Foto, Lokasi, Rute Dan Harga Tiket Masuk Pantai Sadranan Gunungkidul Jogja

Menyandang sebagai Kabupaten pemilik pantai paling eksotis di Yogyakarta, sepertinya pemerintahan Gunungkidul terus melakukan pembenahan berbagai infrastruktur fasilitas wisata. Potensi keindahan alam dimiliki, membuat pantai Gunungkidul senantiasa dibanjiri oleh wisatawan, terlebih ketika memasuki musim liburan hingga puncaknya pada tahun baru. Pantai Sadranan Gunungkidul merupakan contoh salah satu pantai laut selatan favorit di Yogyakarta yang memiliki sejuta keindahan dan keunikan.

gunungkidul beach
sumber foto : instagram,com/naufalkrisnaa

Sebagai tipe pantai dengan pesisir melandai, sehingga membuat panorama sangat menarik dan memanjakan sejauh mata memandang. Menjadi perpaduan sempurna antara air laut bening dan kejernihan warna laut biru kehijauan, sehingga membuat siapa pun, bersiap menyelam dan menjelajahi keindahan alamnya. Seperti pantai laut selatan di Gunungkidul lainnya, dimana pasir putih begitu mendominasi terlihat begitu halus mirip tepung. Sadranan beach pun juga memiliki onggokan batu karang besar yang ditumbuhi tanaman serta pepohonan lebat.

Pantai Sadranan Gunungkidul
sumber foto : instagram,com/ebprasetyoo

Snorkeling Dan Diving Biota Bawah Laut

Bila dibandingkan dengan objek wisata pantai Gunungkidul lainnya, Sadranan beach memiliki batu karang lebih sedikit, oleh sebab itu tempat tersebut begitu cocok tempat diving, karena penyelam tak perlu khawatir dibuat terluka oleh bebatuan karang tersebut. Belum lagi pasir putih lebih dominan, cocok dimanfaatkan untuk berjalan santai sembari menikmati panorama alam. Kondisi pantai cukup sepi dan tenang lantaran letak pantai berada di tengah pantai-pantai populer seperti pantai Baron, pantai Indrayanti dan pantai Krakal. Ketenaran wisata pantai Yogyakarta ini pun tak seterkenal nama-nama pantai tersebut, sehingga masih sedikit wisatawan mengetahui dan berkunjung ke sana.

wisata pantai Sadranan
sumber foto : instagram,com/snaufal31

Selain pantai Nglambor Gunungkidul, ternyata pantai Sadranan Gunungkidul merupakan spot alternatif buat wisatawan hendak merasakan keseruan kegiatan snorkeling. Berbeda halnya wisata Umbul Ponggok Klaten yang mengandalkan aktivitas snorkeling di perairan darat, di sini pengunjung bakal menyaksikan secara langsung keindahan bawah laut, tentu begitu sayang bila terlewatkan, lantaran disana memiliki bermacam spesies biota laut dan terumbu karang. Jika sobat bertekad melakukan kegiatan snorkeling, maka tak perlu khawatir biaya penyewaan peralatan, dimana telah dibandrol hanya Rp. 50.000 per jam. Jadwal menyelam pun sudah ditentukan yakni antara pukul 06.00 WIB hingga 08.00 WIB agar mendapatkan pemandangan biota laut terbaik.

Pantai Sadranan Jogja
sumber foto : instagram,com/indriwijayanty

Keseruan Mendayung Perahu Kano

Selain kegiatan snorkeling, mendayung perahu kano menjadi alternatif kegiatan menarik lainnya. Sehingga kini sobat tak perlu mendatangi pantai Pandawa Bali, bila hanya ingin merasakan sensasi pengalaman mendayung perahu Kano. Cukup datang di pantai Gunungkidul ini maka sobat sudah bisa mencoba mendayung perahu kano sembari menikmati keindahan biru laut, teromabang-ambing ombak laut selatan serta bukit-bukit eksotis. Kegiatan mendayung perahu kano, memerlukan tarif sewa perahu sekitar Rp. 50.000 tiap jam.

sadranan beach
sumber foto : instagram,com/ananovitasariii

Kehangatan Dalam Kegiatan Berjemur

Kegiatan berjemur di bibir pantai merupakan hal paling lumrah sobat lihat di sini. Bersentuhan secara langsung kelembutan pasir putih pantai, menikmati suara merdu ombak dan kesejukan angin sepoi-sepoi. Tentu suasana seperti itu mampu menghadirkan kesan menyenangkan dan membuat jiwa terasa begitu tenang. Bila sobat ingin menyewa jasa payung yang berada di pinggiran pantai dikenakan tarif sebesar Rp. 30.000 tiap jam.

Foto Pantai Sadranan Gunungkidul
sumber foto : instagram,com/jogjascenery

Lokasi Spot Sunset Dan Sunrise

Keindahan pantai bakal berada di puncak ketika memasuki momen sunrise atau pun sunset. Kedua momen itu lah keindahan pantai paling diburu oleh wisatawan ketika berkunjung di pantai. Ketika memasuki momen-momen sunrise dan sunset jangan sampai lupa mengabadikan melalui jepertan kamera, agar menghasilkan foto-foto ciamik untuk sobat pamerkan ke teman-teman melalui akun sosial media.

sunset Pantai Sadranan
sumber foto : instagram,com/mhomhoadisastr

Bermalam Bersama Kerabat (Camping)

Malam minggu akhir pekan, bakal terasa lebih berarti dan menyenangkan ketika melakukan kegiatan camping bersama teman-teman. Di lokasi pantai Sadranan Gunungkidul terdapat area yang sekiranya cukup memadai dimanfaatkan sebagai camping ground sembari menikmati kehangatan api unggun dan secangkir kopi. Banyak dari pengunjung justru memilih mendirikan tenda di sini, sebab keelokan alam dimilikinya. Kebanyakan wisatawan luar kota, melakukan kegiatan camping di lokasi pantai.

gambar Pantai Sadranan
sumber foto : instagram,com/jogjascenery

Ya, mungkin saja toh sahabat datawisata ingin tinggal lebih lama, lantaran benar-benar menikmati keindahan pantai laut selatan Gunungkidul. Nah kegiatan paling sempurna ialah melakukan camping di tepian pantai bersama kerabat. Tak perlu dibuat repot membawa berbagai peralatan camping, lantaran pihak pengelola sudah menyediakan dan menyewakan dome memiliki kapasitas 4 orang dengan harga Rp. 50.000.

Pantai Sadranan di Gunungkidul
sumber foto : instagram,com/jogjascenery

Fasilitas Wisata Sadranan Beach

Tersebar sejumlah gazebo atau saung-saung kecil di sekitar pantai, menambah potensi dikunjungi oleh rombongan wisatawan luar kota. Pengunjung disana pun dapat menyewa gazebo atau saung sebagai tempat istirahat sembari menikmati hidangan kuliner seafood. Menurut informasi dihimpun oleh redaksi datawisata bahwa harga sewa saung berkisar Rp. 10.000 hingga Rp. 25.000.

perahu kano Pantai Sadranan
sumber foto : instagram,com/lucia_catur_adelia

Sobat tak perlu khawatir bila merasa lapar ketika di lokasi wisata, telah tersedia sejumlah tempat makan atau pun angkringan yang menyediakan berbagai makanan khas Yogyakarta. Pengunjung pun diperbolehkan membawa makanan sendiri dari rumah, asalkan tetap menjaga kebersihan lingkungan. Wisata kuliner di Pantai Sadranan Gunungkidul tak cuman menyediakan kuliner nusantara, tetapi juga ada cafe-cafe bahkan restoran mengusung konsep unik dan kuliner western. Nah, buat sobat ingin menyantap kuliner seafood pun jelas tersedia di sini, bahan dasar seperti ikan terlihat sangat segar, pasalnya langsung hasil tangkapan nelayan. Para nelayan pun juga memperbolehkan wisatawan meminjam perahu mereka, biasanya untuk keperluan diving atau memancing di laut.

snorkeling Pantai Sadranan
sumber foto : instagram,com/undy_angel

Setelah seru-seruan bermain berenang di pantai dan hendak membilas diri menggunakan air bersih, pihak pengelola telah menyediakan kamar mandi atau toilet umum dengan biaya telah ditentukan. Buat sobat ingin menginap di lokasi wisata selain camping ground, ada pula berbagai penginapan seperti resort, guest house, hotel dan homestay dengan harga sewa kamar cukup terjangkau. Bahkan penginapan disana pun terlihat unik memiliki ciri khas yakni dari bentuk terlihat eksotis mirip sebuah pondok dengan atap dari bahan bambu. Jarak pantai ke penginapan pun berkisar 10 kilometer. Ada juga penginapan berada di atas perbukitan, sehingga memiliki view pemandangan pantai lebih ciamik.

wisatawan Pantai Sadranan
sumber foto : instagram,com/yaya_septya

Lokasi Pantai Sadranan Gunungkidul

Tempat rekreasi Yogyakarta ini berada di Dusun Pulegundes, Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta dan kode pos 55881. Sebagai wisata pantai yang memenangkan juara nasional dalam kategori wisata unik yaitu pantai Wediombo Gunungkidul, yakni jarak antara Wediombo beach ke lokasi wisata yakni 23 kilometer atau memerlukan waktu tempuh sekitar 43 menit. Berikut peta navigasi, mungkin dapat membatu sobat dalam menemukan lokasi wisata.

Jika mengambil kondisi lalu lintas normal, maka sobat hanya memerlukan waktu tempuh 2 jam menuju ke lokasi wisata dari pusat kota Yogyakarta menggunakan kendaraan sepeda motor. Rute pantai Wediombo tergolong mudah yakni dari kota Jogja terlebih dulu melewati Kecamatan kota Wonosari. Selain melalui via Wonosari, ada rute jalan Imogiri – Panggang. Nah bila sobat memutuskan mengambil rute Wonosari, perjalanan dilanjutkan ke arah selatan menuju ke pantai Baron. Ketika sampai di pos retribusi, sobat bakal menemui pertigaan lurus saja ke arah pantai Krakal, lantaran lokasi destinasi wisata Yogyakarta ini berada di sebelah timur.

Harga Tiket Masuk Pantai Sadranan Di Gunungkidul

Ketika hendak memasuki lokasi wisata, tiap-tiap pengunjung dikenakan biaya retribusi sebesar Rp. 10.000, tergolong murah kan sekelas wisata pantai . Harga tiket dapat berubah-ubah sewaktu-waktu serta biaya tersebut merupakan tiket ketika weekday saja. Kemungkinan besar ketika memasuki hari libur, tarif retribusi bakal mengalami peningkatan. Tapi tenang, harga tiket masuk wisata tak bakal membuat sobat rugi berkunjung di kawasan wisata pantai Sadranan, lantaran tiket tersebut sudah termasuk tiket terusan, menuju destinasi wisata pantai-pantai di pesisir selatan Kabupaten Gunungkidul.

snorkeling pantai sadranan
sumber foto : instagram,com/ana_shintya

Biaya retribusi terlepas dari ongkos parkir kendaraan, dimana pengunjung bakal dikenakan tarif parkir sebesar Rp. 4.000 sepeda motor dan Rp. 10.000 kendaraan mobil. Bagi sobat ingin mencoba bermain wahana jetski untuk menjelajahi seluruh lokasi wisata pantai sepuasnya, dimana biaya sewa wahana jetski sekitar Rp. 250.000 per orang.

pantai gunungkidul
sumber foto : instagram,com/jatengjogjah

Sekian artikel tentang Foto, Lokasi, Rute Dan Harga Tiket Masuk Pantai Sadranan Gunungkidul Jogja, semoga memberikan referensi wisata di Gunungkidul. Jika artikel ini menarik atau pun sekedar memberikan hiburan semata, tak ada salahnya membaca artikel lain di situs datawisata.com seputar objek wisata, wisata kuliner dan berbagai penginapan di berbagai daerah, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *