Panduan Lengkap Wisata Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta

Musim liburan selalu dinanti-nantikan masyarakat, sebab pada momen itulah menjadi kesempatan paling ideal untuk cengkerama bareng keluarga. Ada banyak pilihan yang dapat dikunjungi berang keluarga guna bersenang-senang atau pun sekedar bersantai. Objek wisata kebun binatang menjadi salah satu destinasi wisata paling cocok mengisi waktu mengajak anak atau pun saudara liburan. Bila kebetulan sobat berdomisili atau pun hendak wisata di kota pelajar, jangan lewatkan mengunjungi tempat rekreasi keluarga kebun binatang Gembira Loka Yogyakarta. Dimana kebun binatang Jogja ini memiliki banyak sekali keistimewaan seperti satwa dikembang-biakkan, sarana-prasarana lengkap, wahana permainan, area konservasi serta kerap kali ada pertunjukan atraksi menarik.

gembira loka

Tak kenal maka tak sayang, nah kira-kira seperti itu lah istilah mendeskripsikan pentingnya nilai sejarah suatu tempat. Begitu pula sejarah kebun binatang Gembira Loka Jogja merupakan kebun binatang pertama dan tertua di kota Jogja. Pada awal berdiri, kebun binatang dibangun atas ide yang diprakarsai oleh  raja Sri Sultan Hamengkubuwono VIII pada tahun 1933. Waktu itu sang raja memiliki keinginan mempunyai tempat hiburan untuk rakyat yang merupakan kebun raya (Kebun Rojo). Selanjutnya ide raja dikonsultasi kepada sang arsitek dari negara Austria bernama Kohler.

Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta

Nah, setelah beberapa tahun kemudian gagasan pendirian kebun binatang terselesaikan, lalu dilanjutkan masa pemerintahan raja Sri Sultan Hamengkubuwono IX bernama Ir. Karsten. Barulah pada tanggal 10 November 1953, kebun binatang Yogyakarta diresmikan oleh pak Sri Sultan Hamengkubuwono IX yang selanjutnya proses pengelola dan pengembangan dilanjutkan oleh yayasan Gembira Loka diketuai oleh Sri Paduka Paku Alam VIII.

Info Wisata Klaten : Lokasi, Rute, Foto Dan Harga Tiket Masuk umbul Sigedang Klaten Jateng

Info Wisata Pasuruan : Lokasi Dan Harga Menu D’gunungan Taman Dayu Pasuruan Jawa Timur

foto gembira loka

Seiring berjalan waktu, perkembangan pembangunan kebun binatang, telah mengalami beberapa kali pergantian penanggung jawab sekaligus pengelola dengan alasan manajerial dan inovasi-inovasi pengembangan wisata. Meskipun dalam proses mengalami pasang-surut, objek wisata keluarga kebun binatang Gembira Loka tetap menjadi salah satu wisata favorit di Yogyakarta. Menurut data dihimpun dari Dinas Pariwisata Yogyakarta bahwa jumlah pengunjung kebun binatang Gembira Loka lebih banyak ketimbang jumlah pengunjung museum Sonobudoyo dan monumen Jogja kembali. Walaupun demikian, jumlah pengunjung  tersebut mampu dilampaui ketenaran istana Keraton Jogja dan Malioboro Yogyakarta.

tempat rekreasi gemberia loka

Wahana Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta

Sudah menjadi kebun binatang sekala Provinsi, tentu saran-prasarana kebun binatang wajib komplit. Selain fasilitas umum seperti mushola, kamar mandi umum, tempat parkir, disana pengunjung dapat mencoba fasilitas rekreasi wahana permainan menarik seperti perahu Katamaran yang siap membawa wisatawan berkeliling area danau kebun binatang. Selain mengelilingi danau, juga diajak mengelilingi area Mayang Tirta, memiliki bentuk kapal amat besar. Mayang Tirta merupakan salah satu fasilitas panggung hiburan dan sebagai tempat pertunjukan pentas seni tradisional. Agar dapat menggunakan jasa perahu Katamaran, pengunjung wajib membayar ongkos sebesar Rp. 10.000.

perahu gemberia loka

Ada fasilitas wahana permainan lain bisa sobat coba nih yakni speed boat. Pengunjung bakal diajak berkeliling area danau mengendarai speed boat. Wahana speed boat tersebut hanya dapat memuat 4 orang saja termasuk pemandu. Agar memberikan rasa aman ekstra, tiap pengunjung diberikan pelampung selama mengelilingi kawasan wisata. Bila sobat berminat silahkan persiapkan ongkos wahana sebesar Rp. 20.000 demi menikmati wahana mengasyikkan tersebut.

Info Wisata Purbalingga : Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Pojok Khayangan Panusupan Purbalingga

Info Wisata Kebumen : Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Pantai Patemon Kebumen Jawa Tengah

orang utan Gembira Loka

Fasilitas lain berhubungan area danau ada Bumber Boat, nah berbeda wahana sebelumnya dimana wahana Bumber Boat hanya dapat dinaiki oleh dua orang saja, kapal tersebut menggunakan tenaga mesin. Agar memberikan rasa aman, pengunjung juga diberikan fasilitas pelampung. Seperti kita ketahui speed boat merupakan kapal super cepat, nah kalau Bumber Boat relatif lebih lambat dan terkesan tak terlalu cepat. Pada umumnya sih kalau wahana Bumber Boat begitu dinikmati oleh pengunjung yang ingin lebih bersantai menikmati pemandangan kebun binatang bersama pasangan. Nah ongkos Bumber Boat hanya Rp. 20.000 saja.

spot foto Gembira Loka

Kalau sobat pernah nih main wahana skuter air, maka bisa mencoba wahana tersebut di Gembira Loka zoo dengan membayar Rp. 20.000 saja. Cara pengoperasian wahana tak jauh beda wahana jet ski, cuman wahana skuter air tak terlalu cepat. Sehingga dirasa cukup aman buat kalangan anak-anak dan para pengunjung wajib menggunakan pelampung sebagai pengaman.

wahana Gembira Loka

Wahana banana boat pun juga ada kok, cuman kalau disana wahana tersebut diberi nama banana orca boat, bentuknya bukan seperti pisang, melainkan mirip paus. Kapasitas banana orca boat mampu dinaiki oleh 4 orang saja. Tentu menjadi pengalaman mengasyikkan seru-seruan bermain banana orca boat di danau buatan dan kawasan wisata. Tiap pengunjung cukup membayar Rp. 20.000 saja, maka sudah diperbolehkan menggunakan fasilitas banana orca boat.

burung Gembira Loka

Kalau ingin lebih tradisional ada perahu kayu di danau buatan kebun binatang Gembira Loka Yogyakarta, nah agar bisa menaiki wahana perahu kayu, pengunjung wajib membayar tiket wahana sebesar Rp. 20.000. Wahana perahu tersebut berjenis kayuh memiliki bentuk seperti angsa imut, begitu cocok dijadikan wahana permainan bersama keluarga maupun pasangan.Terlebih suasana sekitar danau cukup menarik dan area kadang hewan di Gembira Loka Jogja menjadi daya tarik utama.

atv gemberia loka

Setelah dibuat lelah berkeliling area kebun binatang, silahkan rehat sejenak menuju ke area terapi ikan. Tiket masuk ke terapi ikan hanya Rp. 20.000 saja. Disana pengunjung bisa merasakan sensasi terapi dan pijat di area kaki dan telapak kaki. Uniknya yang memijat ialah ikan-ikan kecil lucu dan mengemaskan. Sensasi rasa geli dan nikmat menjadi perpaduan kala menjalani terapi ikan.

gembira loka yogyakarta

Buat sobat membawa anak-anak, maka area kolam tangkap ikan menjadi salah satu wahana menyenangkan. Disana pengunjung anak-anak bebas menangkap ikan-ikan hias di dalam kolam. Kolam ikan memiliki kedalaman kurang lebih 30 sentimeter, begitu pas sebagai tempat permainan air buat anak-anak. Terlebih cuman membayar tiket sebesar Rp. 10.000 per anak, maka sudah diperbolehkan membawa ikan-ikan hias yang berhasil ditangkap.

dermaga Gembira Loka

Seperti wisata kebun binatang lainnya, di Gembira Loka zoo pun juga ada wahana unta tunggang. Pengunjung diperbolehkan menaiki hewan unta. Cukup membayar tiket wahana sebesar Rp. 20.000 saja, maka wisatawan sudah bisa berjalan-jalan di sekitar kawasan wisata dengan menaiki hewan unta. Sensasi tersebut seolah-olah seperti sedang di negara timur tengah. Selain unta, ada pula wahana gajah tunggang. Para wisatawan bakal menaiki gajah berkeliling di sekitar arena telah disediakan. Ongkos tiket menunggang gajah sama halnya wahana menunggang unta.

gemberia loka zoo

Mungkin dari sekian banyak wahana diatas hanya wahana kolam sentuh tak dipungut biaya sepersen pun. Buat sobat membawa anak-anak, maka bisa kok menyentuh kura-kura hingga hewan laut lain yang tersedia di dalam kolam. Para wisatawan bisa menyentuh beraneka hewan secara bebas.

Kebun Binatang Gembira Loka di Jogja

Kegiatan Atraksi Di Wisata Gembira Loka Zoo

Tak cuman fasilitas serta wahana saja yang tersedia di lokasi wisata, sebab para wisatawan juga bisa menikmati bermacam atraksi satwa lucu-lucu dan kadang mendebarkan seperti atraksi para penguin, lumba-lumba dan atraksi reptil. Misal ketika dimulai atraksi reptil, sobat dapat menyaksikan secara dekat ular piton hingga reptil buaya mirip di penangkaran buaya Medan. Sobat tak perlu takut dengan hewan-hewan reptil tersebut, pasalnya satwa tersebut sudah tergolong jinak dan tak berani menyerang manusia.

Atraksi Di Wisata Gembira Loka

Para pengunjung bisa kok berfoto ria bareng anak-anak buaya dari dekat dan diperbolehkan memegang buaya. Sementara satwa ular piton, bisanya sih merayap di sekitar leher untuk dikalungkan. Memang sih terasa sedikit geli, tapi sensasi rasa mendebarkan ketika ular piton merayap di sekitar anggota badan, terutama pada leher dan pundak. Agar memberikan rasa nyaman dan juga berjaga-jaga sudah ada para pawang berada dekat pengunjung. Selain reptil piton dan buaya, di sana pengunjung juga dipertontonkan kura-kura dan iguana. Ada berbagai jenis kura-kura dan iguana yang ada di lokasi atraksi reptil. Seperti hal nya piton dan buaya, para pengunjung berfoto dan melihat hingga memegang satwa-satwa.

gajah Gembira Loka

Ketika memasuki waktu feeding time atau waktu pemberian makan, di kebun binatang Gembira Loka Yogyakarta pun dijadikan acara atraksi. Biasanya sih feeding time sekitar jam 10.30 hingga 13.00 WIB. Nah, ketika itu para pengunjung bisa menyaksikan bagaimana sih para pawang hewan memberi makanan kepada harimau, pucuk hitam, Arapaima dan ular. Hanya saja, khusus hewan-hewan tersebut, pengunjung tak boleh mendekat, cukup menyaksikan dari jauh saja. Sebab hewan-hewan tersebut tergolong buas dan berbahaya.

gerbang Gembira Loka

Atraksi gelar satwa merupakan atraksi paling diminati oleh wisatawan, sebab di sana para pengunjung melihat aneka satwa seperti burung kakak tua jambul kuning, orang utan, beruang madu dan linsang. Hewan-hewan tersebut telah terlatih dan atraksi berbaris, naik sepeda hingga bernyanyi yang siap membuat hiburan menyenangkan bagi wisatawan. Tak usah membayar tiket masuk lagi untuk menyaksikan atraksi tersebut. Sayang sekali kalau atraksi keren ini tak diabadikan dalam bentuk foto maupun video dan gambar sebagai tanda kenang-kenangan, terlebih lagi para pengelola wisata Gembira Loka tak melarang pengambilan foto.

Kebun Binatang Gembira Loka di Yogyakarta

Taman Hewan Dan Area Konservasi Gembira Loka

Selain bermacam wahana permainan serta atraksi keren, sebagai taman satwa terbesar di Jogja, tentu para pengunjung jangan sampai terlewatkan. Di sana pengunjung bisa menyaksikan aneka satwa yang hidup di Gembira Loka. Mulai dari buaya, harimau, penguin, gajah, orang utan hidup di kawasan wisata. Para wisatawan dapat menyaksikan dari dekat bagaimana sih satwa-satwa tersebut hidup di dalam kandang besar.

macan Gembira Loka

Kalau museum zoo menjadi satu diantara area konservasi yang ada di kebun binatang Yogyakarta tersebut. Di sini pengunjung bakal mendapatkan berbagai informasi pengetahuan umum mengenai sejarah dari hewan-hewan yang ada di kebun binatang Gembira Loka Yogyakarta, mulai dari awal pembangunan hingga seperti sekarang.

iguana Gembira Loka

Area kebun Botani menjadi lokasi konservasi menarik dikunjungi. Pengunjung diberikan informasi ilmu pengetahuan umum dan juga edukasi guna menambah wawasan mengenai dunia flora yang termasuk dalam ilmu bioteknologi, cadangan genetik, pendidikan, penelitian dan juga budidaya. Semua tersaji lengkap ada di kebun botani Gembira Loka. Apabila area satwa ada museum zoo, di kebun botani juga tersedia Herbarium. Di sana terdapat beragam jenis tanaman mati yang dimanfaatkan sebagai objek penelitian dan juga sebagai sarana pendidikan kepada wisatawan. Nah itulah sebenarnya manfaat dari area konservasi Gembira Loka di Jogja.

Taman Hewan Gemberia loka

Lokasi Wisata Gembira Loka Zoo

Alamat kebun binatang Daerah Istimewa Yogyakarta ini berada di Jalan Kebun Raya Nomor 2, Rejowinagun, Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta dan kode pos 55171. Kalau sobat pernah berkunjung ke wisata instagramable di Jogja yakni Ice Cream World Jogja, di lokasi wisata tersebut pengunjung bakal menjumpai ruangan-ruangan mirip studio foto yang dipenuhi oleh berbagai hiasan ice cream terutama es krim jenis cone. Jarak dari dunia es krim Jogja ke lokasi wisata memerlukan waktu sekitar 17 menit atau jarak tempuh 10 kilometer, berikut peta navigasi mungkin dapat membantu sobat dalam menemukan lokasi wisata.

Jalan ke kebun binatang Gembira Loka di Yogyakarta bukan hal sulit, cukup mudah sebab lokasi wisata berada di jalan raya. Oleh sebab itu baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum bukan menjadi sebuah masalah. Hanya saja lebih disarankan menggunakan alat transportasi umum saja seperti bus kota, angkutan umum, taksi atau pun ojek. Bila memilih kendaraan bus, di Yogyakarta ada dua jenis kendaraan bus yakni bus kota atau umum dan bus trans jogja.

wisatawan Gembira Loka

Menggunakan bus kota, maka silahkan pilih jalur sembilan atau tujuh. Sedangkan bila menggunakan bus trans jogja pilih trayek 1B. Dimana bus trayek 1B selalu berhenti di halte dekat lokasi kebun binatang. Cukup membayar ongkos bus trans jogja sebesar Rp. 4.000 saja, maka sobat bakal diantarkan ke taman hiburan keluarga Jogja ini tanpa macet dan kepanasan.

mayang tirta

Tiket Masuk Kebun Binatang Gembira Loka Jogja

Nah, sebelum sobat benar mengunjungi wisata Gembira Loka, maka wajib menyediakan dana sebesar Rp. 30.000 weekday dan Rp. 35.000 weekend atau pun libur nasional, sedangkan bila membawa anak dibawah 3 tahun tak dipungut biaya alias gratis. Bila datang rombongan, ada potongan harga loh yakni sebesar 10% hingga 50%. Hanya saja syarat rombongan minimal 25 orang (tak berlaku kelipatan) dan membawa surat pengantar dari instansi terkait dengan keterangan kunjungan.

Area Konservasi Gembira Loka-min

Jam buka kebun binatang Gembira Loka 07.30 WIB dan tutup kembali pada pukul 17.30 WIB. Luas kebun binatang Jogja ini mencapai 20 hektar. Bila ada pertanyaan seputar objek wisata, silahkan hubungi nomor 62-274-373861 atau kirim email [email protected].

peta gemberia loka zoo

Sekian artikel tentang Panduan Lengkap Wisata Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta, mungkin bisa dijadikan referensi tujuan wisata keluarga di Jogja. Jika artikel ini memberikan informasi atau pun sekedar hiburan, maka tak ada salahnya membaca artikel lain di situs datawisata.com seputar objek wisata, wisata kuliner atau pun daftar hotel di berbagai daerah, terimakasih.