Panduan Lengkap Wisata Taman Safari Prigen Pasuruan Jawa Timur

Menyandang sebagai salah satu dari 3 taman safari terbesar di Nusantara, yap taman safari Prigen Pasuruan begitu cocok dijadikan sebagai referensi destinasi wisata bareng keluarga. Mengusung konsep kebun binatang ala Afrika, wisatawan bisa melihat satwa-satwa berkeliaran bebas di alam terbuka. Wisatawan bakal merasakan pengalaman mengeksplorasi menyaksikan kehidupan hewan di alam bebas.

Lokasi taman safari prigen

Lokasi wisata berada di kaki gunung Arjuna, menawarkan sensasi berbeda bila dibandingkan objek wisata lainnya. Di sini sobat bakal diajak masuk ke dunia satwa liar tak terduga, wisatawan dapat menikmati berpetualang unik mendebarkan bersama puluhan-ribu satwa liar yang berada di taman safari terlengkap dan bahkan terbesar di Asia.

Tempat rekreasi edukasi Pasuruan ini berada di lahan seluas 350 hektar serta memiliki 2.000 spesies langkah yang dapat disaksikan secara langsung. Selain itu wisatawan bakal dimanjakan dengan berbagai wahana dan aktivitas menyenangkan. Tak sekedar menyaksikan dan berswafoto bareng satwa-satwa, wisatawan juga bisa menikmati berbagai keseruan atraksi para satwa.

taman safari di pasuruan

Bagi wisatawan ingin merasakan sensasi berbeda, silahkan mencoba wahana permainan air di zona waterpark atau pun berbagai wahana ekstrim tersedia. Tak cuman itu saja sob, bila ingin merasakan pengalaman sensasi makan bareng bersama hewan buas seperti harimau putih, maka sobat bisa mencobanya.

Wahana Taman Safari Prigen Pasuruan

Banyak sekali tersedia wahana, atraksi dan aktivitas menyenangkan di sini. Misal nih sob ada atraksi para satwa, safari adventure, ada juga wahana permainan air dan wahana-wahana menyenangkan lainnya. Berikut info atraksi dan wahana di taman safari Pasuruan.

kebun binatang pasuruan

Baby Zoo

Yap zona sangat cocok nih bagi sobat ingin lebih kenal dekat dengan para satwa. Di sini para wisatawan bisa berinteraksi secara langsung dengan satwa-satwa dengan cara menyenangkan.

Berada di zona Baby zoo selain bisa berinteraksi secara langsung, wisatawan diperbolehkan mengabadikan momen liburan bersama satwa-satwa lucu mengemaskan.

Terlebih lagi bagi sobat hendak menunggang satwa yang ada di zona baby zoo seperti gajah atau pun kuda. Tak cuman situ saja sob, di sini sobat bakal lebih dekat satwa-satwa akuatik didatangkan langsung dari Amerika Selatan seperti Beaver, penguin Humboldt dan anjing laut.

Amusement Park

Wahana amusement park merupakan cocok banget bagi sobat ingin menikmati berbagai wahana seperti Cinema empat dimensi, Puri Misteri, Kayang untuk anak-anak, Roller Coaster, sepeda layang, Bom-Bom Car, Rio Bravo, Flaying Fox dan masih banyak lagi lainnya.

Roller Coaster taman safari prigen

Sedangkan wahana tirta ada di water world atau kolam renang taman safari Prigen Pasuruan terdapat berbagai permainan angkot wat, Gigantic water slide, Crocodile Cave Lazy River dan Pirate Ship Park.

Special Experience

taman safari Prigen Pasuruan

Cuman di zona ini sobat bisa melakukan berbagai aktivitas lebih seru plus lebih menyenangkan misal nih pengalaman baru berenang bersama lumba-lumba dan memandangi keindahan lereng gunung Arjuno dengan menaiki gajah Sumatera.

Animal Show

Satwa-satwa pintar di sini senantiasa menghibur wisatawan dari atas panggung. Mereka melakukan berbagai atraksi mengemaskan dan lucu dipertontonkan. Tak cuman menghibur, atraksi animal show juga memberikan edukasi seputar satwa terutama diperuntukkan kepada sang buah hati.

atraksi taman safari prigen

Aneka penampilan pertunjukan di sini antara lain seperti dolphins & friend, brid watching, elephant’s Story, tiger show, petualangan Jack & Kelsey, journey to the template of terror dan feeding elephant & painting. Jadwal dan panggung masing-masing atraksi berbeda-beda mulai pukul 11.00 sampai 16.30 WIB.

Australiana

Merupakan salah satu zona baru di taman rekreasi Safari Prigen. Para wisatawan bakal disuguhkan berbagai macam satwa berasal dari benua Australia seperti emur brid, grey kangaroo, red neck wallbay dan kemungkinan coming soon ada koala juga.

Safari Adventure

taman safari Prigen

Wisatawan bakal diajak melakukan perjalanan safari dengan menyapa berbagai jenis satwa berasal dari berbagai belahan dunia selama kurang lebih 45 menit. Satwa-satwa di sana antara lain zebra, orangutan, jerapah, siamang, badak, banteng, kambing gunung, rusa, llama bison, kalkun dan masih banyak satwa lainnya.

Safari Paintball

Apakah sobat termasuk suka main seru-seruan menantang ala di film-film perang ? nah di taman safari terbesar di Asia ini ada wahana permainan bernama safari paintball. Wahana tersebut dapat dimainkan secara bersama-sama bareng teman untuk tergabung dalam sebuah team.

Sebelum memulai permainan, wisatawan harus memilih beberapa paket permainan. Misal paket tiga lawan tiga (3 on 3 war game), 5 on 5 war game atau mungkin mau mencoba main shooting target.

Roller Coaster

Merupakan salah satu wahana rekreasi favorit di taman safari Prigen Pasuruan. Bagi sobat ingin mencoba area rekreasi cukup ekstrim, maka bisa mencoba zona permainan ini.

Wahana Taman Safari Prigen

Seperti wahana roller coaster pada umumnya, lintasannya pun dibuat meliuk-liuk serta berada di ketinggian, sehingga membuat wisatawan berdebar-debar menaikinya. Tentu seperti itu menjadi pengalaman tak terlupakan ketika mengisi hari libur menyenangkan.

Penimbang Gajah

Gajah Sumatera merupakan satu diantara beberapa satwa paling dilindungi di taman safari di Pasuruan. Hal tersebut menilik status gajah hampir punah, oleh sebab itu pihak pengelola benar-benar selektif perawatan terhadap kesehatan gajah.

Misal nih yakni dengan cara pemeriksaan atau melakukan monitor badan gajah. Wisatawan dapat menyaksikan langsung bagaimana sih para gajah dituntun keeper ke tempat penimbangan.

Journey To The Temple Of The Terror

Kurang lengkap bila sobat sudah jauh-jauh datang ke mari belum menikmati pertunjukan journey to the template of the terror. Pertunjukan ini sejenis seperti di water world Singapore. Wisatawan bakal melihat atraksi para tokoh profesional serta para binatang-binatang terlatih.

Special Experience taman safari prigen

Dari segi penataan panggung yang tak biasa juga membuat pertunjukan terasa semakin menarik. Oleh sebab itu, jika hendak mendapatkan pengalaman rekreasi anti mainstream, silahkan coba datang ke kebun binatang Pasuruan ini.

Melihat Sapi Jaliteng

Mungkin sobat-sobat di sini masih belum begitu paham kehadiran sapi Jaliteng, mungkin bisa melihat langsung spesies sapi itu di sini. Menurut info bahwa sapi Jaliteng merupakan salah satu spesies baru hasil persilangan banteng Jawa Jantan dengan sapi betina Bali. Proses perkawinannya dilakukan secara inseminasi buatan tradisional.

Proses Pemuliabiakan satwa sapi Jaliteng dilakukan demi menguatkan proses ketahanan penyakit, peningkatan produktivitas hingga memperbaiki genetik pada sapi. Oleh karena itu wisatawan hendak menyaksikan secara langsung hasil pembiakan kedua spesies tersebut maka alangkah baiknya datang ke mari.

Safari Water World

Safari Water World

Bagi wisatawan sudah berkeliling di lokasi wisata, silahkan mencoba bermain air di safari water world. Tersedia berbagai permainan seru dan menarik bisa sobat coba di sini misal nih seperti Gigantic Water Slide. Terdapat pula zona-zona permainan seperti angkot wat, crocodile cave lazy dan pirate ship park.

Fasilitas Kebun Binatang Prigen

Destinasi wisata Pasuruan dilengkapi berbagai fasilitas camping ground, sangat cocok bagi sobat suka kemah di alam terbuka. Terus ada pula Banteng Camp, Jungle Camp dan Baobab Safari Resort yang bisa dijadikan sebagai tempat istirahat dan bermalam menyenangkan.

Tiket Masuk Taman Safari Prigen

Lokasi wisata pun dilengkapi tempat ibadah berupa masjid yang bisa digunakan para wisatawan untuk menjalankan shalat 5 waktu. Selain itu bagi sobat hendak membawa buah tangan telah tersedia toko souvenir menyediakan aneka merchandise boneka-boneka binatang di Indonesia Safari Park II Prigen.

Ketika merasa lelah setelah mengexplore seluruh aneka wahana, saatnya mengisi perut di beberapa food court atau pun resto untuk menyantap beragam menu makanan lezat menggugah gairah seperti di tiger cave dan warung Deso.

Amusement Park Taman Safari Prigen

Tiket Masuk Taman Safari Prigen

Agar sobat bisa memasuki lokasi wisata, maka persiapkan biaya retribusi tiket masuk yang dibagi beberapa jenis. Masing-masing tiket masuk wisata dibedakan berdasarkan aktivitas dan atraksi.

  • Tiket Rusa anak Rp. 80.000 (weekday) dan Rp. 105.000 (weekend)
  • Tiket Rusa Dewasa Rp. 85.000 (weekday) dan Rp. 110.000 (weekend)
  • Tiket Rusa Turis Asing Rp. 160.000
  • Tiket Badak Rp 110.000 (weekday) dan Rp. 135.000 (weekend)
  • Tiket Badak Turis Asing Rp. 185.000
  • Tiket Gajah Rp. 135.000 (weekday) dan Rp. 160.000 (weekend)
  • Tiket Gajah Turis Asing Rp. 210.000
kebun binatang di pasuruan

Pada periode lebaran harga tiket berlaku yakni tiket weekend. Sedangkan tiket anak-anak merupakan wisatawan dengan umur 1 sampai 5 tahun. Daftar tiket masuk wisata sudah termasuk paket berikut.

  • Tiket Rusa(Reguler) : termasuk safari adventure, gratis shuttle bus safari, aquatic land, pertunjukan satwa, baby zoo, pilih dolphin show atau temple of terror.
  • Tiket Badak(Terusan) : termasuk baby zoo, safari adventure, gratis shuttle bus safari, aquatic land, enam pertunjukan satwa, 22 wahana permainan dan safari water world.
  • Tiket Gajah : Gratis shuttle bus, safari adventure, safari water world, aquatic land, baby zoo, cinema 6D (free two movie), 6 pertunjukan edukasi satwa dan 21 wahana permainan.
  • Paket Tabitha Renang : empat pertunjukan dan safari water world. Paket tabitha main empat pertunjukan satwa dan 22 wahana permainan.
taman safari pasuruan

Seperti halnya objek wisata taman safari pada umumnya, yap kebun binatang Pasuruan buka tiap hari dari hari senin sampai jumat objek wisata buka mulai pukul 08.30 WIB sampai 16.30 WIB. Sedangkan hari sabut & minggu buka mulai pukul 08.30 WIB sampai 16.45 WIB. Musim liburan atau pun tanggal merah jam operasional diberlakukan sama dengan jam buka ketika weekend.

Lokasi Kebun Binatang Pasuruan Prigen

Objek wisata keluarga di Pasuruan ini merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Pasuruan, tepatnya berada di lereng gunung Arjuna. Alamat detail berada di Desa Jatiarjo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Silahkan lihat info peta alamat wisata berada di bawah sebagai referensi ketika hendak mencari lokasi wisata.

Bagi wisatawan memilih menggunakan kendaraan umum ke lokasi wisata, silahkan menaiki bus kota ke terminal Purabaya, selanjutnya dari terminal Purabaya dilanjutkan bus ke arah Malang.

Konfirmasi ke pihak kondektur agar diturunkan di Prigen depan pintu gerbang yang terdapat gading gajah. Dari gerbang, wisatawan silahkan melanjutkan perjalanan kurang lebih 6 kilometer dengan ojek yang mangkal disekitar lokasi wisata. Setelah sampai wisatawan bisa berkeliling melihat satwa menaiki bus safari telah disediakan.

foto taman safari prigen

Informasi lebih lanjut seputar objek wisata, silahkan hubungi nomor telepon (0343) 6741 991/995. Sekian artikel tentang Panduan Lengkap Wisata Taman Safari Prigen Pasuruan Jawa Timur, semoga memberikan info seputar destinasi wisata Pasuruan. Jika dirasa artikel ini memberikan manfaat silahkan baca artikel lain di situs datawisata.com seputar objek wisata, wisata kuliner dan penginapan di berbagai daerah, terimakasih.