Panduan Lengkap Dan Terbaru Wisata Jatim Park 2 Malang Jawa Timur

Tidak ada lebih menyenangkan ketika liburan bersama keluarga ya sob, berbagai kota-kota besar sebagai pusat wisata seperti Bandung, Bogor, Bali, Yogyakarta hingga Malang menjadi destinasi paling diminati oleh wisatawan. Misal nih di Kota apel, para traveler pasti sudah paham nih dengan wisata Jatim Park 2 Malang, sama halnya objek wisata lain yang dimiliki oleh PT. Jawa Timur Group mengusung konsep liburan menyenangkan namun tetap kental unsur edukasi. Yap di sini wisatawan bakal diajak nih mengenal beragam satwa sekaligus bersenang-senang di aneka zona di sana.

foto Jatim Park 2 Malang
sumber foto : instagram,com/bambang_wahyudii

Setiap wisatawan memasuki area wisata, maka memerlukan tiket masuk, pembelian tiket masuk bisa dilakukan melalui dua cara yakni secara online maupun secara offline. Tapi bila sobat tak suka sesuatu hal ribet, maka disarankan membeli tiket secara online aja deh, melalui aplikasi pihak ke-tiga seperti traveloka dan lain-lain.

PT. Jawa Timur Group begitu perkasa loh menjadi barometer perkembangan destinasi wisata di Kota Batu Malang, bagaimana tidak setidaknya terdapat delapan objek wisata berada di naungannya antara lain Jatim Park 1, Jatim Park 2 (Batu screate zoo, eco green park, dan museum satwa), BNS (batu night spectacular), museum tubuh, museum angkut dan predator park. Keseluruhan wisata tersebut menjadi primadona di Kota Batu.

 jawa timur park 2 Malang
sumber foto : instagram,com/bambang_wahyudii

Dapat kita lihat indikator penilaian pengaruh 8 tempat wisata tersebut berada di bawah manajemen Jatim Park Group bisa kita lihat dari banyak nya jumlah wisatawan membanjiri 8 destinasi wisata tersebut setiap harinya, terutama memasuki akhir pekan bahkan musim liburan, lalu bisa sobat bandingkan objek wisata Batu lainnya.

Menurut data didapatkan oleh redaksi datawisata.com kalau jumlah wisatawan ketika hari-hari biasa datang ke masing-masing tempat wisata tersebut kurang lebih 1.000 orang per hari. Bahkan ketika weekend mencapai 3.000 orang, sedangkan musim liburan seperti lebaran, natal dan tahun baru mengalami peningkatan mencapai 4.000 hingga 5.000 orang.

Tidak perlu membahas objek wisata lain bila hanya sekedar membandingkan dari segi jumlah wisatawan atau pun pendapatan, pastinya wisatawan datang dari luar kota biasanya bakal mengunjungi objek wisata garapan PT. Jawa Timur Park Group, baru bila ada waktu dimanfaatkan mengunjungi objek wisata lain di Kota Batu Malang.

Jatim Park 2
sumber foto : instagram,com/ayurizkyss

Diantara delapan objek wisata itu, tiga diantaranya lebih dikenal sebagai jawa timur park 2 yap ketiga wisata tersebut yakni batu screate zoo, museum satwa dan eco green park. Pihak pengelola melakukan pengelompokan menjadi satu, lantaran ingin sistem penjualan tiket, ketiganya menjadi satu paket wisata. Selain itu pengelola ingin membedakan identitas khusus dengan nama Jatim Park 2, ingin membedakan wisata sejenis sebelumnya, yakni Jatim Park 1 Malang.

Berada di lahan seluas 2 hektar, Jawa Timur Park 2 berjarak hanya satu kilometer saja dari Jatim Park 1 loh. Walaupun pengembangan dari wisata sebelumnya, namun konsep diusung sedikit berbeda lebih fokus pada konsep edukasi terutama ilmu tentang lingkungan dan ilmu pengetahuan alam. Yap berbeda dengan Jatim Park 1, lebih mengedepankan sisi kreasi dan hiburan, meskipun beberapa wahana juga memberikan tambahan wawasan ilmu pengetahuan.

Dari konsep itu lah ketika membangun konten-konten di Jatim Park 2, pihak pengelola mengajak bekerja sama bersama kementerian lingkungan hidup dan kehutanan. Sejak bulan april 2020, sudah bekerja sama bareng LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), untuk menyelaraskan sistem pengumpulan serta pengelola data dari koleksi flora dan fauna pada masing-masing taman.

Walaupun telah dibangun lebih 10 tahun lalu, tepatnya 2008. Lalu diresmikan buat umum pada tahun 2010 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, namun upaya pengembangan objek wisata masih terus dilakukan hingga sampai sekarang, misal nih rencana pembangunan infrastruktur transportasi guna meningkatkan layanan prima.

Jatim Park 2 batu
sumber foto : instagram,com/bambang_wahyudii

Maksud dari perencanaan pembangunan infrastruktur transportasi, guna meningkatkan kualitas layanan. Jenis transportasi dibangun berupa kereta monorail sebagai penghubung ketiga objek wisata sekaligus dan objek wisata lainnya masih dalam naungan PT Jawa Timur Group.

Berhubungan memberikan pelayanan prima kepada wisatawan, pihak pengelola tempat rekreasi keluarga Malang ini, benar-benar memperhatikan sisi keamanan serta kenyamanan. Yap lantaran kenyamanan itu lah membuat Jawa Timur Group mampu sukses dalam mengembangkan 12 objek wisata dan empat hotel di Jawa Timur.

Misal nih di kawasan Jatim Park 2, bagi wisatawan tak mampu berjalan jauh maka telah tersedia e-bike untuk membantu berkeliling di sejumlah wahana, sedangkan bagi para penyandang distabilitas tersedia kursi roda.

Yap lantaran senantiasa memberikan pelayanan prima, tak heran bila Jawa Timur Park dua Batu Malang telah menyabet berbagai penghargaan seperti terpilih-nya wisata Batu Secret Zoo sebagai kebun binatang terbaik se Asia pada tahun 2014 versi TripAdvisor, situs tujuan wisata terbaik se Asia pada tahun 2015, meraih penghargaan Certificate Of Excellen Service pada tahun 2016 dan pemecahan rekor Muri lewat acara gathering Mercendes-Benz terbanyak di Indonesia.

Jatim Park 2 Malang
sumber foto : instagram,com/ekasetiapradana

Ketika sebelum sobat sampai di lokasi wisata, langsung disambut oleh Ferris Wheels atau sebuah kincir angin raksasa berukuran mencapai 30 meter. Melalui kincir angin terbesar nomor 2 se Indonesia itu lah wisatawan dapat menyaksikan pemandangan Kota Batu begitu nampak indah menawan dari ketinggian.

Pesona alam menjadi pemandangan paling dominan pada sisi depan wisata Jatim Park 2 Batu lewat bangunan loket penjualan tiket telah didesain mirip seperti akar pohon. Bentuk akar pohon tersebut menjadi bagian bentuk pohon besar dan menjulang tinggi yang tak lain merupakan pohon Inn Hotel.

Zona Jatim Park 2 Malang

Sepertinya kita tak perlu nih berlama-lama membahas desain interior wisata, saatnya kita membahas lebih detail 3 tempat wisata memiliki puluhan wahana siap untuk dijelajahi. Yap inilah ketiga zona wisata di Jatim Park 2 Batu Malang bakal membuat wisatawan terpukau olehnya.

Zona Batu Secret Zoo

Konsep diusung merupakan kebun binatang modern, bakal membuat wisatawan lebih sering melihat berbagai macam satwa di kebun binatang lain, siap pun berada di sini dijamin bakal tak merasa bosan. Jadi tak cuman memamerkan berbagai koleksi jenis binatang menarik dan langkah, namun juga penataan area pedestrian unik, nyaman dan bersih. Dilengkapi pula area fantasy land and adventure land berisi beragam macam wahana permainan anak-anak nuansa modern.

Wisatawan tak sekedar menyaksikan tingkah pola binatang tapi juga bisa mempelajari seluruh binatang menjadi koleksi dengan cara membaca papan informasi masing-masing pada lokasi binatang tersedia.

batu secret zoo
sumber foto : instagram,com/bambang_wahyudii

Luas lahan kebun binatang Batu Secret mencapai lima belas hektar, penataan disengaja mirip seperti konsep wisata taman Safari dengan jalan dibuat hanya satu arah saja.

Bedanya kalau di taman Safari ketika melihat kegiatan binatang wisatawan tidak perlu berada di dalam kendaraan tertutup rapat, tapi cukup berkeliling menggunakan e-bike atau pun berjalan kaki. Lantaran antara area hewan dengan wisatawan dipisahkan oleh dinding kaca tebal.

Konon sih Batu Secret Zoo lebih menarik ketimbang Singapore Zoo, terbagi menjadi enam area masing-masing area menempati lahan cukup luas dan memiliki koleksi binatang beragam mulai dari belasan hingga puluhan jenis.

Area Reptile

Area pertama ini diberi nama new reptile garden memiliki bermacam koleksi jenis reptile telah dipamerkan di dalam akuarium dengan interior didesain seperti habitat aslinya. Pengaturan cahaya menarik di sekeliling area reptile menjadikan tampilan berbagai jenis reptile semakin nampak menarik dilihat.

Area Tiger Land

Kawasan dihuni oleh singa dan beberapa jenis harimau seperti harimau emas, putih, Sumatra, chetta dan binatang buas lainnya. Mereka semua dilepas di kandang luas bebas terbuka. Meskipun demikian tetap bisa disaksikan dengan aman, pasalnya kadang dengan pengunjung dibantai oleh dinding kaca tebal.

Area Akuarium

Bagi sobat nih suka binatang air, bakal puas ketika berada di area akuarium, sebab di sini wisatawan dapat menyaksikan berbagai jenis bentuk dan warna ikan dan binatang air lainnya, baik hewan hidup di air laut maupun air tawar.

Area di Batu Secret Zoo Malang ini tak ubahnya seperti seaworld mini berikut pula kolam touch pool, cuman tak dilengkapi terowongan ikan ya sob.

Area Pasar Afrika

Gambaran seputar lingkungan hidup, kondisi dan situasi sebagaimana di benua Afrika dapat dinikmati di sini. Pada jam-jam tertentu, wisatawan dapat mengikuti pemberian makan kepada gajah-gajah.

Area Savanah

Lorong kaca menjadi tempat para wisatawan menyaksikan secara langsung, hewan-hewan didatangkan dari benua Afrika. Hewan-hewan tersebut ditempatkan pada suatu tempat ditata sedemikian rupa sehingga mirip seperti habitat aslinya.

Ada pula media pembelajaran interaktif. Guna mempelajari sifat, perilaku serta berbagai hal berkaitan masing-masing hewan yang ada.

Area Fantasy Land And Adventure Land

Terlepas menyaksikan berbagai kegiatan koleksi hewan, wisatawan datang bersama keluarga khususnya membawa anak-anak, maka bisa memanjakan anak mereka lewat berbagai wahana permainan anak seru di area fantasy land dan adventure land.

Disediakan pula tour river adventure siap membawa wisatawan menyusuri sungai buatan, menggunakan perahu sembari menyaksikan replika miniatur kapal Nabi Nuh yang dinaiki oleh beragam jenis patung hewan-hewan.

Aktifitas Menarik

Jatim Park dua di Malang
sumber foto : instagram,com/kei_dev_rah

Selain menyaksikan tingkah pola mengemaskan para binatang sekaligus mempelajari berbagai informasi binatang-binatang melalui papan edukasi dan media interaktif tersedia. Beberapa aktivitas menarik juga dapat dilakukan oleh wisatawan di sini antara lain.

  1. Menaiki gajah atau onta melewati rute telah ditentukan
  2. Berfoto bersama berbagai jenis binatang jinak terlatih dan beberapa jenis burung dengan tarif Rp. 5.000.
  3. Bermain sepuasnya di wahana playground gratis yang tersedia berbagai permainan seperti gajah terbang, dragon mobil pemadam kebakaran, roller coaster, bom bom car, kursi pontang-panting, kereta listrik dan wahana permainan menarik lainnya. Termasuk wahana kolam renang ukuran besar. Di mana beragam wahana permainan gratis tersebut sebagian besar dikhususkan bagi anak-anak miliki tinggi badan 130 sentimeter.
  4. Wisata mengelilingi sungai buatan menaiki perahu sembari melihat replika kapan Nabi Nuh dan pulau-pulau buatan ditinggali kera-kera, orang utan, siamang dan lain-lain. Sepanjang perjalanan wisatawan bakal menjumpai burung-burung bangau berenang bebas di sungai buatan.
  5. Menikmati beragam lukisan buatan sekaligus juga berswafoto dengan latar belakang lukisan art trick menampilkan efek 3 dimensi.
  6. Bagi wisatawan ingin berlibur di Palembang Bird Park bakal merasakan suasana yang sama pada salah satu area di kawasan Jatim park 2 Malang yakni berinteraksi secara langsung bersama burung-burung. Aktifitas menarik tersebut dinikmati dengan masuk ke sebuah kandang raksasa berisi ratusan bahkan ribuan ekor burung parkit dan burung-burung lucu pemakan biji-bijian.
  7. Animal show merupakan salah satu pertunjukan menarik dihadirkan di Batu Secret Zoo Garden yang mempertontonkan atraksi beberapa jenis binatang sesuai perintah dari sang pawang, misal nih seperti burung pelikan bisa berenang sembari berputar-putar, lalu ada anjing laut melakukan berbagai macam atraksi.
  8. Bila tadi ada interaksi bareng burung, ada pula kegiatan berinteraksi bersama binatang-binatang lainnya layaknya Palembang Bird Park. Bedanya area tersebut disebut animal farming yang ada di sini membawa wisatawan berjalan-jalan ke kandang binatang dengan cara mengendarai kereta 3 gerbong. Saat mengunjungi kandang-kandang itulah wisatawan dapat memberikan makan binatang secara langsung. Supaya bisa melakukan aktivitas ini, ada tarif nya loh yakni Rp. 10.000 sudah termasuk satu cup makanan bagi beberapa jenis hewan seperti kuda, alpaka, onta dan gajah.

Selain berbagai jenis kegiatan menarik dijelaskan di atas, wisatawan masih bisa loh melakukan aktivitas menarik lainnya dapat dilakukan di Batu secret zoo garden antara lain shark coaster, rumah hantu, wahana tsunami, Spongebob water shoot, beach boat, octopus, junior farm, jelajah 5 benua, batu adventure, soccer land, mayapada dan masih banyak aktivitas menarik lainnya.

wahana Jatim Park 2 Malang
sumber foto : instagram,com/zenayuu

Zona Museum Satwa

Bagi sobat nih datawisata pernah menonton film Night At The Museum, yap di wisata museum satwa bakal kembali mengingatkan sobat pada latar belakang film tersebut. Lantaran pada bagian depang gedung ditempati museum mirip dengan depan gedung museum yang ada di film bentuknya menyerupai istana presiden Amerika alias gedung putih.

Tak cuman bagian luar saja menakjubkan, namun juga bagian dalam patung replika kerangka Tyranosaurus sangat tinggi besar, Triceraptor dan beberapa jenis dinosaurus lainnya ukuran lebih kecil. Diorama binatang purba tersebut menarik dilihat, lantaran ditata sedemikian rupa artistik lengkap sinar rembulan.

Berdekatan replika fosil binatang purba, dapat dijumpai ada sangkar burung berukuran besar banget sob, di dalamnya terisi taman serta beberapa ekor burung diawetkan. Tak cuman kedua objek itu saja dapat dinikmati, melainkan masih banyak objek lainnya dalam bentuk diorama berukuran sesuai aslinya.

Sebagian binatang dijadikan diorama ada pula loh binatang-binatang asli diawetkan, sebagian lagi merupakan patung replika dibuat serinci mungkin sehingga mirip bentuk aslinya.

museum satwa
sumber foto : instagram,com/dailyhijabtraveller

Ditambah lagi sentuhan artistik unsur dramatis seperti binatang karnivora sedang berburu mangsa herbivor, binatang sedang beradu kekuatan memperebutkan suatu daerah kekuasaan dan lain-lain. Replika atau diorama disajikan museum satwa yang pernah dan masih ada diatas bumi.

Bahkan tak cuman binatang-binatang hidup di dataran saja loh, tapi ikan-ikan dan beberapa jenis binatang air yang hidup di daerah kutub lewat zona antartika berupa miniatur dataran es. Dilengkapi beruang kutub, serigala kutub dan beberapa binatang hidup di daerah antartika.

Di dalam museum juga dijumpai Insectarium menyimpan sekitar 5.000 jenis serangga mulai berasal dari Indonesia sampai jenis serangga-serangga didatangkan dari berbagai negara seperti Malaysia, Kolombia, Peru, Papua Nugini dan Madagaskar. Serangga mati diawetkan tersebut memiliki bentuk tubuh dan warna menarik untuk dilihat sekaligus juga dipelajari.

Meski disebut museum, bangunan ditempati museum satwa Jatim Park 2 jauh dari kesan kotor serta kumuh. Bahkan di setiap sudut menarik dijadikan sebagai background foto ciamik, lantaran diorama dibuat sedemikian rupa detail menyerupai bentuk asli. Seperti diorama setapak salju, diorama sebuah batu besar di tengah danau, replika bongkahan es zona antartika dan masih banyak lagi spot-spot foto untuk berswafoto ria.

wisata jawa timur park 2
sumber foto : instagram,com/wurinda_m

Di dalam museum telah disediakan tempat khusus buat istirahat wisatawan berupa cafetaria didesain cantik berbentuk warung kopi tradisional berdinding gedhek atau anyaman bambu.

Zona Eco Green Park

Seperti sempat di jelaskan diatas konsep utama Jatim Park 2 Malang yakni wisata edukasi sekala internasional, yap zona Eco Green berada di area 5 hektar semakin mengilhami konsep itu.

Sesuai nama zona diusung, tempat ini menyuguhkan nilai edukasi ketika mengenalkan budaya nusantara serta menamakan rasa cinta tanah air melalui upaya go green atau pelestarian alam.

Jatim Park 2 di Batu
sumber foto : instagram,com/rantrikirania

Oleh karena itu zona Eco Green sangat cocok nih dijadikan sebagai tempat study tour bagi rombongan murid-murid sekolah, sekaligus juga menarik minat wisatawan untuk menjadikan sebagai tempat rekreasi keluarga Malang.

Agar menjadikan sebagai tempat rekreasi sekaligus ilmu pengetahuan sesuai tagline : Fun And Study, setidaknya di zona go green terdapat 35 wahana antara lain.

Water Track

Bila hendak mencoba permainan, maka sobat wajib nih membawa pakaian ganti. Lantaran permainannya berupa titian balok dengan bentuk serta posisi berbeda-beda berdiri diatas kolam. Balok titian berliku-liku itu, bila gagal dilewati maka bakal membuat wisatawan tercebur ke kolam.

Miniatur Candi

Menjadi suguhan utama ketika memasuki zona Eco Green yaitu wahana miniatur candi-candi terkenal di nusantara. Miniatur candi tersebut berada di atas bukit dikelilingi kolam ikan serta berbagai jenis tanaman buah-buahan serta sayur-mayur disusun secara rapi.

Di salah satu bagian candi ada dua tokoh utama Transformer loh yakni Optimus Prime dan Bumble Bee. Ukuran kedua tokoh robot kira-kira berukuran dua kali tubuh manusia terbuat dari suku cadang mobil serta sepeda motor sehingga memberikan kesan kreatif unik.

Tak cuman robot Transformer saja sob ada pula replika unik kreatif bisa sobat lihat di sini. Juga ada patung gajah dibuat dari televisi, monitor printer dan komputer bekas. Ada pula patung sapi terbuat dari suku cadang bekas loh, patung kuda berbahan kaleng-kaleng bekas minuman soda dan terakhir patung kerbau terbuat dari sisa-sisa potongan kayu.

Dome Multimedia

Berada di bangunan seperti kubah atau dome, wahana multimedia mirip seperti mini theater pertunjukan lakon tunggal yakni di film Honoman sedang bertempur dengan sang penjahat.

Durasi film kurang lebih 10 menit bakal memberikan sensasi tersendiri bagi para wisatawan, lantaran layar digunakan yakni atap bangunan disertai efek bergetar pada lantai dan tata suara luar biasa. Selain itu bakal membawa wisatawan berputar-putar dan berpindah-pindah dari satu atau dome ke atap dome lainnya.

Insectarium

Seperti namanya yakni berarti tempat pameran berbagai jenis serangga, baik serangga masih hidup maupun serangga sudah mati diawetkan. Serangga-serangga itu diletakkan secara rapi sehingga membentuk pola atau lukisan unik diletakkan di akuarium.

Lukisan di sana ada lukisan kumbang berukuran raksasa dibuat secara menyusun kumbang-kumbang kecil telah diawetkan.

Rumah Terbalik

Diberi nama rumah terbalik lantaran memang bangunan rumah dibuat posisi terbalik. Tak cuman bagian luar saja, tetapi semua barang terisi didalam rumah semua dalam posisi terbalik seperti sofa, meja, lampu, tempat tidur, lemari, peralatan dapur sampai kamar mandi dilengkapi peralatan komplit pun dalam kondisi melawan gaya gravitasi.

Sistem penerangan ruangan dibuat semacam sensor yang menyala sendiri jika ada wisatawan memasuki ruangan secara otomatis, lalu bakal padam bila wisatawan telah melangkah ke ruangan lain.

foto Jatim Park 2 Malang
sumber foto : instagram,com/ach_nurhadi

Selain itu terpasang sensor gerak khusus yang memberikan efek mengejutkan wisatawan. Berupa efek membuat benda-benda pengisi rumah bergerak sendirinya jadi seolah-olah benda tersebut ingin jatuh ketika wisatawan lewat bawahnya.

Terakhir membuat wahana rumah terbalik terkesan menarik yaitu ada ruangan kaca pantul yang memberikan tantangan bagi wisatawan mencari pintu keluar.

Music Plaza

Wahana berbentuk sebuah kolam berukuran besar dan diatas permukaan kolam terdapat semacam permainan dibuat dari plat-plat bentuk menarik. Permainan tersebut wisatawan dapat memanfaatkan perlengkapan semacam tembak-tembakan tersedia di sekeliling kolam. Ketika terkena tembakan plat besi itu bakal mengeluarkan bunyi unik, tak heran banyak anak-anak suka nih berada di sini.

Di sini sobat bisa beristirahat sejanak di sebuah cafe konsep Belanda sembari mengawasi kegiatan anak ketika bermain ria.

Jungle Adventure

Wisatawan memasuki wahana ini bakal diajak mengelilingi hutan menggunakan kendaraan kereta api tanpa asap. Tak cuman sekedar berkeliling saja sob, tapi juga bermain dengan berperan sebagai pelindung hutan.

Oleh sebab itu tiap-tiap wisatawan diberikan fasilitas pistol sensor, nanti digunakan untuk menembak para pemburu dan pencuri hewan-hewan di hutan. Setiap pistol itu mengenai pemburu atau pencuri kayu bakal keluar nilai pada layar monitor yang ditempatkan di tempat duduk. Yap wahana Jungle Adventure merupakan salah satu wahana favorit bagi para wisatawan.

Eco Journey

Wahana membawa wisatawan melakukan perjalanan menggunakan kereta kapsul. Selama perjalanan akan dijelaskan keadaan bumi pada masa lampau. Mulai terbentuk laut, gunung, danau dan sebagainya membutuhkan waktu milyaran tahun hingga keadaan bumi pada dewasa ini yang justru dirusak oleh manusia.

Digambarkan pula kondisi alam telah rusak serta cara-cara dapat ditempuh agar merawat alam dan lingkungan agar senantiasa asri. Yap melalui wahana edukasi Eco Journey, anak-anak diharapkan mendapatkan pengetahuan bagaimana sih cara mencintai dan merawat alam lingkungan sekitar.

Duck Kingdom

Berbagai jenis bebek dari seluruh penjuru dunia menjadi penghuni wahana Duck Kingdom seperti bebek mandarin memiliki bulu cantik berwarna-warni serta sayap mirip kipas, mute swan bebek berasal dari Amerika Utara, bebek Ethiopia dan masih banyak jenis bebek lainnya.

Di dalam juga terdapat burung Rangkok dan burung Nuri yang sengaja dibiarkan terbang bebas dan bisa juga diajak berinteraksi loh.

Animal Farm

Kalau dilihat secara sepintas mungkin wahana animal farm dirasa kurang menarik lantaran hanya berisi hewan-hewan ternak sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari seperti kambing, ayam, sapi dan lain-lain.

Tapi jika sobat berada di sini cukup lama, akan merasakan ada nilai pembelajaran menarik dapat diperoleh loh seperti pengetahuan tentang cara membuat pakan ternak secara benar.

World Of Parrot

Setidaknya terdapat 50 jenis burung beo berasal dari negara-negara di Asia dan Amerika menjadi koleksi World Of Parrot. Selain melihat kecerdasan dari burung-burung terkenal pandai meniru bahasa manusia.

Wisatawan juga bisa belajar bagaimana cara melestarikan burung beo sekaligus berswafoto bersama berbagai jenis burung beo.

Hydroponic

Bagi sobat penggemar tanaman hydroponic, maka jangan sampai nih melewatkan wahana Jatim Park 2 Batu ini, lantaran di dalamnya dapat sobat lihat berbagai jenis tanaman budidaya dengan sistem hidroponik antara lain tanaman obat, strowbery dan lain-lain.

Selain itu di area hydroponic juga bisa dijumpai rumah jamur yang isi nya berbagai jenis macam jamur beserta petunjuk cara mengembang biakkan dan pengelolaannya sebagai bahan pangan.

Selain wahana-wahana disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak lagi wahana menarik dikunjungi, lantaran memberikan hiburan sekaligus area edukasi efektif.

Wahana-wahana lain di Eco Green Park yakni Bird Gallery dan merpati, Wood Recyle, Taman Biogas, Exotic White Peacock, Geology, Bird Show, demo memeras susu sapi perah, Water Outbound, Waliking Bird, Eco Science Center, pasar burung tempo dulu dan lain-lain.

Fasilitas Prasarana Wisata

Agar lebih memudahkan aktivitas rekreasi para wisatawan, di sini telah tersedia beragam fasilitas antara lain.

Area Parkir

Kawasan wisata jawa timur park dua Batu Malang memiliki dua tempat parkir luas yaitu di depan Inn Hotel museum satwa dan di depan pintu gerbang Eco Green park, dimana kedua tempat parkir tersebut bisa menampung hingga ribuan kendaraan sekaligus loh.

Tak perlu khawatir tentang keamanan dan bila kehabisan tempat parkir kendaraan ketika datang ke mari. Sobat cukup sediakan uang sebesar Rp. 2.000 sepeda motor, Rp. 5.000 mobil dan Rp. 10.000 kendaraan bus.

Toilet WC Umum

Menyandang objek wisata Internasional di Kabupaten Malang, maka dapat dipastikan telah menyediakan WC umum bersih dan representatif di berbagai titik lokasi serta tak sulit bagi wisatawan mengakses. Lantaran selain tertera papan petunjuk arah juga bisa langsung bertanya kepada petugas resepsionis atau petugas keamanan.

Rumah Makan

Beberapa outlet penjual makanan-minuman ringan hingga sekelas restoran cepat saji dan rumah makan tersedia di tiap sudut lokasi wisata. Baik di zona Eco Green Park, museum Satwa dan Secret Zoo. Sehingga tak perlu bingung ketika perut terasa lapar dan haus lantaran sobat bakal berada di lokasi wisata seharian penuh.

Tempat Ibadah

Bagi wisatawan beragam islam, tak perlu repot-repot mencari tempat ibadah untuk menjalankan sholat lima waktu di sela-sela aktivitas berwisata.

Lantaran dekat tempat parkir kendaraan berada di seberang sungai atau lebih tepatnya di depan pintu gerbang Eco Green Park telah tersedia sebuah masjid berukuran lumayan besar.

Penginapan Hotel

Seperti kita ketahui bila Jatim Park 2 Batu Malang ini berada di lahan sangat luas serta tersedia puluhan mungkin ratusan wahana permainan edukasi menyenangkan. Sehingga bila mengunjungi semua lokasi dan wahana tersebut tidak cukup seharian penuh, ya setidaknya membutuhkan waktu 2 hari.

Oleh sebab itu pihak pengelola wisata telah menyediakan penginapan unik mirip pohon diberi nama pohon Inn Hotel. Ketika musim liburan pohon Inn Hotel bisanya penuh oleh wisatawan, lantaran mereka menginap di hotel Jatim Park 2 Malang ini juga dapat menikmati diskon harga tiket.

Bila fasilitas hotel berada naungan manajemen wisata Jatim Park 2 ini penuh, maka sobat tak perlu khawatir karena di sekitar lokasi wisata telah tersedia penginapan dan hotel dengan fasilitas juga tarif bervariasi.

Lokasi Jatim Park 2 Malang

Bagaimana, sobat berminat nih liburan ke sini ya tapi ada baiknya ketahui dulu ya lokasi wisata berada di Jalan Oro-Oro Ombo nomor sembilan, Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu, Malang Jawa Timur. Lokasi wisata berada di kawasan perkotaan Batu, tentu wisatawan datang ke mari tak bakal mengalami kesulitan hendak mencari lokasi wisata, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

wisata batu malang
sumber foto : instagram,com/explore_batu

Cuman bagi wisatawan hendak melakukan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi dan baru pertama kali berkunjung, maka di sarankan menggunakan alat batu GPS ya, perlu sobat ketahui bila Kota Batu, tak lagi menjadi bagian Kabupaten Malang ya.

Misal nih perjalanan di mulai dari Pare Kediri, Kandangan, Ngantang sampai pujon sebelum sampai Kota Batu. Bagi berangkat dari Kabupaten Blitar bisa melewati Wlingi, Tulungrejo dan Ngantang lalu melewati Pujon dan Kota Batu.

Sobat datang dari Kota Surabaya bisa menggunakan Tol Surabaya, Gempol dan keluar di Gempol, lalu masuk lagi tol Gempol – Pandan. Setelah keluar dari Pandan, perjalanan bisa dilanjutkan menuju Singosari, Malang hingga Kota Batu. Datang dari Malang malah lebih mudah lagi karena jarak menuju Kota Batu hanya 20 Kilometer saja.

Zona Jatim Park 2 Malang
sumber foto : instagram,com/clawfiremanagement

Bila sobat memutuskan memakai kendaraan transportasi umum, ada empat lokasi bisa dijadikan pedoman yakni terminal Arjosari Malang, Bandara Abdulrahman Saleh, Stasiun Malang dan terminal Kota Batu.

Bila menggunakan transportasi udara, sesampai di bandara Abdulrahman Saleh, bisa naik taksi menuju terminal Arjosari. Sesampai di terminal Arjosari Landungsari, silahkan naik angkot BJL jurusan Landungsari – Junrejo – Batu dan turun di lokasi wisata.

Sedangkan turun di terminal Kota Batu bisa naik angkutan umum BJL jurusan Batu – Junrejo – Landungsari dan turun di lokasi wisata. Sementara wisatawan menggunakan transportasi umum seperti kereta api, begitu keluar dari stasiun Malang, bisa naik angkot AL jurusan Arjosari – Landungsari atau angkot ADL jurusan Arjosari – Dinoyo – Landungsari dan turun di terminal Landungsari. Di terminal Landungsari, silahkan ganti naik angkutan umum BJL jurusan Landungsari – Junrejo – Batu dan turun di lokasi wisata.

Agar sampai di lokasi wisata bukan lah hal sulit, terlebih sudah sampai di kawasan Batu Malang. Lantaran selain semua orang lalu lalang di pinggiran jalan bisa bertanya kepada mereka, tentu kalau warga setempat pasti tahu nih jalan menuju ke Jatim Park 2 Batu. Bangunan Ferris Wheeles megah bisa dilihat dari kejauhan dan bisa dijadikan sebagai petunjuk arah.

wisata Jatim Park 2 Malang
sumber foto : instagram,com/uyun_arofah

Harga Tiket Masuk Jatim Park 2 Kota Batu

Sekarang kita bahas ya berapa sih kira-kira harga tiket masuk di sini ? mahal ngk ya. Yuk tunggu apa lagi berikut daftar tiket masuk wisata.

  • Senin – Jumat museum satwa dan secret zoo Rp. 75.000 per orang
  • Senin – Jumat museum satwa, secret zoo dan eco green park Rp. 95.000 per orang
  • Sabtu – Minggu dan musim liburan museum satwa dan secret zoo Rp. 105.000 per orang
  • Sabtu – Minggu dan musim liburan museum satwa, secret zoo dan eco green park Rp. 125.000 per orang

Kadang ada promo dari pengelola wisata seperti buy one get one free, promo nasabah BNI, promo nasabah Mandiri dan promo-promo lainnya, silahkan cek di offical website PT Jawa Timur Group.

Jatim Park 2 Kota Batu
sumber foto : instagram,com/milarosinta

Bila ada pertanyaan seputar objek wisata sobat silahkan hubungi nomor telepon (0341) 5025777. Jam buka dan tutup wisata yakni jam 10.00 WIB hingga tutup pada pukul 18.00 WIB.

Tips Wisata Di Jawa Timur Park 2

Agar nantinya kegiatan wisata sobat merasa berkesan dan lebih menyenangkan, maka ada baiknya simak yuk tips wisata di bawah ini.

  1. Sebelum beberapa hari pemberangkatan liburan, maka ada baiknya cek terlebih dulu website resmi Jatim park 2 Malang, bila ada promo maka sobat bisa mengambil promo tersebut, tapi perhatikan dulu ya syarat dan ketentuan berlaku ya.
  2. Baiknya sih datang 1 atau 2 jam sebelum loket dibuka yakni jam 09.00 WIB, tujuannya bisa mengurangi jumlah antrian dan bisa mengunjungi lebih banyak wahana.
  3. Tak perlu repot-repot membawa makanan dari rumah, lantaran pihak pengelola melarang wisatawan membawa makanan-minuman dari luar, hal tersebut dengan adanya penggeledahan di dalam area pengecekan saat wisatawan sebelum melewati pintu masuk.
  4. Sediakan dana cukup ketika membeli tiket masuk ya, lantaran pembelian tiket dilayani menggunakan uang cash guna menghindari panjangnya antrian.

    Bila merasa uang di dompet kurang, maka di sekitar lokasi wisata terdapat mesin ATM berada di sebelah kanan Inn hotel atau sekitaran pintu keluar Secret Zoo dan depan loket masuk.
  5. Lantaran tempat rekreasi keluarga Malang ini buka sampai pukul 18.00 WIB, bagi wisatawan datang dari luar kota yang masih ingin melanjutkan kegiatan wisata setelah keluar dari lokasi wisata, bisa menuju ke beberapa lokasi wisata terdekat lainnya.
  6. Bagi wisatawan datang membawa anak-anak atau tidak terbiasa perjalanan jauh, sebaiknya membawa e-bike atau sepeda motor mini elektrik untuk digunakan berkeliling di area wisata.

    E-bike disewakan seharga Rp. 100.000 per tiga jam, cara penyewaan bisa dilakukan di lokasi wisata atau perjalanan menuju tempat wisata dengan terlebih dulu berkirim pesan SMS. Sesampai di lokasi wisata, petugas baka mengantarkan motor mini dan siap digunakan wisatawan berkeliling lokasi wisata.
  7. Seperti kita ketahui kalau Kota Batu merupakan kota cukup dingin, maka ada baiknya persiapkan pakaian hangat seperti sweeter atau jaket atau jumper.

    Kenakan pakaian tersebut bila sobat merasakan kedinginan, lalu copot pakaian hangat ketika merasa panas atau pun wisata dipadati oleh pengunjung lain. Lantaran pada kondisi padat wisatawan seperti ketika weekend atau musim liburan panjang, udara Kota Batu biasanya dingin berubah menjadi cukup panas loh.
  8. Gunakan sandal atau sepatu nyaman ketika digunakan berjalan, lantaran jarak tempuh berkeliling area wisata lumayan melelahkan.
  9. Bila berkunjung bersama anak-anak, bawa lah pakaian renang serta pakaian gantinya juga.

    Pasalnya ketika berada di area Fantasy Land ada waterboom untuk tempat berenang anak-anak, terus ada lagi wahana beach boat yang biasanya wahana-wahana tersebut membuat baju anak basah.

    Satu lagi persiapkan kaos kaki dari rumah ya, karena pas di wahana Fun House yang ingin masuk ke dalam area harus menggunakan kaos kaki, bila tidak membawa kaos kaki, maka bisa membeli kaos kaki seharga Rp. 10.000 per pasang.
Jatim Park 2 Batu Malang
sumber foto : instagram,com/bambang_wahyudii

Sekian artikel tentang Panduan Lengkap Dan Terbaru Wisata Jatim Park 2 Malang Jatim, maaf ya sob artikel nya panjang banget kira-kira 4.500 kata hehe. Oh ya bila artikel ini memberikan manfaat atau pun sekedar hiburan, silahkan baca artikel lain di situ datawisata.com seputar objek wisata, wisata kuliner dan daftar penginapan berbagai daerah, terimakasih.