Lokasi Dan Harga Menu Sate Kambing Pak Turut Gunungkidul Yogyakarta

Kecamatan Karangmojo Gunungkidul memiliki wisata kuliner cukup fenomenal, yakni kuliner olahan daging kambing yang telah melegenda di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yakni sate kambing pak Turut Gunungkidul. Beda seperti penjual sate pada umumnya, sate kambing dibuat oleh pak Turut tersebut memiliki citra rasa khas sampai hingga kini terus dipertahankan sejak awal berdiri warung pertama kali. Tak heran bila wisata kuliner Jogja ini menjadi menu pilihan utama oleh wisatawan ketika menyantap sate kambing di sekitaran kota Wonosari dan Kabupaten Gunungkidul.

Sate Kambing Pak Turut
sumber foto : instagram,com/jogjakakilima

Belakangan, ragam kuliner sate semakin berkembang, penggunaan dagingnya pun beragam seperti daging sapi, ayam dan kambing, begitu pula dengan bumbu digunakan. Jika penggunaan bumbu sate terkesan sederhana, maka sate kambing pak turut sudah berusia lebih dari seperempat abad, bumbu sate terasa sangat spesial. Dimana bumbu sate dengan bumbu gulai dan beragam empon-empon sudah dimasak berjam-jam.

Info Wisata Medan : Foto, Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Kolam Renang Merci Medan

Info Wisata Bogor : Foto, Lokasi, Harga Tiket Dan Tarif Menginap Villa Naga Jonggol Bogor

Setelah pesanan sate kambing telah datang ke konsumen, disajikan dengan saus kecap pedas ditaburi oleh merica serta didampingi oleh irisan kubis-mentimun. Dalam satu porsi, terdapat 5 tusuk sate kambing disajikan di piring tanggung. Nasi masih hangat tersebut mengepul dari bakul disandingkan teh poci gula batu dan ceret blirik.

Sate Kambing Pak Turut Gunungkidul
sumber foto : instagram,com/alan_gorila

Citra rasa sate kambing pak Turut Wonosari sedikit berbeda jika dibandingkan citra rasa sate kambing pada umumnya di Provinsi Yogyakarta. Jadi sebelum dibakar, daging kambing direndam terlebih dulu pada bumbu kopyokan. Bumbu kopyokan merupakan bumbu rempah-rempah dicampur kuah gulai dikentalkan. Tak heran bila bumbu sate terlihat encer dan tak dicampur dengan bumbu-bumbu dari rempah-rempah lainnya.

Info Wisata Tulungagung : Foto, Lokasi Dan Harga Masuk gubuk sawah Tulungagung Jatim

Info Wisata Bogor : Panduan Lengkap Wisata Kebun Raya Bogor Jawa Barat

Tak cuman menjajakan menu sate kambing saja, menu lain tak kalah menarik dicoba seperti gulai kambing dan tongseng kambing. Kalau hidangan tongseng kambing dihitung per porsi, bukan per kepala kambing. Cara penyajian tongseng kepala kambing disajikan diatas piring dengan taburan merica bubuk saja. Citra rasa kepala kambing terasa gurih dan sedikit manis, bila diperhatikan dimana citra rasa tongseng kambing hampir mirip seperti citra rasa tongseng kambing di warung-warung sate kambing di sekitar Yogyakarta.

Sate Kambing Pak Turut wonosari
sumber foto : instagram,com/foodexploreindo

Lokasi Sate Kambing Pak Turut

Sangking terkenal warung sate pak Turut mempunyai beberapa cabang tersebar di Kabupaten Gunungkidul, salah satunya merupakan cabang berada di pusat kota Wonosari. Alamatnya berada di Jalan Kesatrian, Kelurahan Kepek, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta dan kode pos 55813. Letak wisata sangat dekat alun-alun kota Wonosari, kurang lebih hanya 700 meter hingga 1 kilometer atau memerlukan waktu tempuh 10 menit berjalan kaki. Berikut peta navigasi mungkin bisa membantu sobat ketika menemukan lokasi wisata.

Warung sate kambing pak Turut di Wonosari buka mulai pukul 08.00 WIB hingga tutup kembali pada pukul 19.00 WIB. Bila ada pertanyaan mungkin seputar menu makanan, bisa langsung menghubungi nomor telepon 0813-2874-5570,

Harga Menu Sate Kambing Pak Turut Gunungkidul

Tiap porsi sate kambing berisi lima tusuk daging kambing dibandrol Rp. 21.000. Harga menu tongseng sama dengan harga sate kambing, sedangkan harga gulai kambing paling murah dari ketiga menu tersebut yaitu Rp. 15.000 per porsi. Harga minuman seperti es teh dan es jeruk kisaran harga Rp. 3.000 hingga Rp. 5.000 per gelas.

Sate Pak Turut
sumber foto : instagram,com/yomiingemil

Sekian artikel mengenai Lokasi Dan Harga Menu Sate Kambing Pak Turut Gunungkidul Yogyakarta, mungkin dapat membantu sobat ketika mencari referensi wisata kuliner di Wonosari. Jika artikel ini memberikan manfaat atau pun sekedar hiburan silahkan baca artikel lain di situs datawisata.com mengenai wisata kuliner, objek wisata dan daftar penginapan ciamik di berbagai daerah, terimakasih.