Foto, Lokasi, Rute Dan Harga Tiket Masuk Babakan Siliwangi Bandung

Hidup di Jaman modern seperti sekarang membuat masyarakat rindu menginginkan adanya kawasan ruang terbuka hijau. Dimana area seperti itu sedikit banyak memberikan dampak berarti terhadap hidup sehat manusia, hal-hal detail seperti itu memberikan keseimbangan dalam hidup. Tentu hal tersebut menjadi harapan masyarakat hidup di kota-kota besar yang disibukkan oleh berbagai kegiatan melelahkan dan tingkat polusi udara kurang sehat. Nah bagi sobat datawisata hendak berencana memilih tempat wisata ruang terbuka maka wisata Babakan Siliwangi Bandung menjadi pilihan tepat mengobati rasa rindu pepohonan asri dan udara sejuk khas hutan.

hutan bandung

Sebuah taman kota ini tergolong objek wisata baru di Bandung yakni diresmikan sekitar tanggal 17 januari 2018 silam. Sebuah taman kota Bandung yang siap memenuhi kebutuhan hidup sehat bagi warga Bandung. Diharapkan agar masyarakat Bandung tak perlu repot-repot lagi, menikmati suasana segar kawasan hutan kota. Maka, masyarakat tinggal melewati jembatan gantung telah tersedia di sini.

Info Wisata Pangandaran :  Foto, Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Pepedan Hills Pangandaran Jabar

Info Wisata Sumut : Foto, Lokasi Dan Harga Tiket Rumah Pohon Habitat Pamah Semelir

forest walk Babakan

keberadaan Babakan Siliwangi atau warga setempat juga menyebutnya Baksil, semakin membuat lahan Green Area kota Bandung semakin bervariasi, sebab sebelumnya kota dengan sebutan Paris Van Java telah memiliki kawasan ruang terbuka hijau seperti Taman Pustaka Bunga Kandang Puspa, Teras Cikapundung, Taman Lansia dan Skywalk Cihampelas. Tentu saja kehadiran forest walk Babakan menjadi alternatif tempat rekreasi keluarga menyenangkan. Keindahan alam disajikan, tentu membuat para pengunjung bakal betah berlama-lama di sini.

Forest walk di Bandung

Keberadaan Babakan Siliwangi sebagai satu diantara taman kota terbuka hijau, tentu saja membuat wisata Bandung ini menjadi paru-paru kota dan juga sebagai area wisata alam, menyuguhkan keindahan alam serta panorama asri. Menurut data didapat oleh redaksi datawisata.com bahwa hutang lindung Bandung tersebut memiliki luas mencapai 4 hektar. Bagaimana sob, bisa bayangkan kan betapa luas ruang terbuka Bandung di sana. Pengunjung dapat menyaksikan aneka ekosistem hidup bebas mirip di area hutan Malabar Malang.

forest walk babakan siliwangi kota bandung

Sejarah babakan Siliwangi Bandung telah banyak menimbulkan kontroversi, terlebih lagi hal berhubungan proses pengalihan ditunjukkan pihak swasta ingin menjadikan sebagai tempat wisata alam Babakan menjadi kawasan wisata komersial. Terlepas dari masalah itu, tempat rekreasi Bandung ini memiliki kontur berbentuk lembah. Terbentuk dari alam yang disebabkan oleh sungai Cikapundung sudah terjadi sejak puluhan tahun silam. Itu lah terasa sangat wajar jika warga Bandung telah menganggap kalau objek wisata Babak Siliwangi merupakan peninggalan alam pada jaman dulu kala.

wisata bandung

Forest walk Babakan Bandung sebenarnya sudah ada pada jaman penjajahan Belanda. Kawasan Baksil Bandung lebih dulu dikenal area sabuk hijau kota Bandung yang kerap disebut Lebak Gede. Pada tahun 1920, pada waktu itu tim ahli dari Belanda sudah merancang dan bersiap menata kelola kota Bandung, agar lebih terkesan rapi dan asri. Babakan Siliwangi menjadi satu diantara hutan kota Bandung yang dapat memperindah kota fashion menjadi lebih ciamik.

Info Wisata Jogja : Panduan Lengkap Wisata Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta

Info Wisata Klaten : Lokasi, Rute, Foto Dan Harga Tiket Masuk umbul Sigedang Klaten Jateng

hutan kota bandung

Pada tahap perencanaan itu, kawasan wisata Babakan Siliwangi sudah memiliki beragam fasilitas, memberikan informasi pengetahuan kepada masyarakat setempat seperti taman botani, bernama nama Tamansari yang berada di sebelah selatan Lebak Gede serta Kebun Binatang Bandung menjadi salah satu fasilitas dinikmati oleh semua wisatawan.

Babakan Siliwangi

Usia jaman kolonial Jepang dan kala itu Indonesia baru saja merdeka, area Lebak Gede serta area Babakan Siliwangi kembali dikembangkan oleh pemkab Bandung. Nah, hingga sekarang beralih fungsi menjadi tempat paru-paru kota. Pada era Walikota pak Otje Djundjunan pada periode 1971 – 1976, kawasan Babakan Siliwangi dan Lebak Gede mulai digarap oleh pemerintah sebagai kawasan wisata komersial. Hal tersebut terlihat dibangun bermacam restoran kuliner Sunda serta wahana permainan. Terkadang pun juga sebagai pusat seni budaya Sunda.

Babakan Siliwangi Bandung

Fasilitas sangar seni di sini dibangun atas dasar inovasi dari seniman legenda Bandung yakni pak Popo Iskandar, Tony Yusuf dan Barli. Nama sanggar seni tersebut diberi nama SOS (Sanggar Olah Seni), diresmikan pada tahun 1982 oleh Joop Ave yang waktu itu sedang menjabat sebagai Dirjen Departemen  Pariwisata, kantor pos dan Telekomunikasi. Nyatanya tak berhenti disitu saja, pada tahun 1990, kawasan wisata juga mengalami penambahan fasilitas seperti Sasaran Budaya Ganesha atau disebut Sabung Bandung.

hutan tengah kota Babakan Siliwangi

Sekitar pertengahan tahun 2001, Walikota Bandung pak Tarmana juga merencanakan membangun industri penginapan berupa hotel dan apartemen, pusat perbelanjaan hingga pusat pelatihan seni di kawasan wisata. Hal tersebut tentu mendukung sektor pariwisata dan juga sisi komersil dari sang paru-paru Bandung. Walaupun pada waktu itu sempat terjadi protes dari kalangan masyarakat, tetap kawasan wisata berubah serta mendapatkan fasilitas pendukung pariwisata. Pada tanggal 27 September 2011, Perserikatan Bangsa-Bangas (PBB) mengeluarkan pernyataan bahwa Siliwangi Babakan Bandung menjadi satu diantara beberapa hutan kota di dunia. Pada tanggal 18 Oktober 2013, kembali ditangani oleh pemkab Bandung dan memberikan izin kepada masyarakat berkunjung kesana secara gratis.

Forest walk Bandung

Hingga sekarang forest walk hutan babakan Siliwangi menjadi salah satu objek wisata favorit di Bandung. Terlebih bagi muda-mudi senantiasa berkunjung ke wisata alam Bandung ini ketika mereka mengunjungi kota kembang. Sobat dapat melakukan penjelajahan di setiap sudut dari hutan, di sini sobat dapat mengunjungi forest walk baksil. Disana sobat dapat melakukan menyusuri kawasan hutan paru-paru Babak Siliwangi. Tapi sebaiknya bawalah bekal makanan-minuman ketika menjelajah hutan, sebab dipastikan jarak tempuh sangat jauh.

wisata Babakan Siliwangi

Ketika memasuki musim libur nasional atau pun sekedar weekend, tujuan wisata Bandung ini mengalami peningkatan pengunjung signifikan. Kebanyakan dari mereka melakukan olahraga lari-lari (jogging) dan sepeda santai. Dengan panorama masih terjaga kelestariannya, tak salah jika para pengunjung dapat menikmati beragam fasilitas lengkap dari pihak pengelola wisata.

forest walk Babakan Bandung

Kegiatan menarik lainnya ketika mengunjungi hutan tengah kota Babakan Siliwangi ialah melakukan observasi burung. Di sini terdapat banyak sekali jenis-jenis burung, dimana menjadikannya sebagai habitat mereka. Tentu hal tersebut merupakan keuntungan bagi pengunjung mendengarkan kicau merdu burung-burung bernyanyi. Tak sedikit para wisatawan di sini saling beradu kreatifitas membuat sarang (kandang) burung yang hidup di sekitar hutan kota Bandung. Brid House mengajak pengunjung membuat sarang burung milik mereka sendiri.

Forest walk Babakan Siliwangi Bandung

Bagi para teman-teman fotografer mungkin menjadikan tempat paling tepat dalam mendapatkan berbagai hasil-hasil foto keren, sebab keindahan alam masih asri menjadi latar belakang foto kece. Salin itu di sini pun menyediakan fasilitas berhubungan seni budaya. Hal tersebut setidaknya bakal membuat sobat lebih menikmati kesenian dan budaya Sunda.

Lokasi Babakan Siliwangi Bandung

Berada tak jauh dari objek wisata Chinatown Bandung, lebih tepatnya berada di Jalan Tamansari nomor 73, Siliwangi, Coblong, Kota Bandung Jawa Barat dan kode pos 40132. Jarak dari Chinatown ke lokasi wisata sekitar 6 kilometer atau memerlukan waktu tempuh 22 menit. Berikut peta navigasi mungkin memberikan informasi lokasi wisata secara akurat.

Sobat datawisata sangat mudah dalam menemukan lokasi wisata, karena seperti telah dijelaskan di atas, kalau lokasi wisata berada di pusat kota Bandung. Tentu menjadi keuntungan buat pengunjung mengakses lokasi wisata menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Arah jalan ke Babakan Siliwangi Bandung keluar dari pintu tol pasteur, arahkan kendaraan menuju ke jalan Dr. Djunjunan. Setelah melewati mini market (Alfamart), sobat belok ke arah kanan menuju ke jalan Layang Pasupati.

Baksil bandung

Selanjutnya ambil jalan keluar menuju ke kebun binatang Jalan Tamansari, ikuti saja terus hingga tiba di rambu lalu lintas menuju ke Sabuga Punclut dan Institut Teknologi Bandung. Setelah melintas atau melewati kantor Kecamatan Bandung Weta, nah di situlah sobat sudah sampai lokasi wisata.

Tiket Forest Walk Babakan Siliwangi

Seputar kabar burung beredar tentang pemungutan liar di lokasi wisata, maka menghindari hal tersebut pengunjung dikenakan tiket parkir kendaraan. Beberapa rekomendasi menyatakan sebaiknya pengunjung menggunakan kendaraan umum saja. Sebab salah satu wisata gratis di Bandung, para wisatawan tak bakal dikenakan tiket masuk wisata, jadi silahkan berlibur di sini, hanya saja jangan sampai merusak alam sekitar. Bila ada pertanyaan seputar objek wisata, silahkan hubungi nomor telepon (022) 2501394.

Babakan Siliwangi di Bandung

Sekian artikel tentang Foto, Lokasi, Rute Dan Harga Tiket Masuk Babakan Siliwangi Bandung, mungkin bisa dijadikan referensi destinasi wisata di kota Bandung. Jika artikel ini memberikan manfaat atau sekedar hiburan, silahkan baca artikel lain di situs datawisata.com seputar objek wisata, wisata kuliner dan daftar hotel di berbagai daerah, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *