Harga Tiket Dan Lokasi Taman Belanda Bantul Yogyakarta

Di desa Sendangsari Kecamatan Pajangan memiliki destinasi wisata baru yakni wisata taman Belanda Bantul. Semenjak mulai direnovasi oleh pihak pemkab Sleman sekitar tahun 2016, kini tempat bersejarah itu telah menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar kota untuk singgah dan menikmati suasana keindahan lanskap di kawasan Sungai Progo. Sebenarnya wisata Bantul ini berupa pintu air, orang disana sering menyebutnya dam atau bendungan, meskipun dua objek tersebut memiliki fungsi berbeda.

Taman Belanda Bantul

Tempat rekreasi Belanda park Bantul memiliki struktur bangunan kokoh yang dapat menyerap aliran sungai Progo yang berada di salah satu tikungan, sehingga arus nya langsung mengalir ke dalam kanal. Air tersebut lalu menyusuri mengikuti kanal hingga 70 kilometer melalui 105 pintu air. Salin terkenal sebagai taman Belanda, bendungan Bantul ini juga dikenal dengan sebutan Dam Ngantru atau dam Kamijoro.

Taman Belanda

Sebelum menjadi objek wisata, dam tersebut dibangun ketika kolonial Hindia Belanda, tepatnya sekitar tahun 1924 dan diresmikan oleh Sultan HB VIII. Menurut Dinas Kebudayaan dan Pariwisata pemkab Bantul, kalau bangunan tersebut dulu nya terdapat bekas mesin pompa yang dimanfaatkan sebagai penyedot pasir di bak kontrol. Lantaran memiliki keterbatasan dana dan teknologi, mesin penyedot itu tak berfungsi lagi dan kini telah diganti mesin pompa biasa.

Info Kuliner Malang : Daftar Harga Dan Lokasi Rumah Makan Rawon Nguling Malang Jatim

Info Wisata Malang : Lokasi, Rute Dan Harga Tiket Masuk Coban Kethak Malang Jatim

Ngantru Dam Kamijoro

Dam Ngantru dimanfaatkan sebagai pintu air hendak mengairi irigasi sebanyak 5 kecamatan yakni Sri Gading, Srandakan, Murti Gading, Pandak dan Wijirejo. Sampai sekarang masih berfungsi sebagai tumpuan utama bagi para petani di 5 Kecamatan tersebut. Uniknya bendungan Bantul ini, resmi menjadi Benda Cagar Budaya atau BCG, karena dilihat dari segi usia serta perjalanan sejarah telah dilalui nya.

Belanda park Bantul

Nilai sejarah itu, membuat bangunan tersebut sangat berharga, terlebih setelah dipugar oleh pemerintah. Bila dilihat keseluruhan, sepertinya memang pantas bendungan Kamijoro disebut taman. Hal itu merujuk kondisi taman tertata rapi dan bersih, sehingga nyaman dijadikan tempat menikmati sunset-sunrise romantis.

Info Wisata Jambi : Cerita Legenda, Rute Dan Lokasi Danau Kaco Kerinci Jambi

Info Wisata Sumbawa : Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Air Terjun Mata Jitu Sumbawa

dam Kamijoro

Meskipun awal perbaikan serta perawatan tak bermaksud menjadikan objek wisata, tetap saja taman di Bantul ini selalu dikunjungi wisatawan, sekedar berswafoto. Tak hanya menikmati pemandangan sekitar dam saja, kawan bisa mengabadikan momen indah bersama orang tercinta. Kebanyakan wisatawan menghabiskan waktu sekedar berfoto dan berselfie ria dengan memanfaatkan pemandangan sungai Progo sebagai background utamanya.

Alamat Taman Belanda Bantul

Tempat wisata Bantul ini berada di Pedukuhan Plambongan, Desa Triwidadi, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta dan kode pos 55751. Kalau teman pernah berlibur ke hutan pinus Asri Bantul maka, kawan tinggal mengarahkan perjalanan ke arah Barat, sekitar 25 kilometer atau memerlukan waktu tempuh 45 menit. Berikut peta navigasi objek wisata yang mungkin dapat membantu sobat dalam menemukan objek wisata.

Sedangkan jalan menuju ke Ngantru Dam Kamijoro berada di pinggir jalan Sedayu- Gesikan, sekitar 64 kilometer dari pertigaan Jodog Pandak. Jika sobat mengakses nya melalui jalan Argorejo, berarti hanya menempuh jarak sekitar 9 kilometer dari perempatan Sedayu atau sekitar jalan Wates.

Dam Ngantru

Lantaran tergolong wisata baru Bantul, jadi pihak pengelola wisata belum menentukan tarif masuk wisata alias gratis, mungkin setelah rampung renovasi fasilitas, tak menutup kemungkinan kemudian hari dikenakan biaya masuk. Sekian artikel tentang Harga Tiket Dan Lokasi Taman Belanda Bantul Yogyakarta, semoga bisa memberikan informasi wisata. Jika artikel ini dirasa memberikan kawan informasi, maka sempatkan waktu membaca artikel lain di situs datawisata.com seputar objek wisata, wisata kuliner dan daftar hotel di berbagai daerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *