Foto, Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Museum Ullen Sentalu Sleman Jogja

Gunung Merapi identik berada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dimana keindahan dan kesejukan lereng gunung Merapi begitu nyaman ketika berada di sana. Selain itu ada beberapa objek wisata sekitar lereng Merapi misal nih seperti museum Ullen Sentalu Sleman, merupakan museum peninggalan kerajaan Mataram, pembangunan wisata dipelopori oleh keluarga Haryono dibawah naungan Payung Yayasan Blencong. Di dalam museum tersimpan berbagai koleksi peninggalan budaya serta kehidupan para bangsawan Jawa kala itu.

Museum Ullen Sentalu
sumber foto : instagram,com/vemarcelia

Konsep pembangunan museum di Jogja ini cukup epic, misal nih ya sob dari luar Ullen Sentalu terlihat megah berkat arsitektur perpaduan antara gothic Eropa pada abad pertengahan serta nuansa Jawa. Kolaborasi keindahan alam pegunungan eksotis, dihiasi oleh keindahan taman, lebih dipercantik berbagai pahatan dan lingkungan sekitar begitu terasa tenang, semakin membuat siapa pun betah di sini.

Info Wisata Salatiga : Foto, Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Atlantic Dreamland Salatiga

Info Wisata Mojokerto : Foto, Harga Tiket Masuk Dan Lokasi Puthuk Panggang Welut Mojokerto

Museum Ullen Sentalu Sleman
sumber foto : instagram,com/wiaadaw

Ada aturan unik museum Ullen Jogja, sehingga terkesan berbeda seperti wisata museum lainnya. Dimana para pengunjung tak diperkenankan menyusuri ruang pameran sendiri, jadi wisatawan bakal dibuat secara berkelompok nantinya dipandu oleh pemandu khusus yang siap menjelaskan berbagai sejarah benda dan karakter keraton Jogja-Solo, sembari berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya secara kronologis historis. Pelayanan pemandu wisata tersebut tidak dikenakan biaya jasa, lantaran sudah termasuk dalam satu paket tiket wisata.

Info Wisata Bogor : Panduan Lengkap Wisata Kebun Raya Bogor Jawa Barat

Info Wisata Malang : Panduan Lengkap Terbaru Wisata Terbaik Jatim Park 1 Malang

foto Museum Ullen Sentalu
sumber foto : instagram,com/sriagina_sem

Ruang-ruang di dalam museum dibagi menjadi beberapa ruang berdasarkan kategori koleksi. Yakni ruang pertama sebagai sambutan selamat datang ya seperti ruang tamu gitu, ruang kedua menyimpan berbagai alat tradisional seperti gamelan, ruang ketiga Guwo Selo Giri yang menjadi ruang pameran lukisan tokoh kunci mewakili empat kerajaan dinasti Mataram. Ruang selanjutnya ada ruang kampung Kambang, bangunan berbentuk unik dibangun di atas air yang memamerkan batik, syair dan album komplit band GRKay. Terakhir ada ruangan Sasana Sekar Buwana dan Koridor Letja Randa merupakan museum outdoor memamerkan patung-patung dewa dan dewi pada abad 8 hingga 9.

wisata kaliurang
sumber foto : instagram,com/sa.putridian

Setelah mengikuti tur keliling museum, sobat bakal dijamu oleh berbagai hidangan lezat di restoran Beukenhof yang memiliki arsitektur gothic. Dari sekian banyak menu di sana, lebih disarankan menu kuliner seperti Breaded Chicken Tender, Lobster Thermindor dan Glazed Lamb Rack. Sudah hidangan kuliner lezat, tempatnya mendukung serta pesona alam asri bakal menjadikan ketika bersantap semakin nikmat.

Museum Ullen Sentalu di Sleman
sumber foto : instagram,com/sriagina_sem

Pihak pengelola begitu memperhatikan fasilitas umum di sana, hal tersebut bermaksud memenuhi kebutuhan wisatawan ketika mengunjungi museum, fasilitas tersebut antara lain lahan parkir luas-aman, toilet umum, restoran, jasa pemandu wisata gratis, denah komplek museum, tempat ibadah, papan informasi di setiap koleksi museum.

Alamat Museum Ullen Sentalu Sleman

Hanya saja lokasi wisata edukasi Jogja ini cukup jauh dari pusat Kota Jogja sob berada di sebelah utara kota Jogja atau di lereng gunung Merapi, alamat lengkap yakni di jalan Boyong Kilometer 25, Kaliurang Barat, Desa Hargabinangun, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Lokasi wisata berdekatan dengan wisata lain di lereng gunung Merapi seperti museum gunung Merapi, Merapi Park dan Merapi Lava Tour. Selain itu agar sampai lokasi sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi, lantaran hingga sekarang masih belum ada akses angkutan umum melayani rute ke sana.

Jalan menuju wisata Ullen Sentalu, jika datang dari arah Kota Jogja maka sobat harus menuju ke Kaliurang terlebih dulu, setelah sampai sobat tinggal mengikuti jalan provinsi terus ke arah utara hingga berada di tidak jauh dari lereng gunung Merapi. Itu bakal terasa dari udara sejuk khas pegunungan mulai terasa, lalu belok ke arah kiri menuju ke jalan Boyong. Sesampai jalan Boyong berarti sobat sudah dekat lokasi wisata lalu ikuti saja papan petunjuk arah di situ.

Harga Tiket Masuk Wisata Museum Ullen

Pembayaran tiket masuk wisata terbagi beberapa golongan yakni wisatawan domestik dewasa Rp. 30.000, sedangkan anak-anak 5 sampai 6 tahun Rp. 15.000. Berbeda halnya wisatawan mancanegara yakni kategori usia dewasa Rp. 50.000, sedangkan anak-anak Rp. 30.000.

Wisata Museum Ullen
sumber foto : instagram,com/hanthi_official

Bagi wisatawan domestik nih ya datang secara rombongan, maka disarankan terlebih dulu melakukan pemesanan lebih dulu, agar mendapatkan pelayanan prioritas ketika menjalani kegiatan tour. Tiap pembelian 25 tiket, mendapatkan 1 tiket, kalau status wisatawan masih seorang pelajar bakal mendapatkan harga lebih ekonomis.

Perhatikan pula sob jam operasional wisata Kaliurang ini, agar nantinya ketika berada di lokasi wisata tak salah waktu yakni hari senin libur ya, buka hari selasa sampai jumat pukul 08.30 WIB hingga tutup kembali pada pukul 16.00 WIB. Sedangkan hari sabtu & minggu jam buka mulai dari pukul 08.30 WIB hingga tutup kembali pada pukul 17.00 WIB.

Museum Ullen Sentalu Sleman Jogja
sumber foto : instagram,com/abdugp

Sekian artikel mengenai Foto, Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Museum Ullen Sentalu Sleman Jogja, semoga memberikan referensi ketika mencari wisata Jogja. Harga tiket masuk wisata dapat sewaktu-waktu berubah, tergantung kebijakan pengelola wisata. Bila artikel di atas memberikan informasi atau pun sekedar hiburan, silahkan baca artikel lain di situs datawisata.com seputar objek wisata, wisata kuliner dan daftar penginapan di berbagai daerah, terimakasih.