap serta cara memanen madu, maka sebaiknya ketika berkunjung kesana secara rombongan ya minimal 50 orang dalam satu kelompok. Selain itu ada baiknya kawan menjadwalkan terlebih dulu satu minggu sebelum nya, agar tak berbarengan kelompok lain.

Kalau dari segi fasilitas petik madu Lawang Malang tergolong lengkap seperti memiliki cafe, area outbound, area parkir luas, toilet umum, taman bermain dan warung-warung menyediakan penjualan produk olahan madu. Pengunjung bebas ingin mendapatkan madu dengan berbagai jenis cara yakni membeli dalam bentuk botol, madu yang masih di dalam sarang dan madu langsung dimakan ditempat.

kusuma agrowisata petik madu

Oke seperti nya seperti itu dulu ya kawan artikel tentang Harga Tiket Dan Lokasi Petik Madu Lawang Malang Jawa Timur, semoga informasi diatas bermanfaat bagi anda. Jika dirasa artikel diatas memberikan anda informasi yang sobat butuhkan, maka sebaiknya membaca artikel lain di situs datawisata.com seputar objek wisata, wisata kuliner dan daftar hotel di berbagai daerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *