8 Destinasi Wisata Labuan Bajo Flores Paling Populer

Satu diantara desa cukup populer di Indonesia, terkenal pusat wisata ialah desa Labuan Bajo Flores. Hingga sekarang desa itu telah tercatat memiliki setidak nya 10 destinasi wisata populer. Wisata Labuan Bajo memiliki destinasi wisata yang sudah terkenal seluruh Indonesia bahkan tingkat internasional, berkat kehadiran pulau Komodo. Namun tak hanya pulau Komodo yang menjadi destinasi wisata populer di salah satu desa di Nusa Tenggara Timur ini. Desa Labuan Bajo cocok bagi teman-teman yang memiliki jiwa petualang. Desa wisata NTT ini merupakan lokasi yang strategis sebagai objek destinasi wisata serta pusat pemerintahan Kabupaten Manggarai Barat seperti pusat pendidikan dan perdagangan.

Wisata Labuan Bajo Flores NTT

Desa wisata Labuan Bajo memiliki keunikan jika di bandingkan desa lain nya. Alasan pertama, desa ini menjadi kota yang miliki pelabuhan bertingkat yang pesisir pantai tak terlalu luas, namun dataran-nya sangat luas, lalu diatas-nya lagi terdapat kota Labuhan Bajo yang memiliki kota indah. Alasan kedua, Labuan Bajo memiliki banyak pulau pulau eksotis namun tak berpenghuni. Dan alasan terakhir bahkan hingga sekarang belum ada catatan tindakan kriminal, sehingga membuat kota itu menjadi salah satu kota paling aman di Indonesia.

Lokasi strategis membuat Labuan Bajo sebagai gerbang dari labuan Komodo dan ibu kota Manggarai Barat, hingga sekarang kota wisata ini sering di kunjungi oleh pengunjung domestik hingga mancanegara. Seiring perkembangan jaman semakin maju, membuat kota ini semakin berkembang, tak hanya itu saja melainkan telah banyak bermunculan wisata wisata baru.

Meningkatnya jumlah objek wisata di Flores ini, seiring semakin membaiknya fasilitas akomodasi pengunjung, maka semakin meningkat nya jumlah pengunjung hendak berlibur disana. Supaya bisa sampai ke lokasi wisata, maka teman-teman bisa menggunakan transportasi pesawat atau menggunakan kapal. Jika kawan ingin menggunakan transportasi udara, maka wajib naik dari Labuan Bajo airport. Bandara Komodo dulu hanya bisa mengakomodasi 400 penumpang, namun kini sudah bisa mengakomodasi lebih dari 700 penumpang.

Memang hanya ada dua jalur agar menuju ke lokasi Labuan Bajo, namun jika teman-teman memutuskan menggunakan transportasi darat. Maka kawan juga bisa menempuhnya, hanya saja agar sampai ke lokasi wisata setidaknya memerlukan setidaknya 5 sampai 6 hari. Walaupun rute medan darat dirasa cukup sulit, tetap saja desa wisata Labuan Bajo menjadi tujuan wisata favorit bagi pengunjung yang hendak berlibur disana, berikut tempat wisata yang bisa anda jadikan destinasi liburan.

  1. Pulau Komodo

Destinasi wisata Labuan Bajo pertama dan hingga sekarang sudah terkenal seluruh dunia ialah pulau Komodo. Pulau Komodo menjadi satu diantara situs warisan dunia oleh UNESCO, hal itu merujuk lokasi tersebut sebagai tempat habitat asli bagi binatang Komodo, dimana binatang purba ini sangat dilindungi lantaran keberadaan hewan ini sudah langkah.

Info Wisata Bangka : Pesona Pulau Lengkuas Bangka Belitung Dengan Mercusuar Bersejarah

Info Wisata Karo : Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Sapo Juma Tongging Karo

Pulau Komodo Wisata Labuan Bajo

Di pulau Komodo, teman-teman bisa melihat secara langsung kehidupan hewan Komodo berada di alam liar. Jika kawan berkunjung di pulau Komodo ini anda harus bersama pawang-nya, dengan begitu kawan tak perlu khawatir serangan dari hewan buas ini serta dipandu memahami siklus hidup Komodo. Tak hanya melihat Komodo di alam liar, kawan disajikan pemandangan pantai, pulau-pulau eksotis, hamparan savana, lautan yang biru bening serta pesona bawah laut jika kawan melakukan kegiatan snorkeling.

  1. Pulau Seraya

Pulau Seraya tak kalah menarik jika dibandingkan keindahan pulau Komodo. Salah satu wisata dari Labuan Bajo ini letak nya kurang lebih 10 kilometer dari utara Labuan Bajo. Pulau Seraya sering juga disebut wisata Seraya island oleh penduduk sekitar.

pulau Seraya

Meskipun hanya memiliki garis pantai tak kurang dari 1 kilometer saja, tapi pulau ini sangatlah indah laut nya sehingga cocok digunakan sebagai lokasi berbulan madu. Di dekat sana ada rumah rumah penginapan yang terbuat dari kayu futuristik, sedangkan biaya penginapan di pulau Seraya kisaran Rp. 350.000 sampai 400.000 per malam.

  1. Pulau Bidadari

Pulau Bidadari di Labuan Bajo menarik dikunjungi juga. Di pulau Bidadari, teman-teman disuguhkan view pemandangan yang sangat eksotis dan mempesona. Lagi pula agar sampai ke pulau Bidadari, anda hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari Labuan Bajo jika menggunakan kapal.

pulau bidadari flores

Pulau Bidadari ketika jaman dulu, sering disebut penduduk sekitar dengan sebutan pulau Bidara, pasalnya lokasi tertutup oleh pohon Bidara. Sama hal nya pulau lain nya, dimana pulau Bidadari juga menyuguhkan keindahan laut dan darat yang sangat menyejukkan sejauh mata memandang.

  1. Pulau Kalong

Berbeda seperti pulau Komodo yang memiliki banyak hewan-hewan Komodo liar, maka pulau kalong merupakan pulau yang hanya dihuni oleh hewan Kalong atau Kelelawar. Pulau Kelelawar Flores berjarak kurang lebih 8 kilometer dari Labuan Bajo. Jika di-konversi sekitar 1 Jam perjalanan via kapal motor.

Pulau Kalong

Pulau Kalong sebelum nya menjadi pulau dipenuhi tumbuhan bakau. Maka bila teman-teman ingin menikmati pemandangan indah dari Pulau Kalong hanya dapat melihat diatas kapal. Waktu paling tepat menikmati suasana di pulau ini sekitar jam 6 WIT, sebab waktu sunset telah tiba.

  1. Gua Batu Cermin

Bagi seorang penjelajah, menjadikan wisata gua merupakan hal wajib dalam agenda mereka. Jika kawan termasuk dari mereka, maka menjadikan gua batu cermin sebagai tujuan wisata ialah ide bagus. Walaupun wisata ini tak seluruhnya asli bentukan dari alam, namun menjadikan gua batu cermin sebagai tujuan wisata wajib dikunjungi.

gua batu cermin

Info Wisata Yogyakarta :Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Pantai Baron Gunungkidul Yogyakarta

Info Wisata Malang : Panduan Wisata Terbaru Museum Angkut Malang Lengkap

Disana pengunjung mendapati berbagai fosil-fosil hewan laut purba yang secara alami berada di dinding-dinding gua. Hal itu menjadikannya bukti nyata, jika dulu kala gua tersebut berada di dasar laut.

  1. Desa Cancar

Berada di desa Cancar, kawan tak akan menemui keindahan pantai, gua, air terjun atau objek wisata lainnya. Menjadi keunikan dari desa Cancar Flores hanya berupa permadani persawahan hijau kecokelatan yang dibentuk sedemikian rupa menyerupai sebuah jaring laba-laba yang sangat besar.

Desa Cancar

Bila teman-teman menyaksikan area persawahan, maka posisi paling bagus ialah dari ketinggian, sehingga nampak secara jelas persawahan dengan view tepat. Teman-teman traveler biasanya berkunjung ke puncak Weol Flores, dimana bisa menyaksikan pemandangan persawahan secara keseluruhan.

Pengunjung pun akan dibuat takjub, disana petani tak hanya melakukan kegiatan bercocok tanam seperti umumnya, melainkan membuat sebuah karya seni menakjubkan dan terlihat rapi.

  1. Kampung Melo

Jadi Labuan bajo tak hanya menyediakan pemandangan alam eksotis saja, melainkan wisata budaya pun menarik di ketahui. Kampung Melo merupakan salah satu desa di Flores yang memiliki budaya keren, disana pengunjung bakal disambut oleh tarian khas kampoeng yakni tarian caci yang merupakan budaya tari khas Manggarai serta diperankan hanya kaum adam asli kampung Melo.

kampung melo

Ketika membawakan tarian daerah, para penari menggunakan pakaian tradisional tak kalah atraktif nya dengan pertunjukan tarian mereka. Sejumlah pemeran tari pria memakai topi serta membawa pecut dilengkapi dengan tameng yang berfungsi sebagai peragaan menyerang lawan tari. Jadi disana tak hanya budaya nya yang menarik di ketahui, melainkan lanskap pemandangan kampung Melo akan membuat siapa pun berkunjung kesana dibuat takjub.

  1. Air Terjun Cunca Wulang

Jika teman-teman mencari suasana berbeda selain pulau dan pantai, maka perlu mencoba wisata air terjun Cunca Wulang Flores. Wisata air terjun ini berada di desa Wersawa, Mbeliling, Manggarai Barat, NTT. Agar sampai lokasi itu, maka kawan membutuhkan jasa sewa mobil, sedangkan jarak-nya 30 kilometer dari Labuan Bajo. Sesampai di desa Warsawa, maka melanjutkan perjalanan berjalan kaki, sebaiknya membutuhkan bantuan guide warga setempat dengan biaya Rp. 50.000.

Cunca Wulang

Meskipun perjalanan cukup melelahkan, semua akan terbayar ketika kawan sudah sampai disana. Nah sekian artikel tentang 5 Destinasi Wisata Labuan Bajo Flores Paling Populer, jika dirasa artikel ini bermanfaat maka tak ada salahnya meluangkan waktu membaca artikel lain di situs datawisata.com seputar destinasi wisata, wisata kuliner dan daftar hotel di berbagai daerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *