Keindahan Wisata Hutan Kota Malabar Sebagai Paru Paru Warga Malang

Kemajuan kabupaten Malang dari segi ekonomis, terlihat dari semakin banyak gedung-gedung mewah dan semakin banyaknya kendaraan yang berlalu lalang di jalan. Sepintas hal tersebut bagus dari segi ekonomi kota Malang, namun memiliki dampak semakin kurang sehatnya udara yang dihasilkan. Setidaknya wisata hutan kota Malabar mampu meminimalkan polusi udara dan mampu memberikan keuntungan dari segi wisata kota Malang.

Hutan Kota Malabar Malang

cewek hutan malabar

Terdapat lahan dijalan Malabar, yang sengaja tidak digunakan oleh pemerintah daerah sebagai area pembangunan melainkan digunakan sebagai hutang kota Malabar. Luas hutan Malabar kurang lebih sekitar 16.718 hektar. Di tengah tengah hutan tersebut terdapat kolam air, menurut warga sekitar memiliki banyak manfaat.

payung hutan malabar

Info Menarik Wisata Lainnya : Daftar Taman Kota Di Malang Sebagai Spot Photography

Biasanya hutan Malabar digunakan sebagai destinasi wisata taman kota oleh wisatawan dan warga sekitar, hal ini tidak terlepas dari kesan teduh dan memiliki udara sejuk dihasilkan oleh pepohonan hutan Malabar. Kesan begitu tenang hingga dapat membuat suasana hati merasa damai dan tenang. Selain itu taman Malabar Malang dapat dijadikan wisata edukasi mengenal lebih dekat berbagai tumbuh-tumbuhan di hutan Malabar Malang.

wisata hutan kota Malabar

Pertama kali masuk ke hutan Malabar kota Malang, wisatawan dapat merasakan hawa yang begitu sejuk dan juga terdengar beberapa kicauan burung yang begitu merdu. Lantaran hutan ini tergolong memiliki pepohonan begitu lebat, maka apabila berada di sekitar itu akan merasakan hawa yang begitu segar.

Baca Juga Wisata Lainnya : Wisata Edukasi Dan Spot Foto Di Museum Angkut Malang

Sejarah Wisata Hutan Malabar

Sejarah taman kota Malabar Malang ini mempunyai nama Bon Rodjo atau Kebon Rodjo, telah diresmikan oleh pemerintah daerah sehingga berganti nama menjadi hutan kota Malabar, tepatnya diresmikan pada tanggal 4 april 2016. Lokasi wisata dengan ruang terbuka hijau yang begitu banyak mengandung oksigen memiliki manfaat sebagai wahana edukasi lingkungan, kesehatan dan sarana rekreasi.

persemian hutan malabar

Ketika mendapatkan surat rekomendasi dari dewan perwakilan rakyat daerah(DPRD) kota Malang. Bupati Malang waktu itu bapak Mochamad Anton memiliki profil salah satu pejabat daerah. Para dewan publik dan ahli masih sangkut pautkan untuk membantu menata revitalisasi dengan dana sebesar 2,5 Milyar rupiah atas hutan kota Malabar. Pada akhirnya para dewan ahli melakukan rapat yang didukung oleh universitas Brawijaya.

Info Homestay Malang : Daftar Homestay Kota Batu Malang Lengkap Dan Update

Bupati/walikota Malang menyebutkan ketika melaksanakan pertemuan terhadap PT Amerta Indah Otsuka sebagai investor revitalisasi juga turut diundang. Bapak walikota pada itu menyampaikan bahwa “Kami mengharapkan kehadiran dari PT Otsuka untuk datang, mendengarkan, juga meminta untuk memberi masukan permasalahan dari akademis para ahli, tentang keberadaan hutan Kota Malabar Malang”.

gerbang wisata hutan malabar

Setelah mendapatkan beberapa saran masukan dari akademis dan ahli, pemerintahan kota Malang mengharapkan dukungan dari investor agar dapat melanjutkan proyek ini. Setelah bersama-sama dengan para ahli, akademis dan beberapa masyarakat peduli hutan. Setelah itu bapak walikota mengatakan bahwa “rencana untuk revitalisasi hutan kota dilaksanakan sesuai dengan  hasil rapat bersama”. Nah seperti itulah se cuplik berita hutan Malabar Malang.

Fasilitas Wisata Malabar

Ketika berwisata di area hutan Malabar sangat nyaman, sebab telah tersedia jalan paving mengitari lingkungan hutang kota Malabar. Udara dingin nan sejuk ciri khas dari kota Malang ini akan menusuk kulit ketika berdiri di sekitar area taman Malang Malabar yang begitu tinggi dan lebat.

papan hutan malabar

Info Wisata Kuliner : Restoran Romantis Di Kota Malang Nuansa Remaja Kekinian

Disaat menyusuri taman jalan setapak, seolah-olah berada ditengah-tengah hutan rimba belantara. Sembari mendengarkan nyanyian burung berpadu degan suara suara serangga liar dan para binatang lain, memberikan ke harmonis ketika mendengarkannya.

Alamat Hutan Malabar

Bagi anda yang sedang berada di kota Malang, maka tidak ada salahnya untuk menikmati suasana dan keindahan wisata hutan kota Malabar. Letak hutan kota Malabar Malang terletak di jalan Malabar, hutan taman yang letaknya di bagian sebelah timur taman Merbabu dan gereja Ijen.

Lokasi hutan Malabar cukup strategis, lantaran tidak begitu jauh dari pusat kota Malang. Apabila anda datang dari alun-alun kota Malang, maka anda tinggal menuju ke arah utara dan setelah itu belok ke kiri pada jalan Semeru. Begitu anda telah sampai di perempatan jalan sebelum akhir jalan Semeru, belok ke arah kanan menuju jalan Merapi, setelah itu anda hanya tinggal lurus sampai bertemu dengan wisata hutang kota Malabar.

Tiket Hutan Malabar

Biarpun hutang Malabar telah diresmikan oleh pemerintah Malang, serta di beri modal oleh investor, tetap saja tiket masuk hutan kota Malabar gratis tanpa dipungut biaya sepersen pun. Lantaran hutan tersebut merupakan ruang umum yang diperlukan oleh masyarakat sekitar.

wisatawan hutan malabar

Biarpun tiket wisata hutan kota Malabar gratis, tetap setiap wisata yang membawa kendaraan pribadi akan dikenakan biaya parkir, untuk sepeda motor dikenakan sebesar Rp. 2.000/motor dan untuk mobil akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 5.000.

Hari buka hutan Malabar Malang dari hari senin hingga hari minggu, yang berarti wisata hutan Malang ini buka setiap harinya tak terkecuali hari libur dan hari raya. Jam buka hutan Malabar ialah dari jam 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Sekian artikel tentang Keindahan Wisata Hutan Kota Malabar Sebagai Paru Paru Warga Malang semoga bermanfaat bagi para wisatawan yang hendak bertandang kesana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *