Foto Dan Lokasi Lembah Karst Mulo Gunungkidul Yogyakarta

Pecinta traveling pas tahu kalau Kabupaten Gunungkidul merupakan daerah paling banyak memiliki destinasi wisata keren di Provinsi daerah istimewa Yogyakarta. Letaknya perbatasan langsung pantai laut selatan dan merupakan wilayah dilalui oleh rangkaian karst gunung Sewu seakan menjadi kelebihan dimiliki oleh Kabupaten terkenal kuliner tiwul-nya itu dari segi pariwisata. Fenomena karst merupakan salah satu cagar Geopark oleh UNESCO, menjadi saya tarik tersendiri bagi wisatawan. Yap lembah Karst Mulo Gunungkidul menjadi pintu masuk ke beberapa objek wisata Gunungkidul, selain itu juga digunakan sebagai pintu masuk menuju ke Geopark Gunung Sewu.

Lembah Karst Mulo Gunungkidul
sumber foto : instagram,com/mei_safaa

Pada umumnya sebuah lembah itu bentangan alam terbentuk akibat proses Geologis dikelilingi oleh pegunungan. Sedangkan lembah karst Mulo terjadi sudah ribuan tahun silam di pegunungan karst Desa Mulo, berbentuk cekungan merupakan tempat penyerapan air melalui celah-celah. Lama-kelamaan air tersebut diserap semakin banyak dan cekungan tersebut menjadi semakin dalam melebar.

Info Wisata Bogor : Panduan Lengkap Wisata Kebun Raya Bogor Jawa Barat

Info Wisata Medan : Foto, Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Sunflower Garden Medan

Kepengurusan objek wisata sepenuhnya ditanggung oleh pemkab daerah sebagai wisata Geopark Jogja. Hal tersebut bermaksud untuk mengembangkan potensi alam berupa lembah dan meningkatkan peran masyarakat turut andil dalam menjaga kelestarian alam.

Pesona disajikan oleh wisata lembah karst Mulo yakni berupa panorama cekungan lembah yang diapit oleh tebing-tebing tinggi. Dimana keindahan alam seperti itu sangat tepat dinikmati ketika sore hari sembari berfoto dengan lanskap lembah terlihat curam dari ketinggian. Jika niat kegiatan swafoto tersedia beberapa spot foto untuk mendapatkan hasil jepretan terbaik, unik nan indah.

Lembah Karst Mulo
sumber foto : instagram,com/d.sismoyo

Bagi sobat memiliki jiwa petualang, bakal sobat dapatkan sepanjang keindahan lembah Mulo. Ya terdapat salah satu pintu menuju ke gua Ngingrong. Bila ingin mencapai lokasi gua Ngingrong harus menyusuri jalan setapak terjal serta memutar di area lembah. Pada dasar lembah ada dua gua yakni gua sisi sebelah barat dan gua sisi timur. Di dalam gua terdapat berbagai jenis ukuran batu mulai dari batu berukuran kerikil hingga batu berukuran gajah.

Tetesan air jatuh dari stalakit bakal menambah keindahan panorama dalam gua. Hawa sejuk dalam gua begitu sangat terasa menyejukkan sembari menemani wisatawan ketika melepas rasa lelah. Di dasar lembah ada sumber mata air, hingga kini masih mengalir airnya. Sumber mata air tersebut menjadi sumber air bagi masyarakat, terutama ketika musim kemarau tiba. Lokasi sumber mata air dekat dengan lokasi gua Ngingrong.

Info Wisata Kediri : Foto, Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Bukit Dohok Indah Kediri Jatim

Info Wisata Malang : Informasi Wahana Jatim Park 1 Malang Paling Lengkap Dan Terupdate

Pada sisi tebing wisata Geopark Gunungkidul ini juga terdapat fenomena unik yaitu sisi tebing terlihat seperti tulisan Lafadz ALLAH dan batu sholat. Tulisan Lafadz ALLAH terlihat di tebing sisi timur Ngingrong, dimana hal tersebut bukanlah sesuatu buatan. Yap Lafadz itu terbentuk secara alami, melalui suatu proses alam, proses geologi memakan waktu panjang.

Lembah Karst Mulo Jogja
sumber foto : sportourism,id

Bagi pengunjung ingin menguji adrenalin bisa kok mencoba wahana flying fox yang ada di lembah karst Mulo. Tentunya bakal menjadi pengalaman berkesan ketika merasakan meluncur dari ketinggian diantara tebing-tebing raksasa.

Membahas fasilitas wisata di sini tergolong cukup lengkap loh, mengingat menyandang sebagai destinasi wisata favorit Gunungkidul diantaranya lahan parkir luas-aman, toilet umum, tempat ibadah musholla, tempat istirahat berbentuk gazebo, warung penjual makanan-minuman dan lain-lain.

Lokasi lembah Karst Mulo Gunungkidul

Seperti sempat dijelaskan diatas bahwa lokasi wisata berada di Desa Mulo, alamat lengkap berada di Desa Mulo, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Bila sobat datang dari pusat Kota Jogja, maka terlebih dulu harus menempuh jarak 32 kilometer. Kondisi jalan bagus beraspal, lokasi wisata dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, tapi lebih disarankan menggunakan kendaraan pribadi saja.

Bila sobat pernah berburu kuliner sate kambing pak Turut Gunungkidul, itu loh salah satu wisata kuliner legend di Gunungkidul. Citra rasa sate begitu nikmat, daging nya besar-besar dan kuah kecap pedas ditaburi merica terasa sangat pedas. Jarak dari sate kambing pak Turut ke lokasi wisata membutuhkan waktu sekitar 10 kilometer atau memerlukan waktu tempuh hanya 16 menit perjalanan.

Harga Tiket Masuk Lembah Mulo

Meskipun fasilitas wisata di sini tergolong lengkap tapi tetap saja masih dalam proses pengembangan objek wisata. Oleh sebab itu pihak pengelola sepakat sementara waktu, pengunjung belum dikenakan tiket masuk dulu. Hanya saja wisatawan diimbau selalu menjaga kelestarian dan kesopanan selama berada di lokasi wisata. Bila ada pertanyaan mengenai lokasi wisata langsung saja hubungi nomor telepon 0813-2864-4776.

lembah mulo
sumber foto : sindonews,com

Sekian artikel mengenai Foto Dan Lokasi Lembah Karst Mulo Gunungkidul Yogyakarta, moga memberikan manfaat ketika mencari tempat wisata Gunungkidul. Bila ada waktu luang silahkan membaca artikel lain di situs datawisata.com seputar objek wisata, wisata kuliner dan daftar penginapan di berbagai daerah, terimakasih.