Panduan Lengkap Wisata Taman Mini Indonesia Indah Jakarta

Salah satu objek wisata tertua di Indonesia, taman mini Indonesia Indah atau kerap dipanggil dengan TMII, masih menjadi destinasi wisata terbaik di Jakarta bahkan Indonesia. Hal tersebut terlihat jumlah wisatawan datang tiap harinya tak pernah sepi, terlebih ketika memasuki musim liburan, maka dapat dipastikan lokasi wisata dipenuhi oleh wisatawan dari berbagai daerah bahkan wisatawan mancanegara.

Taman Mini Indonesia Indah
sumber foto : instagram,com/ilovetamanmini

Dari generasi hingga generasi wisatawan datang ke sini tak cuman sekedar mengisi kegiatan liburan menyenangkan saja. Namun juga menambah wawasan dan pengetahuan seputar adat-istiadat, sumber daya alam, budaya dan segala sesuatu berhubungan dengan Indonesia.

Tak salah jika banyak wisatawan mengatakan bahwa mereka datang ke taman mini Jakarta untuk lebih dekat mengenali Indonesia kepada adik-adik dan anak-anak mereka. Justru hal tersebut dapat menimbulkan rasa cinta tanah air kepada anak-anak dengan melihat benda-benda seperti kesenian, flora-fauna dan budaya dari seluruh daerah di Indonesia, tentunya selain mencoba menaiki wahana rekreasi tersedia di sini.

Objek wisata taman mini Indonesia Indah memberikan kesenangan, suguhan lengkap kepada wisatawan baik rekreasi liburan seru dan sarana prasarana menambah pengetahuan sehingga menambah rasa cinta tanah air.

Di mana semua itu direpresentasi lewat tiga puluh empat ajungan berupa rumah adat seluruh wilayah nusantara, enam belas museum menambah pengetahuan dan wawasan, bangunan-bangunan keagamaan dan sepuluh taman berisi flora-fauna dan sejumlah wahana hiburan rekreasi dan teater sebagai sarana rekreasi menyenangkan.

taman mini Jakarta
sumber foto : instagram,com/srlrstm2

Menilik menyuguhkan wahana komplit membuat taman mini Indonesia Indah berbeda dari destinasi wisata lainnya, tak cuman di Indonesia bahkan wisata sekelas Internasional pun tak ada menyamai nya. Itu lah mungkin alasan hingga sekarang TMII menjadi salah satu destinasi wisata paling diminati oleh wisatawan untuk senantiasa berkunjung ke sana.

Sejarah Taman Mini Indonesia Indah

Sebelum kita membahas ke pembahasan lebih dalam, bagaimana kalau kita bercerita dulu ya seputar sejarah objek wisata tertua di Indonesia ini. Taman mini Jakarta menempati lahan seluas 150 hektar, masih berada di wilayah Jakarta timur.

Awal mula gagasan menjadikannya sebagai miniatur Indonesia dan segala sesuatu isinya dicetus oleh bu Siti Hartinah, atau lebih dikenal sebagai ibu Tien Suharto (istri bapak presiden Republik Indonesia Ke-2). Kala itu pak Suharto menyampaikan dalam pidatonya di depan para anggota dewan DPR pada tahun 1971.

Gagasan tersebut akhirnya dilanjutkan dipaparkan oleh menteri dalam negeri pak Amir Mahmud didampingi oleh ibu Tien Suharto pada penutupan rapat kerja di istana negara yang kala itu dihadiri oleh Bupati, Gubernur dan walikota seluruh Indonesia. Akhirnya keluar lah surat keputusan resmi pemerintah menunjuk Nusa Consultans agar membuat study kelayakan dan rencana utama.

pentas seni taman mini
sumber foto : instagram,com/ilovetamanmini

3,5 bulan kemudian tugas tersebut telah rampung, lalu ditindak lanjutkan proses pembangunan dimulai pada 30 juni 1972. Proses pembangunan dilakukan secara bertahap proses demi proses hingga benar-benar rampung digarap dan diresmikan pada 20 april 1975. Walaupun telah dibuka buat umum, proses pembangunan dan pengembangan berbagai wahana masih terus dilanjutkan hingga sekarang.

Itulah mengapa ketika pertama kali dibuka taman mini Indonesia Indah hanya ada 27 anjungan rumah adat, sejalan dengan berjalan waktu maka beberapa kali dilakukan pemekaran wilayah dan bertambahnya jumlah provinsi di Indonesia, sehingga membuat anjungan di TMII pun ikut bertambah, kini setidaknya terdapat 33 rumah adat.

Sedangkan maskot utama taman mini nasional diresmikan pada ulang tahun ke-16 atau kala itu pada peringatan dwi windu usia wisata yaitu pada tahun 1991. Yap maskot tersebut diberi nama NITRA merupakan kependekan dari Anjani Putra berwujud tokoh wayang yang cukup akrab bagi warga Indonesia yakni Hanoman.

pertunjukan di taman mini
sumber foto : instagram,com/ilovetamanmini

Keragaman Nusantara

Berada di lahan super luas, wisatawan bakal kurang mampu menikmati keragaman dan wahana di sini, waktu satu sampai 2 hari saja dirasa belum cukup berkeliling dan mengunjungi tiap sudut taman mini di Jakarta. Begitu halnya menceritakan secara rinci, sepertinya butuh buku tersendiri, lantaran memang cukup banyak hal dapat ditulis dari taman mini Indonesia Indah.

Setidaknya memberikan gambaran singkat, agar dapat lebih menikmati keseruan wisata TMII secara menyeluruh, bagi sobat memiliki waktu terbatas, maka wajib nih berkunjung 5 area utama di sini yakni anjungan daerah, museum, taman rekreasi, wahana dan bangunan tempat ibadah.

Anjungan Daerah

Berada di area anjungan, sobat bakal mengelilingi sebuah danau Arsipel Indonesia, ditengah danau ada pulau-pulau mini berbentuk menyerupai kepulauan nusantara. Total ada 33 anjungan daerah dibangun secara berderet sebagai simbol pemersatu kesatuan bangsa Indonesia.

anjungan taman mini
sumber foto : instagram,com/anana213

Tiap-tiap anjungan berisi bangunan rumah adat setiap Provinsi di Indonesia. Disertai ciri arsitektur tradisional sebagaimana rumah adat asli di Provinsi tersebut mulai dari bentuk, bagian atap, pintu, jendela, ukuran, susunan bangun ruang hingga keragaman hiasan di dalam ruangan.

Dengar-dengar nih rumah adat di TMII itu sebagai berupa rumah adat asli loh, maksudnya ada beberapa bangunan dibawa langsung dari daerah asalnya. Misal nih seperti bangunan Rumoh Aceh Cut Meutia yang disusun bentuk utuh dari daerah asal Nanggroe Aceh Darussalam.

Setiap Provinsi sekurangnya ada tiga rumah adat yang digunakan sebagai lokasi pameran berbagai pakaian adat, hasil budaya, hasil kerajinan, benda sejarah, peralatan seni dan warisan bangsa pada tiap Provinsi.

anjungan tmii
sumber foto : instagram,com/kalak_karo

Diharapkan dengan adanya anjungan daerah yang diantaranya rumah adat dan segala sesuatu berhubungan masing-masing Provinsi, akan memberikan edukasi berharga kepada masyarakat terutama kalangan anak-anak hendak mempelajari keragaman Indonesia.

Wahana Rekreasi

Destinasi wisata terbaik di Jakarta ini tak cuman menawarkan sisi edukasi saja, melainkan para wisatawan bakal dimanjakan dengan beragam wahana permainan.

Kereta Gantung

Diberi nama Skylift atau kereta gantung, merupakan wahana rintisan pertama di Indonesia. Wisatawan bakal mengendarai wahana skylift, maka bisa menikmati keindahan lanskap TMII dari ketinggian. Wahana skylift mulai dioperasikan pertama kali peresmian TMII, hebatnya sampai sekarang masih menjadi salah satu wahana favorit taman mini Indonesia Indah.

kereta gantung taman mini indonesia
sumber foto : instagram,com/ilovetamanmini

Taman Legenda Keong Mas

Taman ini mengandung unsur wahana rekreasi yang mengandung unsur edukasi dan budaya. Beberapa fasilitas di taman keong mas di taman mini Jakarta seperti museum Asmat, teater legenda, pojok edukasi, taman legenda, petualangan dinosaurus, arkeolog cilik, nirwatga kisar, mobil tanjak, bajak laut, kereta beos dan masih banyak lainnya.

Titian Samirono

Kereta aeromovel berjalan menggunakan tenaga angin di jalan yang berada tepat diatas permukaan tanah setinggi enam meter, panjang lintasan sekitar 3,2 kilometer dan kecepatan 15 sampai 20 kilometer per jam. Dengan begitu akan membuat wisatawan bisa menikmati keindahan area TMII sepuasnya.

Snowbay Waterpark

Informasi dari pengelola wisata, taman air ini dirancang khusus sebagai destinasi wisata tingkat internasional dengan mengusung konsep pegunungan salju sehingga menciptakan suasana nyaman serta menyenangkan.

kolam renang taman mini indonesia indah
sumber foto : instagram,com/nadiasilfanny

Wahana terpapar di atas lahan seluas tiga hektar Snowbay dilengkapi sejumlah permainan air seperti kolam ombak, kids pool, kolam arus, tots pool, bombaster, play pool dan cool running. Selain itu terdapat pula beberapa fasilitas pendukung seperti VIP cabana, spa & jacuzzi, food court dan cafe polaris.

Pemancingan Telaga Mina

Nah ada wahana cocok banget bagi sobat hobi mancing, tersedia kolam pancingan seluas 1.000 meter persegi yang diisi taman teduh nan asri. Telaga Mina merupakan kolam tak cuman sebagai perantara menyalurkan hobi, tetapi juga sebagai tempat olah raga serta olah rasa.

Itu lah alasannya pemancingan yang berlaku di sini menggunakan sistem galatama atau sistem kompetensi dengan jumlah pemancingan serta waktu yang dibatasi.

Teater 4 Dimensi

D’Motion alias teater empat dimensi merupakan pengembangan dari film 3 dimensi, sehingga penonton menikmati film diputar seolah-olah bersentuhan dengan objek tokoh-tokoh serta suasana pada film. Teater empat dimensi berada di taman mini dibangun lahan seluas 1.098 meter dengan daya tampung kurang lebih 260 penonton.

Istana Anak Indonesia

Bangunan berbentuk istana seperti halnya istana pada dongeng-dongeng HC Andersen, sehingga menciptakan daya tarik tersendiri terutama bagi kalangan anak-anak. Di dalam istana anak Indonesia ada sarana belajar menyenangkan berupa alat-alat peraga IPTEK musik diatonik & pentatonik dan berbagai alat permainan menyehatkan namun mendidik.

Teater Imax Keong Mas

Teater Imax Keong Mas
sumber foto : instagram,com/indonesiahiddenheritage

Bangunan teater memiliki bentuk seperti keong mas raksasa merupakan tempat pertunjukan serta pemutaran film khusus teknologi tinggi. Melalui teknologi dikembangkan, dimana teater IMAX bisa meng-upgrade sistem serta menjalankan film dengan teknologi IMAX digital Re-Mastering dengan kualitas gambar dan juga suara memukau.

Taman Rekreasi

Di lokasi wisata taman mini Indonesia Indah setidaknya terdapat sembilan taman terbagi menjadi tiga kategori yakni dua taman monumental berupa prasasti APEC dan monumen persahabatan negara non blok, lalu ada empat taman flora terbagi dari taman legenda keong mas, taman melati, taman kaktus dan taman apotik hidup.

Selain itu ada lima taman fauna terdiri dari taman kupu-kupu, satu taman budaya Tionghoa, taman reptilia, taman burung dan dunia air tawar. Berikut info lebih jelasnya.

museum fauna taman mini indonesia
sumber foto : instagram,com/ilovetamanmini

Taman Budaya Tionghoa

Konsep khas etnik Tionghoa memenuhi di lahan seluas 4,5 hektar di taman yang diresmikan oleh pak presiden Soeharto pada tanggal 8 November 2006. Hal tersebut bisa dilihat melalui desain arsitektur bangunan, artefak, desain taman dan foto-foto lainnya.

Pada area komplek taman ini dapat ditemui komplek perkampungan kecil masyarakat Tionghoa yang cukup populer disebut Pecina dengan berbagai pernak-pernik didominasi warna keberuntungan, menurut kepercayaan Cina seperti warna merah atau pun warna kuning emas.

Ada pula properti khas Tionghoa seperti sepasang tiang naga, jembatan batu Sampek Eng Tay, patung dewi bulan, patung Kwan Kong, museum Laksamana Ceng Ho dan Gazebo danau.

Taman Prasasti Apec

Taman berupa prasasti ditandatangani oleh sepuluh orang first lady yang mendampingi mereka pada pertemuan persahabatan para pemimpin negara-negara mengikuti konferensi pers APEC bulan november 1994.

Taman Burung

Berada di lahan seluas enam hektar, taman burung dibangun dalam bentuk sangkar kubah yang terdiri dari 9 kubah dengan penataan koleksi didasarkan atas zona zoogeografi atau pola persebaran burung. Terdapat 175 jenis burung dengan jumlah mencapai ribuan ekor membuat taman burung tercatat mempunyai koleksi burung paling lengkap di Indonesia.

Monumen KTT Non Block

Didirikan untuk mengenang semangat KTT X gerakan Non Block. Bentuk monumen berupa bola dunia ditopang air mancur berhias 5 ekor burung merpati di tengah.

Di area monumen ditanam 108 pohon perwujudan persahabatan dan pohon-pohon itu terdiri dari berbagai jenis untuk melambangkan 108 negara yang menjadi bagian negara-negara non block. Area sekitar monumen dirasa cukup luas, membuat tempat tersebut kerap kali dijadikan sebagai tempat menggelar pameran, live musik, konferensi dan lain-lain.

Taman Bekisar

Lokasi taman berlokasi di area empat ribu meter persegi, lokasi taman bekisar sebagai tempat berbagai kegiatan berhubungan dengan hewan ayam bekisar. Mulai budidaya, latihan, penangkaran, mesin penetas, sarana perawatan hingga pelaksanaan lomba ayam bekisar skala taraf nasional hingga internasional.

Hewan ayam bekisar merupakan ayam hasil perkawinan antara ayam kampung betina dengan ayam hutan jantan. Sehingga menghasilkan ayam bekisar memiliki tubuh tegap berbulu indah dan mengkilat dengan bentuk pial indah, tentunya mempunyai suara merdu.

Taman Kaktus

Seperti halnya wisata edukasi lainnya loh di sini pun juga terdapat tempat konservasi berupa rumah kaca dengan bentuk atap bulat menyerupai pohon kaktus. Taman kaktus memiliki koleksi tiga puluh dua kaktus dan sukulen dari spesies dalam negeri maupun berasal dari manca negara.

Spesies kaktus dan juga sukulen luar negeri di taman kaktus antara lain Gimnogayumus Hibotan dan Avage Parasana dari negara Belgia, Melocactus dan Echimocatus Grusonii dari negara Sakura, Cleistocatus stausil dan Opuntia Microdasys dari negara Meksiko dan masih banyak tanaman kaktus langkah lainnya.

Dunia Air Tawar

Wahana Taman mini Indonesia ini merupakan taman biota air tawar paling lengkap dan paling besar pertama di kawasan Asia dan merupakan kedua di dunia, dimana memiliki koleksi mencapai 6.000 jenis dari 126 spesies kawasan perairan Indonesia dan dari berbagai penjuru dunia yang meliputi reptilian, taman air dan ikan crustacean.

Taman akuarium dilengkapi sejumlah sarana-prasarana seperti museum, pojok Reptilia, auditorium, ruang karantina, perpustakaan, lorong gurame dan akuarium raksasa.

Taman Apotek Hidup

Berada di lahan seluas 6.000 meter persegi, taman ini mengoleksi sebanyak 400 jenis tanaman obat dari seluruh wilayah Indonesia. Taman obat tersebut terdiri dari tiga jenis antara lain tanaman obat sudah dibudidayakan seperti kunyit, jahe, daun siri, kumis kucing dan tanaman langka seperti tanaman obat yang sedang dilakukan proses penelitian yakni Telosom (Talium Paniculatum), Kedawung (Parkia Bigtobosa Auct) dan kayu rapet (Parameria Barbata Schum).

Tak cuman area taman saja di sini pun dilengkapi fasilitas function hall, Galeria Jamu Herbal, tempat spa and massage. Wisatawan bisa menikmati segala fasilitas tersedia begitu pula diperbolehkan membeli bibit tanaman obat dengan harga terjangkau.

Taman Melati

Taman melati merupakan taman berada di lahan seluas 2.226 meter persegi dilengkapi beberapa sarana antara lain patung dewi Melati, pendopo berukuran besar 200 meter persegi, bangku taman, ruang terbuka hijau dan kolam air mancur.

Fasilitas di sana kerap kali dimanfaatkan untuk mengelar berbagai acara pertemuan dan pesta kebun dengan kapasitas 500 orang. Mulanya tempat ini merupakan tempat pembibitan aneka bunga.

Bersamaan dengan ditetapkan tanaman melati sebagai puspa bunga atau bunga nasional pada tahun 1994, wahana taman mini ini pun berfungsi menjadi taman melati yang mengkoleksi serta budidaya berbagai jenis melati dan tanaman hias lainnya.

Museum

Menilik konsep utama objek wisata edukasi dan permainan, maka pengelola telah menyediakan beberapa museum agar menambah pengetahuan serta wawasan para wisatawan. Berikut sejumlah museum di taman mini Indonesia Indah sebagai sarana edukasi.

Museum Pusaka

museum pusaka
sumber foto : instagram,com/ilovetamanmini

Di sini sobat bakal menemukan berbagai jenis pusaka di seluruh Indonesia dari jaman ke jaman beserta informasi terkait pusaka tersebut. Museum menempati pada lahan seluas 1.535 meter persegi dengan bagian atap berbentuk keris menjulang.

koleksi dari pusaka di Museum ini diantaranya merupakan pusaka kala itu melegenda seperti Karih dari Sumatera, Kujang dari Pajajaran, Keris Nagasasra Sabuk Inten dari jaman Mataram dan Kudi dari jaman Tuban dan masih banyak pusaka lainnya.

Museum Indonesia

Bentuk museum berarsitektur ala pulau dewata Bali, terdapat tiga lantai pada masing-masing lantai menampilkan koleksi dengan tema spesifik dan berbeda antara satu dengan lainnya.

Lantai pertama mengambil tema Bhinneka Tunggal Ika dengan koleksi berbagai macam baju adat dan pakaian pengantin, lalu di lantai dua bertema manusia dan lingkungan dan terakhir pada lantai tiga bertemakan seni dan kriya yang memamerkan berbagai macam hasil kesenian.

Museum Keprajuritan Indonesia

Museum Keprajuritan
sumber foto : instagram,com/ilovetamanmini

Bentuk bangunan menyerupai benteng yang melambangkan pertahanan bangsa Indonesia dan berada di lahan seluas 4,5 hektar dengan bangunan seluas 5.500 meter persegi.

Di halaman depan museum terdapat danau buatan dilengkapi dermaga mini dan dua kapal tradisi khas Banten dan Bugis. Yap dermaga tersebut merupakan simbol ketahanan armada maritim Indonesia.

Museum Transportasi

Segala macam koleksi sarana transportasi di Indonesia semua ada di sini. Seperti transportasi tradisional hingga modern semua ada di sini, juga angkutan darat, laut dan udara.

Berbeda dengan wisata museum angkut di Malang milik swasta, kalau museum transportasi di sini milik Kementerian Perhubungan dibangun di lahan seluas 6,25 hektar dilengkapi beberapa model alat transportasi yang dipamerkan secara indoor maupun outdoor.

Museum Putra Bhakti Pertiwi

Museum yang terdapat koleksi benda-benda sejarah diperoleh oleh pak Presiden Soeharto selama mengabdi kepada negara, kala itu ketika masih jaman perjuangan kemerdekaan hingga sampai proses pembangunan negara.

Berada di lahan seluas 2,5 hektar, dimana bentuk bangunan cukup unik dengan bagian atap berbentuk kerucut menyerupai kuliner tumpeng.

Museum Minyak Dan Gas Bumi

Museum dibangun di lahan seluas 11.000 meter persegi. Bentuk museum nampak unik, pasalnya berbentuk anjungan lepas pantai atau anjungan eksplorasi terdapat dua bangunan pendukung berbentuk gilik atau bundar mirip seperti tangki simpan minyak.

Di dalam museum wisatawan bisa belajar banyak hal berkaitan kegiatan pengeboran, mengelola hasil minyak gas-bumi hingga proses pendistribusinya.

Museum Olah Raga

Berada di gedung tiga lantai, berdiri di atas lahan 1,5 hektar dengan luas bangunan 3.000 meter persegi. Pada lantai pertama sobat bakal melihat pameran perjuangan putra-putri Indonesia ketika mengikuti event-event olah raga tingkat dunia.

Pada lantai dua memamerkan beberapa olah raga tradisional di Indonesia, peralatan olah raga dan atlit-atlit pernah membanggakan Indonesia di kanca Internasional pada bidang olah raga.

Sedangkan pada lantai teratas berisikan diorama menyajikan permainan tradisional yang ada berbagai provinsi dalam bentuk patung serta gambar lukisan yang memiliki ukuran seperti ukuran asli.

Museum Prangko Indonesia.

Bangunan museum prangko dibangun diatas lahan seluas 9.590 meter persegi, desain bangunan ala arsitektur bergaya bali. Selain memamerkan benda-benda pos utamanya, berbagai macam prangko dari dalam hingga luar negeri mulai dari prangko terbitan 1800-an sampai ada pula prangko jaman sekarang, dimana prangko tersebut sampai sekarang masih digunakan kantor PT POS Indonesia.

Museum Listrik Dan Energi Baru

Sebagai museum science memiliki koleksi peragaan berhubungan tenaga kelistrikan serta energi baru dan terbarukan. Ruangan sejuk, desain interior unik dengan halaman asri membuat para wisatawan utamanya para siswa dan mahasiswa yang hendak menambah pengetahuan tentang energi listrik dapat belajar dengan suasana berbeda sekaligus nyaman.

Bangunan Ibadah

Destinasi wisata Jakarta ini mendirikan bangunan-bangunan tempat ibadah bagi agama yang diakui oleh pemerintah Indonesia. Yap hal tersebut merupakan bentuk isyarat pesan tentang kerukunan antar umat beragama di Indonesia yang telah dianut berabad-abad silam.

Masjid Pangeran Diponegoro

Masjid iconic di taman mini berada di lahan seluas 2.850 meter persegi, memiliki luas bangunan 760 meter persegi yang terdiri dua lantai dengan tutup kubah setinggi 26 meter.

Lantai satu dimanfaatkan tempat jamaah, tempat wudu, kamar mandi, ruang guru, dapur, gudang, perpustakaan. Sedangkan di lantai dua untuk mihrab dan tempat imam khatib.

Selain dimanfaatkan untuk kegiatan rutin keagamaan, masjid juga kerap kali digunakan melaksanakan akad nikah serta acara tasyakuran. Dimana acara tersebut baik dilaksanakan secara sederhana maupun dengan pesta meriah, lantaran tepat depan masjid dapat digunakan acara resepsi.

Sasono Adiroso Pangeran Sambernyowo

Objek wisata ini digunakan sebagai tempat ibadah para penganut aliran dan kepercayaan dan kebatinan. Sebab nama Pangeran Sambernyowo merupakan seorang tokoh bangsawan Surakarta sakti, ahli strategi perang dan merupakan pemimpin rakyat ketika melawan VOC.

Yap gedung Sasono Adiroso dibagi menjadi dua bagian pertama pendopo berfungsi sebagai kegiatan sarasehan dan gedung Pasucen yang difungsikan sebagai tempat menyucikan diri. Gedung berbentuk pendopo besar dengan atap bersusun tiga.

Wihara Arya Dwipa Arama

wihara tmii
sumber foto : instagram,com/na_niina09

Bangunan tempat ibadah umat Buddha ini didesain sedemikian rupa menyerupai stupa Candi Borobudur dilengkapi lambang Prapta, Cakra, dan Pratina Suta.

Yap berbentuk setengah lingkaran didominasi warna kuning emas, bangunan ibadah dikelilingi oleh kolam sehingga selain mempercantik sisi eksterior juga menciptakan suhu dingin di dalam ruangan wihara. Tempat ibadah ini tak hanya melayani umat pada hari-hari besar saja loh, tapi juga melayani pelaksanaan ibadah rutin.

Klenteng Kong Miao

Bagi umat konghucu di sini telah disediakan tempat ibadah klenteng terdiri dari tiga bangunan yakni klenteng keberkahan (Qi Fu Dian), nabi agung (Da Cheng Dian) dan altar suci (Tian Tan).

Da Cheng Dian bangunan berbentuk 4 persegi panjang terdiri dari dua lantai dengan desain ala Tiongkok, lantai dasar dimanfaatkan sebagai kantor dan juga perpustakaan sedangkan lantai atas digunakan tempat kebaktian.

Qi Fu Dian berbentuk bujur sangkar 81 meter persegi yang ditopang oleh delapan tiang di dalamnya terdapat altar untuk bersembahyang, lilin-lilin dan juga buah-buahan di atas piring diletakkan secara sejajar. Sedangkan Tiang Tan berbentuk bundar beratap tiga susun dengan tiap bagian atas atap dihiasi guci sebagai meletakkan dupa.

klenteng taman mini
sumber foto : instagram,com/danyfirmansyah_

Gereja Katholik Santa Catharina

Gereja di taman mini ini berdiri di lahan seluas 2.860 meter persegi dengan luas bangunan 1.030 meter persegi. Bentuk bangunan dibuat menyerupai gereja Santa Catharina Surabaya dengan gaya arsitektur khas Roma kuno, tapi atap bangunan bercirikan bangunan tradisional Jawa.

Bangunan terbagi menjadi dua bagian yakni bagian utama dan aula. Bangunan pertama difungsikan sebagai ruang jemaat dan ruangan pengampunan, nah untuk bagian aula digunakan ruangan pastor, toilet, kantor dan perpustakaan.

Pura Penataran Agung Kertabumi

Nah bagi sobat pemeluk agama Hindu, di sini pun juga tersedia pura bangunannya menyerupai pura-pura yang ada di pulau dewata Bali dengan didasari filsafat Astha Kosala Kosali.

pura tmii
sumber foto : instagram,com/andiniprms_

Pada bagian bangunan utama terdiri pintu masuk ketika upacara (gerbang candi Bentar), altar Pad Masana sebagai tempat pemujaan, Bali Gong tempat pertunjukan kesenian, padu rasa dan balai kul-kul sebagai tempat kentong.

Gereja Kristen Protestan Haleluya

Gereja penganut agama Kristen Protestan ini dibagi menjadi bangunan utama untuk ruang jemaat, ruang ganti, ruang sound dan ruang pastori. lalu ada pula bangunan samping berfungsi sebagai aula, kantor, gerai cinderamata kolportase, toilet, perpustakaan dan dapur.

Desain arsitektur gereja perpaduan gaya barat pada era 1930-an dengan dinding luar berbahan keramik berwarna putih. Disamping untuk kebaktian, gereja Haleluya juga difungsikan sebagai pemberkatan pernikahan dan berbagai kegiatan agama misal seperti paskah, perayaan natal dan kegiatan agama lainnya.

Fasilitas Wisata

Sebagai objek wisata berada di lahan sangat luas dan memiliki beragam wahana, tentu pihak pengelola benar-benar memperhatikan segala fasilitas agar memberikan kemudahan kepada para wisatawan. Fasilitas tersebut dikategorikan menjadi toko kerajinan tangan, persewaan gedung, restoran, transportasi umum, toilet dan hotel.

spot foto taman mini indonesia
sumber foto : instagram,com/srlrstm

Pengelola menyediakan penyewaan lahan dan beberapa gedung dengan budget lebih terjangkau bila mana wisatawan hendak melaksanakan berbagai kegiatan. Misal seperti pesta pernikahan, wisuda, gathering, pagelaran pesta seni dan acara lainnya.

Tak cuman itu saja, luas taman mini Indonesia yang mencapai 150 hektar juga menyediakan berbagai macam sarana prasarana transportasi misal seperti wahana sepeda listrik, mobil keliling dan sepeda wisata yang tentu saja memberikan pengalaman wisata lebih menyenangkan. Sebaiknya sobat datang ke mari ketika pagi hari saja sob, sehingga sobat tak perlu mengantri dan lebih menghemat waktu.

Lokasi Taman Mini Nasional

Salah satu theme park edukasi terbaik di Indonesia ini masih masuk dalam regional Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta. Detailnya berada tepat di Jalan Raya Taman Mini. Berikut dibawah ini peta navigasi mungkin bisa sobat gunakan ketika mencari objek wisata.

Lantaran lokasi wisata tepat berada di pusat kota, tentu banyak pilihan rute menuju ke taman mini Indah. Beberapa alternatif angkutan umum yang bisa sobat naik seperti bus trans Jakarta dan busway. Wisatawan datang dari Rangunan silahkan naik angkutan umum bernomor KWK S 15A jurusan Rangunan ke Taman Mini atau pinang ranti. Bagi datang dari Cilitan, silahkan naik angkot KWK T01 ke arah Setu.

acara keagamaan tmii
sumber foto : instagram,com/ilovetamanmini

Bagi sobat suka naik angkot Trans Jakarta, silahkan naik rute Pluit ke Pinang Ranti. Selain itu bisa lanjut juga dengan menaiki angot KWK S15A ke arah lokasi wisata. Perlu sobat ketahui bahwa halte terdekat dari TMII yakni taman mini Garuda. Jadi bagi para wisatawan datang dari lainnya, silahkan tanya kepada petugas rute menuju halte taman mini Garuda.

Oh ya sebelum sobat datang ke sana, maka sebaiknya ketahui terlebih dulu ya jam operasional wisata buka pukul setiap harinya 07.00 WIB sampai 22.00 WIB, beda lagi dengan jam operasional wahana yaitu pada pukul 08.30 sampai 18.00 WIB. Pada weekday dari pintu masuk yakni 07.00 WIB sampai 22.00 WIB, sama halnya pada weekend dan musim liburan.

Namun untuk jam operasional wahana istana anak-anak Indonesia buka pada pukul 08.30 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB. Setiap hari seluruh wahana di sini buka pada pukul 08.30 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Sedangkan wahana rekreasi pukul 09.00 WIB sampai 17.00 WIB pada hari kerja, sedangkan weekend buka pada pukul 08.30 WIB sampai 18.00 WIB.

wahana taman mini indonesia indah
sumber foto : instagram,com/oesamahesa

Sekian dulu ya artikel tentang Panduan Lengkap Wisata Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, semoga bisa jadi referensi rekreasi Jakarta ya sob. Oh ya bila ada waktu senggang silahkan baca artikel lain di situs datawisata.com seputar objek wisata, wisata kuliner dan daftar penginapan di berbagai daerah terimakasih.