Keindahan Sungai Bawah Tanah Gua Pindul Gunungkidul Yogyakarta

Sepertinya Kabupaten Gunungkidul memiliki ikon wisata baru yaitu gua Pindul Gunungkidul yang mampu bersaing bersama wisata lain yang sudah lama tenar misal wisata pantai Gunungkidul yaitu Pantai Baron. Sebenarnya Gunungkidul pun punya wisata identik yakni gua Jomblang hanya saja kedua wisata tersebut memiliki karakteristik berbeda, misal wisata gua Jomblang cocok sebagai kegiatan pendakian sedangkan goa Pindul lebih ke kegiatan petualangan sungai di bawah tanah. Selain itu Pindul cave dan gua Jomblang sama-sama memiliki keunikan yang jarang dimiliki oleh wisata gua di daerah lain yakni memiliki pesona stalaktit dan stalagmit terbaik didunia yang memang dibuat secara alami selama ribuan tahun silam.

Wisata Gua Pindul Gunungkidul

Wisata Gua di Gunungkidul ini berada di desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Pindul cave termasuk objek wisata gua kapur unik, lantaran di dalam gua ada aliran sungai bawah tanah memanjang dari mulut gua hingga ujung gua dekat dam air. Tergolong wisata baru di Gunungkidul baru diresmikan pada tahun 2010, namun baru populer dikalangan wisatawan pada tahun 2014, hingga sekarang menjadi satu diantara objek wisata fenomenal dimiliki oleh Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Gua Pindul Gunungkidul

Pesona gua memiliki pemandangan bawah tanah eksotik, sehingga tak perlu diragukan kembali keindahan alam dimilikinya, oleh sebab itu hingga sekarang sudah banyak ratusan hingga ribuan pengunjung telah berwisata kesana. Panjang sungai goa Pindul sekitar 350 meter, lebar gua mencapai 5 meter, sedangkan kedalaman air sungai kisaran 5 meter hingga 12 meter, tergantung intensitas air hujan.

Keunikan goa Pindul bila dibandingkan objek wisata lainnya, disana pengunjung bakal jarang melihat keeksotisan gua, melainkan dibuat takjub oleh kilauan air sungai mengisi gua. Air di dalam gua merupakan sungai bawah tanah yang bermuara dari mata air gedong tujuh. Bahkan dalam musim kemarau air di gua tak mengalami kekeringan, hanya saja ketika musim hujan kadang lokasi wisata ditutup karena intensitas air terlampau tinggi.

goa Pindul

sejarah goa Pindul bermula dari kisah pengembara Joko Singlulung ketika menyusuri hutan rimba, sungai hingga bertemu gua demi mencari sang ayah. Nah, ketika asyik menyusuri tujuh gua yang memiliki aliran sungai bawah tanah, kepala si Joko Singlulung terbentur oleh batu besar yang berada didalam gua. nah, lokasi gua tempat si Joko terbentur itulah dinamakan Gua Pindul Gunungkidul yang bermula dari kata pipi gebendul.

Info Wisata Bogor : Harga Tiket Masuk Dan Lokasi Danau Quarry Rumpin Bogor

Info Wisata Yogyakarta : Rute Dan Lokasi Puncak 4G Gunung Gentong Gedangsari Gunungkidul

Ada 3 zona di gua Pindul Gunungkidul yaitu zona terang, zona remang dan zona gelap. di zona terang masih ada cahaya terang dari luar gua, sehingga pengunjung masih bisa menikmati keindahan gua. Disini pengunjung diperbolehkan berenang dan mencari ikan-ikan cantik didalam gua. Jenis ikan-ikan di wisata gua Gunungkidul ini terbilang memiliki ukuran besar, namun tak perlu khawatir ikan-ikan itu dikategorikan jenis ikan jinak. Lanjut zona kedua dinamakan zona remang. Di zona remang hanya ada sedikit cahaya masuk dibantu oleh pantulan air bening dari dinding goa, sehingga mampu menciptakan cahaya remang-remang eksotis. Sedangkan di zona ketiga ialah zona gelap, disini pengunjung sudah mengalami kesulitan melihat suatu objek, namun menggunakan bantuan alat penerangan, masih bisa melihat sekeliling gua. Agar bisa menyusuri zona 3, hingga sampai ke ujung goa memerlukan waktu kira-kira 45 menit.

mitos tentang goa Pindul

Tepatnya di bagian tengah goa ada suatu bagian ruangan cukup besar, pemandangan gua dipadukan lubang diatas gua sehingga, di bagian gua itu menjadi pusat perhatian. Kawan bisa menyaksikan secara langsung sinar matahari masuk kedalam gua, sehingga membuat pantulan-pantulan cahaya menakjubkan. Masyarakat sekitar sering menyebutnya sumur terbalik, lantaran tempatnya unik, kerap kali dijadikan sebagai keperluan latihan oleh anggota tim SAR sebagai pintu masuk gua.

Info Wisata Klaten :Wisata Snorkeling Keren Umbul Ponggok Klaten Jawa Tengah

Info Kuliner Jogja :Alamat Dan Daftar Menu Legend Coffee Jogja Harga Bersahabat

stalaktit dan stalagmit di goa Pindul

Sama hal nya seperti gua-gua pada umumnya, wisata Pindul cave memiliki stalaktit dan stalagmit memukau, namun menjadi pembeda hanyalah kapasitas stalagmit dan stalaktit. Menurut para ahli geografis, stalaktit dan stalagmit di goa Pindul Wonosari sudah berumur ribuan tahun, sehingga memiliki bentuk amat besar dan terlihat unik. Di Pindul cave, stalaktit dan stalagmit menyatu tepat di tengah-tengah gua, membentuk seperti pilar kokoh dan besar. Ukuran dari stalaktit dan stalagmit ini kira kira 5 rentang orang dewasa. Ukuran besar stalaktit dan stalakmit goa Pindul, menjadikannya terbesar ke-4 di dunia. Hal itu terasa sangat menakjubkan, fenomena alam langkah itu bisa dilihat disini. Pengunjung bisa menyaksikan secara langsung kemegahan stalaktit dan stalakmit terbentuk secara alami pada ribuan tahun silam.

Menurut mitos tentang goa Pindul, kalau tetesan dari stalaktit dan stalagmit  bakal membuat seorang wanita menjadi awet muda dan bertambah cantik alami, selain itu juga memiliki khasiat bisa menghaluskan kulit wajah. Sedangkan khasiat bagi para laki-laki, air tersebut bisa menambah kejantanan vitalitas pria. Memang terkesan aneh dan mustahil, namun tak ada salahnya mencoba khasiat air tetesan stalaktit dan stalagmit.

Sungai gua pindul

Selain menikmati pesona stalaktit dan stalagmit, para Pengunjung juga dapat melihat keindahan lukisan ornamen di setiap dinding gua yang menambah nilai keindahan dari tempat wisata di Yogyakarta ini. Perpaduan sempurna kecantikan hiasan batu kristal serta moonmilk yang merupakan warisan alam memukau pesona lukisan berbentuk abstrak, sehingga menambah sisi keindahan gua. Belum lagi suara gemericik air di dinding-dinding gua, seakan melengkapi suasana dan keindahan wisata gua.

Bila ingin menyusuri seluruh bagian gua, maka pengunjung memerlukan ban karet atau sering disebut cave tubing yang merupakan istilah sering digunakan dalam olah raga rafting. Aliran air sungai di dalam goa dikategorikan tenang, sehingga aman dijelajahi. Oleh karena aliran air sungai bersahabat, cave tubing goa Pindul bisa dilakukan semua kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa, bahkan ibu hamil juga diperbolehkan. Sebab  debit air ketika musim hujan dan musim kemarau relatif sama.

rute gua pindul

lokasi Wisata Goa Pindul jogja

Seperti yang telah dijelaskan diatas, kalau alamat wisata gua di Gunungkidul ini berada di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta 55891. Kawan tahu objek wisata gunung Gambar Gunungkidul?, itu loh kawan kawasan gunung yang menyimpan cerita sejarah perjuangan Raden Mas Said, ketika menggambar strategi perang melawan penjajahan Belanda, selain itu pengunjung bisa menyaksikan keindahan hamparan lembah hijau, kawasan persawahan, bahkan wisata waduk Gajah Mungkur pun terlihat jelas dari sana. Jarak dari Gambar mountain ke lokasi wisata sekitar 21 kilometer dan waktu tempuh sekitar 41 menit. Supaya lebih paham datawisata memberikan informasi peta gua Pindul Gunungkiduldibawah.

Kalau ada teman-teman datawisata masih kebingungan bagaimana akses ke goa Pindul? Maka dimulai perjalanan ke Kecamatan Wonosari via Jalan Wonosari-Jogja melalui bukit bintang dan Kecamatan Patuk, setelah itu dilanjutkan perjalanan ke desa Bejiharjo dan ikuti terus jalan aspal hingga sampai di lokasi wisata. Letak wisata cukup strategis, sehingga bukanlah hal susah menemukan objek wisata alam Gunungkidul tersebut. Akses lokasi wisata mudah dilalui, jadi bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi atau pun menggunakan kendaraan umum seperti bus. Kondisi jalan sudah beraspal semakin memudahkan pengunjung berlibur di tempat wisata Gunungkidul ini.

Harga Tiket Masuk Gua Pindul Karangmojo

Bagi kawan-kawan ingin merasakan sensasi liburan di wisata gua Gunungkidul ini maka persiapkan dana sebagai ongkos wisata. Pertama sebelum memasuki kawasan wisata, pengunjung bakal dikenakan retribusi umum sebesar Rp. 10.000 per orang. Setelah itu pengunjung melanjutkan perjalanan ke lokasi wisata, nah di gerbang pintu masuk tiap-tiap pengunjung wajib membayar tiket masuk sebesar Rp. 35.000 per orang. Sehingga total dana wajib disediakan sebesar Rp. 45.000 per orang. Tiket masuk dan retribusi diatas belum termasuk biaya parkir kendaraan jika teman-teman membawa kendaraan pribadi yakni sebesar Rp. 2.000 sepeda motor, Rp. 5.000 mobil dan Rp. 15.000 kendaraan bus.

Tips Wisata Pindul Cave Yogyakarta

Agar bisa mendapati liburan berkesan disana, maka ada baiknya kawan mengetahui beberapa tips berlibur di wisata Pindul cave.

  1. Sebelum melakukan menjelajahi gua menggunakan ban karet, maka cek terlebih dahulu pelampung yang digunakan, ditakutkan kondisi pelampung kurang baik.
  2. Gunakan ban pelampung secara benar, sesuai instruksi pemandu wisata.
  3. Disarankan bagi kawan memiliki headlamp, agar membawa alat bantu penerangan itu, supaya bisa digunakan ketika memasuki zona gelap.
  4. Agar mendapatkan momen pas ketika menjelajahi gua, maka sebaiknya datang ke lokasi wisata sekitar jam 9 pagi. Selain belum ramai pengunjung lain, kawan bisa menikmati cahaya masuk dari lubang gua, sedangkan ketika pagi hari air didalam gua tak begitu dingin.
  5. Datang lebih awal merupakan solusi baik, agar menghindari keramaian pengunjung terutama ketika musim liburan. Maka rencanakan liburan secara baik.
  6. Banyak wisata sejenis berdekatan wisata gua Pindul Gunungkidul, agar mendapatkan sensasi yang berbeda baiknya perlu mencoba wisata lain seperti gua Glatik, kali Oyo gunung kidul, Monumen Jendral Sudirman dan Situs purbakala Sukoliman.
  7. Bila memiliki dana lebih berlibur, sebaiknya mengambil paket liburan goa Pindul agar mendapatkan pemandu wisata kompeten dan terpercaya. Pemandu wisata bakal memberikan rasa aman dan informasi secara detail tentang lokasi wisata.

lokasi goa pindul

Sepertinya cukup sekian deh artikel tentang Keindahan Sungai Bawah Tanah Gua Pindul Gunungkidul Yogyakarta, semoga bermanfaat review wisata kawan. Jika artikel ini bermanfaat, maka tolong luangkan waktu kawan-kawan membaca artikel lain di situs datawisata.com seputar review objek wisata, wisata kuliner dan daftar hotel di berbagai daerah lain, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *