Wisata Tangkuban Perahu Harga Tiket Dan Wisata Kuliner Di Tangkuban Perahu

Wisata Tangkuban Perahu merupakan wisata yang sangat populer di Indonesia, hal tersebut di latar belakang kan dengan cerita dongeng yang menarik di dalamnya. Hampir seluruh rakyat Indonesia mengerti kisah si Sangkuriang dan Ibu nya, hingga sampai saat ini wisata Tangkuban Perahu melegenda di nusantara. Bahkan sampai saat ini wisata tersebut merupakan destinasi wisata yang tidak boleh di abaikan, karena anda akan langsung melihat ke salah satu objek wisata yang menjadi legenda di nusantara.

Wisata Tangkuban Perahu Bandung merupakan segelintir dari sekian banyak wisata yang dimiliki oleh Ibu Kota Propinsi Bandung. Dimana wisata ini terletak di propinsi Jawa Barat, berjarak 20 KM menuju ke arah utara kita Bandung, dengan rimbun serta banyak nya pohon pinus dan hamparan hijau kebun teh yang berada di sekitar nya. Menurut catatan pemerintah, gunung Tangkuban Perahu ini memiliki ketinggian kurang lebih 2.084 meter.

Gerbang Wisata Tangkuban Perahu

Gerbang Wisata Tangkuban Perahu

Bentuk dari salah satu gunung legenda Indonesia ini seperti Stratovulcano, yang memiliki pusat erupsi yang selalu berpindah pindah dari timur ke arah barat. Saat gunung Tangkuban Perahu ini meletus, batu batu hasil letusan nya kebanyakan berupa lava dan sulvur dan mineral, tapi yang paling banyak  yang di keluarkan dari gunung ini adalah sulfur belerang, namun bila gunung sedang tidak aktif maka yang sering di keluarkan nya adalah uap belerang.

Daerah wisata Tangkuban perahu biasanya di kelola oleh pemerintah setempat yaitu perum kehutanan. Saat siang hari suhu di daerah gunung Tangkuban perahu ini sekitar 17 derajat celcius sedangkan saat malam hari suhu mencapai angka 2 derajat celcius. Gunung Tangkuban perahu ini memiliki beberapa kawasan hutan Diptrokat Bukit, hutan Montane, hutan Ericaceous, hutan Dipterokarp Atas dan hutan gunung.

kawan tangkuban perahu

kawan tangkuban perahu

Sampai saat ini gunung Tangkuban perahu masih merupakan gunung berapi aktif yang status nya selalu di awasi oleh Badan Direktorat Vulkanologi Indonesia. Beberapa dari kawah nya juga masih memberikan sinyal sinyal dari aktif nya gunung ini. Beberapa tanda gunung Tangkuban Perahu ini masih aktif adalah dimana muncul nya gas belerang serta sumber sumber air api panas yang tetap berada di kaki gunung nya, diantaranya seperti yang terdapat di kawasan Ciater, Subang.

Para ahli geologi telah meyakini bahwa kawasan dataran tinggi Bandung yang memiliki ketinggian mencapai 709 meter dari permukaan laut merupakan sisa sisa dari danau besar yang terbentuk akibat pembangunan Ci Terum di sebabkan oleh letusan gunung merapi purba yang sering dikenal dengan nama gunung Sunda dan gunung Tangkuban Perahu, yang sampai saat ini merupakan sisa dari gunung Sunda Purba yang masih aktif sampai sekarang.

gunung tangkuban perahu

gunung tangkuban perahu

Kejadian langkah seperti itu juga dapat anda lihat pada gunung Karakatau yang berada di selat Sunda dan kawasan Ngorongoro yang berada di Tazania, Afrika. Sehingga sampai saat ini legenda Sangkuriang yang merupakan cerita legenda masyarakat merupakan sebuah cerita masyarakat yang ada di kawasan itu di yakini adalah dokumentasi dari masyarakat sekitar yang hidup di kawasan Wisata Tangkuban Perahu, yang di adopsi dari berbagai peristiwa pada jaman dulu.

Rute Menuju Wisata Tangkuban Perahu

Untuk menuju ke wisata Tangkuban Perahu ada beberapa rute yang bisa anda ambil. Bagi anda yang memang masih berasal dari kota Bandung, terutama yang menggunakan kendaraan pribadi ada dua rute yang bisa di pilih yaitu:

  1. Keluar dari pintu tol Pasteur lalu menuju ke jalan Dr. Djunjunan – Pasir Kaliki -Sukajadi -Setia Budi – Lembang dan terakhir sampai ke wisata Tangkuban Perahu.
  2. Keluar dari pintu tol Padalarang menuju ke Cimahi lalu belok kiri kearah jalan Kolonel Masturi, sampai di pertigaan jalan raya Lembang belok ke arah kiri, anda pun sampai di gunung Tangkuban Perahu.

Sementara bagi anda yang menggunakan transportasi kendaraan umum, anda pun dapat mengambil rute :

  1. Dari terminal Leuwi Panjang(Bandung), mengambil bus jurusan bandung Indra Mayu lalu turun di pertigaan gerbang Gunung Tangkuban Perahu.
  2. Dari Stasiun Hall(Bandung), naik angkot yang jurusan ke Hall-Lembang. Turun di perempatan(Lembang – Maribaya – Tangkuban Perahu) untuk naik angkot jurusan Cikole turun di pinggir kawah Gunung Tangkuban Perahu.

Jarak Wisata Tangkuban Perahu dari kota Bandung sekitar 20 Km, selama perjalanan tersebut para wisatawan akan disuguhi oleh pemandangan yang menawan jejeran hutan pinus serta kebun teh yang membentang luas menghijau. Dengar dengar kebun teh di lembang sering di jadikan background tempat saat syuting film, diantaranya berbagai film FTV dan juga film Love yang di bintangi oleh Irwansyah dan Acha Septriasa Syah.

Harga Tiket Masuk

Bagi anda yang hendak memasuki lokasi wisata Tangkuban Perahu maka anda perlu menyediakan dana untuk retribusi pemerintah dan swasta. Sayang nya tiket masuk ke lokasi wisata di bedakan antara wisatawan domestik dengan wisatawan asing.

Wisatawan Domestik

  1. Tiket masuk : Rp. 15.000
  2. Parkir Motor : Rp. 5.000
  3. Parkir Mobil : Rp. 10.000
  4. Parkir Bus : Rp. 20.000

Wisatawan Asing

  1. Tiket masuk : Rp. 50.000
  2. Parkir Motor : Rp. 7.000
  3. Parkir Mobil : Rp. 15.000
  4. Parkir Bus : Rp. 25.000

Wisata Kuliner

Lembang memiliki banyak makanan khas Bandung yang di jual oleh para pedagang kuliner, berikut ini beberapa makanan khas lembang seperti ketan bakar yang sudah terkenal memiliki rasa yang enak. Ketan tersebut sengaja di bakar lalu di beri santan agar teras gurih dan ada beberapa rempah rempah di dalam nya. Ketan bakar ini biasanya di bungkus kecil dengan daun pisang lalu di bakar. Aroma dari ketan bakar ini luar biasa harum sehingga membuat siapa pun tergoda untuk mencoba salah satu kuliner Bandung satu ini.

Ketan Bakar Khas Lembang Bandung

Ketan Bakar Khas Lembang Bandung

Terlebih lagi saat menyatap ketan bakar tersebut ada segelas kopi susu hangat yang membuat tubuh jadi segar dan hangat dari udara dingin pegunungan lembang, sehingga menggugah selera. Selain ketan bakar, anda pun juga dapat mencoba tahu susu yang tidak kalah terkenal dengan rasa yang sangat nikmat, belum lagi ada oncom Raos. Oncom raos merupakan kuliner khas Bandung yang terbuat dari bahan olahan kacang fermentasi, jangan di tanya masalah rasa luar biasa nikmat.

Tips Wisata Tangkuban Perahu Bandung

Berikut merupakan adalah beberapa tips wisata di gunung Tangkuban perahu dan selama saat berlibur di wisata tersebut:

  1. Bila anda memiliki dana lebih, sebaiknya anda untuk menyewa jasa guide yang terpecaya. Hal tersebut akan memudahkan bagi anda dalam menyusuri seluruh wisata di kota Bandung, karena yakin di Lembang ini terdapat banyak sekali destinasi wisata yang keren keren, jadi rugi bila anda lewatkan begitu saja.
  2. Bagi anda yang tidak tahan dingin, bawah lah jaket atau pun Sweater agar menghangatkan tubuh anda. Karena suhu di Lembang saat malam hari, luar biasa dingin, seperti di ruangan ber-AC.
  3. Agar merasakan sensasi petualangan yang luar biasa, bawalah sepatu boot agar memudahkan bagi anda dalam menjelajahi destinasi wisata.
  4. Karena terdapat beberapa titik yang mengandung gas belerang sebaiknya sediakan masker wajah.
  5. Gunakan kacamata bila perlu, agar terhindar dari debu.

Demikian lah beberapa informasi atau ulasan tentang wisata Tangkuban Perahu dari data wisata yang dapat berikan, semoga bermanfaat. Bila perlu untuk share atau bagikan kepada saudara atau pun teman anda agar mendapatkan informasi tentang wisata Tangkuban Perahu ini. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *