Wisata Gua Pindul Keindahan Sungai Bawah Tanah Gua Terindah Di Jogja

Wisata Gua Pindul merupakan salah satu wisata yang sedang populer di tahun 2013 hingga saat ini, dengan menyajikan keindahan staglatit gua yang masih tumbuh di langit langit gua dengan menyusuri lokasi wisata dengan menggunakan perahu ban karet, karena gua tersebut dialiri sungai bawah tanah dari mulut gua hingga ujung cave. Keindahan Gua Pindul, terkenal seluruh Indonesia hingga mancanegara telah membuktikan keindahan dari wisata gua Pindul Yogyakarta.

Wisata gua Pindul merupakan wisata yang terletak di desa Bejiharjo, kecamatan Karangmojo, kabupaten Gunung Kidul. Gua Pindul merupakan wisata gua yang unik, lantaran di dalam gua terdapat aliran sungai bawah tanah yang memanjang dari mulut gua hingga ujung gua dekat dengan dam air. Gua pindul dibuka pada tahun akhir tahun 2010, gua Pindul termasuk jenis gua kapur.

wisata gua pindul

wisata gua pindul

Gua Pindul memiliki pemandangan eksotik yang tidak perlu diragukan lagi keindahan alamnya, oleh sebab itu hingga sampai saat ini sudah banyak ratusan hingga ribuan wisatawan telah berkunjung, salah satu destinasi tempat wisata Gunung Kidul ini. Wisata gua Pindul memiliki panjang gua sekitar 350 m, sedangkan untuk lebar mencapai 5 m. Untuk kedalaman air sungai gua Pindul, kisaran 5 hingga 12 m, tergantung intensitas air hujan.

Wisata gua Pindul memiliki khas yang berbeda dengan wisata gua lainnya, disini anda jarang melihat keeksotisan gua melainkan akan dibuat takjub oleh kilauan air sungai yang mengisi gua Pindul. Air tersebut merupakan sungai bawah tanah yang bermuara dari mata air gedong tujuh.

Gua Pindul Yogyakarta ini, terbagi 3 zona. 3 zona gua Pindul yakni zona terang, zona remang dan zona gelap. Zona terang akan memberikan kesan terang, sehingga wisatawan dapat menyaksikan keindahan gua secara langsung. Di zona terang, para wisatawan di izinkan untuk berenang dan mencari ikan yang cantik. Ikan ikan di gua pindul terbilang memiliki ukuran besar, namun tidak perlu khawatir ikan di goa Pindul dapat dikategorikan jinak.

Zona kedua pada gua Pindul adalah zona remang. Di zona remang hanya terdapat sedikit cahaya yang masuk dengan dibantu oleh pantulan air bening dari dinding goa Pindul, mampu menciptakan cahaya remang menakjubkan. Sedangkan untuk zona ketiga adalah zona gelap. Di zona gelap para wisatawan sulit untuk melihat suatu objek, namun dengan bantuan alat penerangan, anda dapat melihat sekeliling gua. Untuk menyusuri zona 3, hingga sampai ke ujung goa memerlukan waktu kira kira 45 menit.

pintu masuk gua pindul

pintu masuk gua pindul

Tepatnya bagian tengah goa Pindul terdapat suatu bagian ruangan yang cukup besar yang menarik untuk dinikmati. Pemandangan yang dipadukan dengan lubang diatasnya membuat bagian gua Pindul ini menjadi pusat perhatian. Pada bagian ini, anda dapat melihat secara langsung sinar matahari masuk sehingga membuat pantulan pantulan cahaya yang menakjubkan. Masyarakat sekitar menyebutnya dengan sumur terbalik, lantaran tempatnya yang menarik menjadikan lubang ini digunakan keperluan latihan anggota tim SAR sebagai pintu masuk.

Sama hal nya dengan gua gua pada umumnya, goa Pindul memiliki stalaktit dan stalagmit yang memukau, namun yang membedakannya hanyalah kapasitas stalagit. Menurut para ahli geografis, stalaktit dan stalagmit di goa Pindul sudah berumur ribuan tahun, sehingga memiliki bentuk yang besar dan unik.

Dia gua Pindul stalaktit dan stalagmit menyatu tepat pada tengah tengah gua, membentuk seperti pilar yang terlihat kokoh dan besar. Ukuran dari stalaktit dan stalagmit ini kira kira 5 rentang orang dewasa. Lantaran ukurannya yang besar stalaktit goa Pindul, menjadikannya terbesar ke-4 di dunia. Hal yang sangat menakjubkan, dapat di lihat di wisata gua Pindul, wisatawan dapat melihat secara langsung kemegahan stalaktit yang terbentuk secara alami.

stalaktit gua pindul

stalaktit gua pindul

Selain menikmati pesona stalaktit dan stalagmit, para wisatawan juga dapat melihat keindahan lukisan ornamen di setiap dinding gua pindul yang menambah nilai keindahan dari wisata gua Pindul, dipadukan dengan cantiknya hiasan batu kristal serta moonmilk. Sebuah warisan alam memukau dengan keindahan lukisan berbentuk abstrak sehingga menambah keeksotisannya. Belum lagi ditambah dengan tetesan air pada dinding gua, seakan membuat lengkap keindahan dari wisata gua Pindul Yogyakarta.

Bila ingin menyusuri seluruh bagian gua Pindul, maka wisatawan memerlukan ban karet atau sering disebut dengan cavetubing, merupakan istilah yang sering digunakan dalam olah raga rafting. Aliran air sungai di goa pindul dikategorikan tenang, sehingga aman untuk dijelajahi. Lantaran aliran air sungai yang bersahabat, cavetubing di goa Pindul dapat dilakukan berbagai usia, mulai dari anak anak hingga dewasa, bahkan ibu hamil juga diperbolehkan. Hal ini disebabkan lantaran debit air pada musim hujan dan musim kemarau relatif sama.

Sungai gua pindul

Sungai gua pindul

Menurut kepercayaan penduduk sekitar, tetesan dari stalaktit ini akan membuat seorang wanita menjadi awet muda dan bertambah cantik alami, selain itu juga dapat menghaluskan kulit. Sedangkan khasiat untuk para pria, air dari stalaktit dapat menambah kejantanan vitalitas pria. Memang terkesan aneh dan mustahil, namun tidak ada salahnya dalam mencoba khasiat air tetesan stalaktit.

Rute Wisata Gua Pindul

Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa wisata Gua Pindul ini terletak di kecamatan Karangmojo kabupaten Gunung Kidul. Anda cukup mudah untuk mengakses wisata goa Pindul ini apabila berada di kota Yogyakarta. Anda perlu melakukan perjalanan ke kota Wonosari, setelah itu dilanjutkan perjalanan ke desa Bejiharjo dan ikuti terus jalan aspal hingga sampai di wisata Gua Pindul Yogyakarta.

Objek wisata goa Pindul ini terletak di ujung jalan, sehingga bukanlah hal yang susah menemukan objek wisata alam ini. Lantaran akses lokasi wisata yang mudah, maka dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi atau pun menggunakan kendaraan umum seperti bus. Jalan menuju lokasi wisata yang telah beraspal semakin memudahkan wisatawan untuk berkunjung salah satu wisata terbaik di Yogyakarta.

Tips Wisata Gua Pindul

Agar mendapatkan liburan yang berkesan di gua Pindul Yogyakarta, maka ada baiknya ketahui beberapa tips berlibur di objek wisata gua Pindul. Berikut tips yang dapat membantu anda :

  1. Sebelum melakukan menjelajahi gua Pindul menggunakan ban karet, maka cek terlebih dahulu pelampung yang digunakan.
  2. Gunakan ban pelampung yang benar.
  3. Disarankan bagi anda yang memiliki headlamp, untuk membawa alat bantu penerangan tersebut digunakan saat memasuki zona gelap.
  4. Untuk mendapatkan momen yang pas saat menjelajahi gua Pindul, maka sebaiknya datang ke lokasi wisata sekitar jam 9 pagi. Selain belum ramai wisatawan lain, anda dapat menikmati cahaya masuk dari lubang gua Pindul. Saat pagi hari, air didalam gua tidak begitu dingin.
  5. Datang lebih awal merupakan solusi baik, untuk menghindari keramaian pengunjung terutama saat liburan tiba. Maka rencanakan liburan anda dengan baik.
  6. Banyak wisata sejenis yang berdekatan dengan Gua Pindul, oleh sebab itu, untuk mencari sensasi yang berbeda baiknya anda perlu mencoba wisata lain diantaranya ada gua Glatik, Kali Oya, Monumen Jendral Sudirman dan Situs purbakala Sukoliman.
  7. Bila memiliki dana lebih berlibur di goa Pindul, sebaiknya gunakan pemandu wisata yang kompeten dan terpercaya. Pemandu wisata akan memberikan informasi secara detail tentang wisata di Gunung Kidul terutama wisata goa Pindul.

Nah bagaimana, apakah anda berminat untuk berlibur di wisata gua Pindul?. Dengan membaca referensi tentang wisata goa Pindul, anda akan diberikan tuntunan serta informasi wisata gua Pindul Yogyakarta. Penduduk setempat banyak membuka bisnis oleh oleh, maka tidak susah bagi anda untuk membeli buah tangan bagi rekanan atau keluarga di rumah sebagai tanda anda sedang berlibur di salah satu objek wisata Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *