Lokasi, Rute, Foto Dan Harga Tiket Masuk umbul Sigedang Klaten Jateng

Berada diantara kota Besar yakni Solo dan Yogyakarta, membuat Kabupaten Klaten begitu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Namun kini Klaten mulai berbenah diri dengan memperhatikan sektor pariwisata, sehingga sobat mudah menemukan berbagai tempat rekreasi wisata yang bisa dijadikan tujuan wisata ketika liburan. Umbul Sigedang Klaten menjadi bagian tempat wisata menarik dikunjungi, tak heran kalau sekarang telah ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan lokal maupun datang dari luar kota. Hal tersebut merujuk keindahan begitu mempesona hingga memberikan sensasi berbeda dari objek wisata lain.

umbul Sigedang Klaten

Umbul merupakan sebuah tempat pemandian memiliki sumber air alami, tentu air disana sangat jernih. Sebelum populer seperti sekarang, lebih dulu wisata umbul Ponggok Klaten mencuri hati para wisatawan dengan keindahan kolam ikan yang kerap dijadikan wahana tirta, foto prewedding, foto underwater dan kegiatan snorkeling. Namun kini umbul Sigedang pun tengah menjadi perbincangan menarik di berbagai sosial media, telah banyak foto-foto beredar diunggah di sosmed. Hal tersebut tak terlepas dari keindahan alam, kejernihan air, suasana sekitar wisata begitu asri, pepohonan rindang dan beragam ikan warna-warni.

Umbul Sigedang Kapilaler

Info Wisata Pasuruan : Lokasi Dan Harga Menu D’gunungan Taman Dayu Pasuruan Jawa Timur

Info Wisata Purbalingga : Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Pojok Khayangan Panusupan Purbalingga

Sebelum jadi lokasi wisata di Klaten, dulu umbul dimanfaatkan oleh warga setempat sebagai tempat mandi. Kini sudah beralih fungsi menjadi tempat wisata hits Klaten, pesona keindahan alam dimiliki menjadi daya tarik utama buat wisatawan datang berkunjung. Nah, buat sobat datawisata kebetulan sedang mengagendakan liburan atau pun bertempat tinggal di Klaten, direkomendasi mendatangi wisata tirta, sobat wajib menyaksikan keindahan alam menakjubkan dari wisata air Klaten ini.

umbul Sigedang Kapilaler

Mitos umbul Sigedang Klaten, pada jaman kerajaan merupakan tempat pemandian para putri. Pada bagian dasar kolam yaitu batu dan tanah, seperti umbul di Kabupaten Klaten lainnya. Menariknya lagi umbul Sigedang Kapilaler Klaten tak jauh dari sumber mata air yang menurut masyarakat sekitar digunakan sebagai air minum. Walaupun lokasi wisata tak begitu luas, tapi sudah cukup memberikan kenyamanan bagi wisatawan. Kalau suasana asri dan rindang didapatkan dari sejumlah pepohonan beringin rimbun dengan bebatuan menjepit pohon. Hawa sekitar wisata pun terasa sangat menyegarkan nan menyehatkan tubuh. Tak heran kalau wisatawan begitu betah beralam-lama berada disana.

umbul Sigedang

Umbul Sigedang di Klaten belum pernah sama sekali tercemar limbah pabrik atau pun limbah-limbah lain. Walaupun digunakan tempat berendam atau pun mandi oleh banyak orang, anehnya air disana masih tetap jernih tak sama sekali keruh. Jadi, begitu pas banget buat sobat menjadikan umbul Klaten ini sebagai tujuan wisata menyenangkan. Lantaran, disana sobat bisa berendam dan merasakan sensasi kesegaran sumber air alami murni.

Info Wisata Kebumen : Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Pantai Patemon Kebumen Jawa Tengah

Info Kuliner Jakarta : Lokasi Dan Daftar Harga Menu Arborea Cafe Manggala Wanabakti Jakarta

umbul Sigedang di Klaten

Kegiatan berenang merupakan aktivitas utama dilakukan oleh para pengunjung. Jernih air sangat membantu menyehatkan dan menyegarkan tubuh, karena sumber mata air alami terbebas dari berbagai bahan kimia yang membahayakan kulit, bahkan sumber mata air disana boleh diminum. Persiapkan membawa pelampung atau peralatan renang lain seperti kaca mata renang, sabun mandi, shampo, handuk, baju ganti dan lain-lain. Meskipun di sekitar lokasi ada penjual kebutuhan mandi, alangkah baiknya membawa sendiri dari rumah agar lebih hemat.

Harga Tiket Masuk Umbul Sigedang Klaten

Lantaran memiliki pemandangan indah, maka sepertinya bagus dijadikan sebagai tempat berswafoto panorama alami, tentu bakal membuat foto sobat terlihat kece. Bahkan kalau membawa atau menyewa kamera underwater, maka sobat bisa mengabadikan momen tersebut ketika berada di bawah air bersama ikan-ikan hias.

Lokasi Umbul Kapilaler Klaten

Setelah puas berenang, sobat bisa menikmati keindahan alam sekitar dengan hanya duduk-duduk santai di bawah pepohonan rindang. Di pinggiran umbul Kapilaler, sobat bakal menemui beberapa warung penjual makan-minuman. Cemilan dan minuman sangat cocok menjadi pendamping kenikmatan suasana. Dengan cuman duduk santai di bawah pohon sudah memberikan suasana menyenangkan, apalagi kalau datang bersama kekasih tercinta.

umbul klaten

Fasilitas Umbul Sigedang Klaten

Sesampai di lokasi wisata, pengunjung sudah tak dibuat bingung dalam mencari tempat parkir kendaraan, lantaran sudah disediakan lahan parkir cukup luas. Selain itu tukang parkir disana pun siap siaga, memberikan pengarahan dalam menempatkan kendaraan di area parkir. Fasilitas lainnya ada kamar mandi umum sebagai ruang bilas dan ganti baju. Pihak pengelola benar-benar menyediakan fasilitas kamar mandi dengan merawat secara baik, sehingga kamar mandi disana senantiasa terlihat bersih.

Fasilitas Umbul Sigedang Klaten

Buat pengunjung muslim, tak perlu khawatir menjalankan kegiatan ibadah sholat, sebab telah disediakan tempat ibadah berupa mushola sebagai tempat sholat. Sehingga pengunjung bisa melakukan ibadah dengan tenang di tempat bersih dan nyaman. Tempat istirahat berupa gazebo atau saung-saung pun sudah ada kok, sembari menyantap makanan jajanan yang setidaknya dapat menunda lapar.

Mitos umbul Sigedang

Lokasi wisata berada di area pedesaan, namun tak perlu khawatir dengan jaringan ponsel. Sebab kawasan wisata sudah tercover jaringan ponsel, sehingga tidak ada masalah kehilangan sinyal. Pengunjung pun dengan leluansa berswafoto dan mengunggah foto di akun sosial media tanpa hambatan.

Lokasi Umbul Kapilaler Klaten

Masih dalam satu wilayah Desa antara Umbul Ponggok dan Umbul Sigedang, secara administrasi berada di Pedukuhan Umbulsari, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten Provinsi Jawa Tengah dan kode pos 57474. Kalau pernah nih berkunjung ke salah satu wisata hits, memiliki pemandangan area perbukitan asri dan pemandangan kota Klaten yang dapat dilihat dari gardu pandangan yakni bukit Cinta Klaten, jaraknya menuju ke lokasi wisata sekitar 28 kilometer atau memerlukan waktu tempuh 48 menit. Berikut peta navigasi mungkin bisa membantu sobat dalam menemukan lokasi wisata.

Rute menuju umbul Sigedang di Klaten silahkan ke arah barat dari jalan raya utama Solo – Jogja sekitar 6 kilometer. Jika dari arah barat via Boyolali – Tulung – Ponggok. Arah dari utara bisa dipilih rute Boyolali – Janti – Cokro – Ponggok. Arah timur datang dari kota Solo – Delanggu – Ponggok dan terakhir dari arah selatan ada bisa melewati Yogyakarta – Klaten – Karanganom – Ponggok.

Harga Tiket Masuk Umbul Sigedang Kapilaler Klaten

Agar bisa merasakan keseruan bermain air disana, maka tiap pengunjung wajib mengeluarkan biaya sebesar Rp. 6.000 sebagai biaya retribusi wisata. Dengan tarif tiket tergolong murah tersebut, sobat sudah bebas berswafoto, seru-seruan bermain air, menyelam, berendam, menikmati kesegaran sumber mata air yang memang sih dimanfaatkan juga sebagai sumber mata air mineral Aqua. Cuman pengunjung dilarang menggunakan sabun, demi menjaga kemurnian dan kebersihan sumber mata air.

Umbul Sigedang Kapilaler Klaten

Jam operasional wisata buka mulai pukul 07.00 WIB dan tutup kembali pada pukul 17.00 WIB. Bila ada pertanyaan seputar objek wisata, maka langsung saja hubungi nomor telepon 0812-1521-1921. Sekian artikel tentang Lokasi, Rute, Foto Dan Harga Tiket Masuk umbul Sigedang Klaten Jateng, mungkin memberikan referensi destinasi wisata di Klaten. Jika artikel ini memberikan manfaat atau pun sekedar hiburan, silahkan baca artikel lain seputar objek wisata, wisata kuliner dan daftar hotel di berbagai daerah, terimakasih.