Harga Tiket Masuk Dan Rute, Alamat Umbul Senjoyo Salatiga Jateng

Kabupaten Salatiga merupakan wilayah perbatasan langsung Kabupaten Semarang. Kota tersebut tepat berada di lereng gunung Merbabu, oleh sebab itu hawa di kota lahir pahlawan Yos Sudarso memiliki hawa sejuk dan dianugerahi pemandangan alam sekitar sangat menakjubkan. Sejumlah objek wisata pun ditawarkan kepada pengunjung, salah satunya ialah Umbul Senjoyo Salatiga. Umbul atau kolam ini sebenarnya sudah ada sejak dulu, hanya saja kurang terekspos oleh media, namun kini menjadi perbincangan hangat di berbagai sosial media, hal tersebut berkat keindahan alam dimilikinya.

Sendang Senjoyo

Menurut informasi dihimpun oleh redaksi datawisata.com kalau umbul Senjoyo berada di ketinggian 650 mdpl, tentu dapat dipastikan kalau hawa disekitar wisata sangat tepat dijadikan lokasi relaksasi pikiran dari kesibukan bekerja di kawasan perkotaan. Terlebih lagi hawa sekitar sangat sejuk begitu terasa banget khas pegunungan.

Tujuan wisata Salatiga ini begitu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal dan sekitar, terutama ketika hari libur atau pun libur nasional. Tempat wisata cukup indah alami, sehingga bakal membuat siapapun dapat menikmati rehat sejenak dari hiruk-pikuk kegiatan sehari-hari melelahkan. Di wisata mata air Salatiga ini, memungkinkan buat wisatawan menikmati bermacam permainan terutama permainan air. Sebaiknya datang kesana ketika pagi hari, sebab pada siang hingga sore hari, objek wisata dipenuhi oleh pengunjung.

Umbul Senjoyo Salatiga

Bagi fotografer pun bisa memanfaatkan keindahan potensi alam wisata Senjoyo Salatiga, sebagai satu diantara spot kece mengabadikan momen-momen indah melalui lensa kamera. Terlebih ketika merasakan pesona dari sunset dan sunrise berada di kawasan wisata, membuat sobat bakal dibuat takjub. Hal tersebut dihiasi oleh kegagahan gunung Ungaran dan kilauan mata air di Salatiga.

Info Wisata Semarang : Alamat, Rute, Foto Dan Harga Tiket Masuk Ngasem Park Bandungan Semarang

Info Wisata Malang : Lokasi, Rute, Foto Dan Harga Tiket Masuk Petik Jeruk Malang Jatim

Kenyataannya, kawasan Senjoyo village masih dalam satu kawasan lereng gunung Merbabu di sebelah timur. Nah, di daerah tersebutlah merupakan kawasan resapan porus yang memiliki jumlah sekitar 40 km persegi. Dimana daerah tersebut mampu menyimpan air selama musim hujan. Hasil dari resapan air tersebut keluar melalui umbul Senjoyo Salatiga. Sehingga bisa dipastikan kalau air kawasan tersebut memiliki tingkat kejernihan luar biasa sangat bersih, tentu hal tersebut juga seiring kesegaran luar bisa jika dibandingkan air yang dihasilkan sumur biasa atau pun air PDAM.

mata air Senjoyo Salatiga

Cerita Sejarah Umbul Senjoyo

Ada sejumlah pandangan-pandangan dari beberapa masyarakat yang masih menganut ilmu kejawen. Mereka menyatakan bahwa di mata air Senjoyo di Salatiga atau kerap juga dipanggil mata air Sendang memiliki beberapa khasiat mistis. Legenda Sedang Senjoyo Salatiga diawali ketika ada sejumlah orang sedang bertapa di lokasi pemandian. Menurut penuturan warga setempat, kegiatan tersebut dilakukan semalaman, dengan beragam tujuan. Umumnya sih kebanyakan dari mereka mengharapkan berkah dari makhluk-makhluk penunggu wilayah pemandian.

Umbul Senjoyo

Selain mitos telah diceritakan diatas, ada satu lagi nih misteri Senjoyo Salatiga yang berkembang di masyarakat sekitar biasanya merupakan sebuah kisah legenda bagi suku Jawa yakni Raden Mas Karebet. Kisah dari Mas Karebet biasanya kerap kali digunakan ketika hendak menjabarkan tentang Sendang Senjoyo di Kawasan Semarang. Wilayah Sendang memang dipercaya pernah sempat menjadi lokasi pemandian bagi para raja-raja Jawa kala itu.

Info Wisata Bogor : Rute, Lokasi, Foto Dan Harga Tiket Masuk Telaga Warna Bogor

Info Wisata Brebes : Rute, Lokasi, Foto Dan Harga Tiket Masuk Ranto Canyon Brebes

Jika benar-benar menilik kisah sang Sendang Senjoyo tersebut, disana ada seseorang juru kunci yang memiliki tugas menjaga serta mengelola kawasan wisata pemandian di Salatiga ini. Dimana area tersebut dipercaya oleh masyarakat sekitar sebagai lokasi dari persinggahan Raden Mas Karebet atau lebih dikenal dengan sebutan Joko Tingkir sang pendiri kerajaan Panjang.

mata air Sendang

Wisata alam Salatiga ini telah disediakan sejumlah fasilitas seperti halnya objek wisata ditempat lain. Dari pihak pengelola wisata sudah menyediakan berbagai kelengkapan fasilitas, semua itu demi menunjang liburan menyenangkan. Diantaranya seperti lahan parkir luas nyaman, tempat ibadah berupa mushola, kamar mandi umum dan sejumlah warung penjual makanan-minuman yang menyediakan berbagai menu kuliner khas Salatiga dan sekitar.

Bagi sobat datang dari luar kota, maka disarankan mencari penginapan disekitar lokasi wisata saja. Beragam penginapan telah tersedia, dengan beragam tarif sewa kamar mulai dari murah hingga hotel berbintang semua sudah ada dan dapat sobat temukan dengan mudah, karena memang lokasi wisata masih dalam kawasan perkotaan Salatiga.

Lokasi Sendang Umbul Senjoyo Salatiga

Bagaimana, jika sobat hendak berlibur ke Salatiga dan ingin seru-seruan bermain air, maka sempatkan ya berwisata di Objek wisata alam Salatiga ini yang berada di Jalan Senjoyo 4, Kadipurwo, Desa Gendongan, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga Jawa Tengah dan kode pos 50743. Lokasi wisata berada tepat di ujung utara dari kota Salatiga, meskipun demikian hawa disana sangatlah sejuk. Supaya lebih jelas, simak dibawah informasi peta peta sendang Senjoyo Salatiga, mungkin saja dapat membantu sobat dalam menemukan lokasi wisata.

Sedangkan jalan menuju Umbul Senjoyo dari Ungaran Semarang via Bergas, Kecamatan Tuntang dan JLS Salatiga. Lebih muda lagi, sobat menggunakan smartphone, hidupkan GPS dan tinggal traking saja. Bila tersesat penduduk setempat siap membantu memberikan informasi wisata secara benar. Sobat bisa menggunakan kendaraan pribadi atau pun kendaraan umum.

Jika menggunakan kendaraan umum seperti bis, maka dapat menaiki bis jurusan Semarang-Solo atau pun Jogja-Semarang. Sobat tinggal mengambil keputusan turun di terminal bis Tingkir Salatiga. Dari terminal, tinggal mencari ojek yang mereka siap mengantarkan ke tujuan wisata Senjoyo Salatiga. Mungkin biaya pun cukup terjangkau, biaya bis sekitar Rp 20.000 sampai Rp. 40.000, dan ojek ya sekitar Rp. 10.000 hingga Rp. 30.000 tergantung kesepakatan.

wisata Senjoyo Salatiga

Kabar bagusnya lagi, sobat tak perlu mengeluarkan uang sepersen pun untuk tiket masuk alias gratis, cuman tetap membayar ongkos parkir itupun kalau sobat membawa kendaraan pribadi saja. Sekian artikel tentang Harga Tiket Masuk Dan Rute, Alamat Umbul Senjoyo Salatiga Jateng, moga menjadikan referensi wisata di Salatiga. Jika artikel ini memberikan manfaat maka, tak ada salahnya sobat membaca artikel lain di situs datawisata.com seputar objek-objek wisata, wisata kuliner dan daftar hotel di berbagai daerah, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *