Foto, Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Curug Cimahi Bandung Jawa Barat

Bandung merupakan salah satu kota terbesar di Provinsi Jawa Barat, hal tersebut ditunjang sebagai pusat pemerintahan, perbelanjaan, pendidikan, hiburan dan wisata. Daerah Bandung sebelah barat terdapat loh air terjun atau curug tertinggi serta memiliki panorama menakjubkan loh yaitu curug Cimahi Bandung. Berdasarkan info beredar ketinggian air terjun tersebut mencapai 1050 mdpl, berada di lahan seluas 25 hektar serta suhu sekitaran wisata mencapai 18 hingga 22 derajat celcius.

curug Cimahi Pelangi
sumber foto : instagram,com/irfanzidni11

Jadi sumber air curug Cimahi itu berasal dari sungai Cimahi yang mengalir begitu deras dan sungai tersebut berhulu di situs lembang dan mengalir ke arah Kota Cimahi. Sedangkan makna kata “Cimahi” yakni cukup air. Oleh sebab itu keberadaan curug di Bandung ini dapat dinikmati sepanjang waktu mulai dari pagi hingga malam. Pada pagi hari hingga sore hari, wisatawan bakal disuguhkan pesona air terjun dengan kucuran deras air jatuh plus panorama alam asri.

Sedangkan pada sore hari hingga malam hari para wisatawan dapat menyaksikan panorama air terjun bercahaya. Dimana cahaya tersebut berasal dari lampu-lampu di pasang sepanjang dinding belakang air terjun. Dimana lampu itu dipasang sedemikian rupa agar menampilkan hasil penuh warna cantik mirip seperti keindahan pelangi, nah itu lah mengapa diberi julukan curug Cimahi Pelangi.

Curug Cimahi Bandung
sumber foto : instagram,com/destinasibandung

Semenjak tersedia lampu warna-warni itu serta dibuka juga hingga malam hari, menjadikan tempat rekreasi alam di Bandung ini banyak diminati oleh wisatawan hendak menginginkan suasana romantis. Lantaran memang sih pada malam hari itu kecantikan air terjun sangat mempesona siap pun memandang.

Kala itu sih ketika baru pertama kali diresmikan sebagai salah satu objek wisata di Bandung pada tahun 2010 hingga 2014 sempat mengalami penurunan hingga vakum sejenak. Nah terbesit ide, pihak pengelola sengaja mendesain tampilan air terjun ala-ala air terjun Amerika gitu. Konsep tersebut disusun sedemikian rupa hingga menghadirkan kecantikan air terjun berwarna-warni serta menjatuhkan air dari ketinggian kurang lebih 71 meter seperti halnya pelangi. Warna-warna terkandung antara lain ungu, merah, biru, kuning, hijau, nila dan jingga.

curug Cimahi Pelangi Bandung
sumber foto : instagram,com/randimaulaana

Tampilan asri air terjun tersebut didukung beberapa hal loh sob seperti keberadaan rimbunan hutan yang ditinggal oleh beberapa satwa hingga hewan-hewan berstatus dilindungi seperti monyet hutan.

Info Wisata Blitar : Foto, Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Bukit Teletubbies Blitar Jawa Timur

Info Wisata Jogja : Foto, Lokasi, Rute Dan Harga Tiket Masuk Situs Warungboto Yogyakarta

air terjun cimahi
sumber foto : instagram,com/hendra_prcsn

Selain mengandalkan kecantikan alam, di sana pun juga tersedia spot-spot foto penunjang kegiatan wisatawan yaitu berbagai spot foto tersaji di sini tak lain karena demi menarik perhatian agar wisatawan penasaran senantiasa berkunjung ke mari. Hal itu ternyata terbukti berbakat kehadiran spot-spot itu lah sehingga destinasi wisata air terjun di Bandung ini terus mengalami peningkatan jumlah wisatawan secara signifikan.

Berbagai fasilitas tersedia di sini demi memberikan rasa nyaman dan aman buat para wisatawan yang seharian melakukan aktivitas di lokasi wisata seperti lahan parkir kendaraan, kamar mandi umum, resort, mushola, klinik kesehatan, warung penjual makanan-minuman, pusat informasi, shelter, pos jaga, pintu pagar, bangku-bangku untuk istirahat, piknik site, pagar pengaman, jalan setapak dan peta lokasi wisata.

air terjun cimahi
sumber foto : instagram,com/cimahi_banget

Info Wisata Bogor : Panduan Lengkap Wisata Kebun Raya Bogor Jawa Barat

Info Wisata Malang : Panduan Lengkap Terbaru Wisata Terbaik Jatim Park 1 Malang

Lokasi Curug Cimahi Bandung

Secara data administratif letak wisata berada di jalan kolonel Matsuri – Cisarua, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Bila sobat pernah nih berburu kuliner di lereng Anteng Panoramic Coffe Bandung, itu loh wisata kuliner di Bandung selain menawarkan kelezatan kuliner, juga keindahan alam di sana oke punya yakni berupa area perbukitan asri banget deh. Jarak lereng Anteng Coffe ke lokasi wisata sekitar 13 kilometer atau hanya memerlukan waktu tempuh sekitar setengah jam perjalanan. Berikut peta navigasi mungkin dapat sobat gunakan dalam mencari lokasi wisata.

Jalan menuju ke air terjun Cimahi yakni melalui via Cihanjuang – Parongpong (taman kupu-kupu) ke arah Lembang Bandung. Jika datang dari Kota Cimahi bisa langsung saja ke jalan Matsuri ke universitas Advent Indonesia, kemudian ke terminal Parongong. Jika naik angkutan umum bisa dari arah Bandung naik angkutan jurusan St. Hall Lembang, lalu naik angkutan via Lembang – Cisarua dan turun di depan pintu gerbang wisata.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Cimahi Bandung

Sebelum memasuki area wisata, tiap pengunjung wajib membayar biaya retribusi wisata sekitar Rp. 15.000 weekday sedangkan weekend Rp. 17.000. Persiapkan pula ya biaya parkir kendaraan jika sobat membawa kendaraan pribadi yakni sekitar Rp. 3.000 kendaraan roda dua dan Rp. 5.000 kendaraan roda empat. Anak-anak berusia dibawah dua tahun belum dikenakan ongkos masuk, nah barulah anak-anak diatas dua tahun sudah dikenakan biaya masuk secara penuh.

Curug Cimahi di Bandung
sumber foto : instagram,com/daden.cokor

Perhatikan pula loh sob jam operasional wisata buka mulai pukul 07.00 WIB hingga tutup pada pukul 20.00 WIB. Objek wisata buka setiap hari dari hari senin hingga minggu. Bila ada pertanyaan seputar objek wisata bisa langsung menghubungi nomor telepon 0812-1404-8781.

Sekian pembahasan seputar Foto, Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Curug Cimahi Bandung Jawa Barat, moga memberikan manfaat sebagai bahan referensi berwisata di Bandung. Jika artikel ini memberikan info dibutuhkan atau sekedar hiburan, maka silahkan baca artikel lain di situs datawisata.com seputar objek wisata, wisata kuliner dan daftar penginapan di berbagai daerah, terimakasih.