Kota Lama Semarang, Sebuah Cerita Dengan Keindahan Dan Sejarah Belanda

Kota lama Semarang sudah ada sejak pertama kali pada abad 18 ketika itu masih era pemerintahan Hindia Belanda. Pada jaman dulu kota tua Semarang tersebut merupakan pusat pemerintahan Semarang dan pusat pemukiman para masyarakat Belanda. Seperti bangunan Belanda lain nya, dimana kawasan kota tua tersebut di bangun dengan model perumahan yang terkonsep dan memiliki nilai seni yang tinggi. Sampai sekarang di sekeliling kota tua tersebut terdapat sebuah kanal air di lengkapi dengan jembatan, yang salah satu nya merupakan jembatan Berok yang masih ada sampai saat ini.

Kota lama Semarang ini, di jaman itu menjadi sebuah kawasan yang sering disebut oleh orang sekitar dengan sebutan Outstadt yang di penuhi oleh gedung gedung mewah yang di jadikan sebuah kantor Belanda. Sampai saat ini ada satu gedung yang masih terawat dengan baik yaitu gedung Asuransi Jiwasraya. Sedangkan untuk kawasan permukiman warga, di kota lama ini terdapat pusat peribadatan seperti Gereja Blenduk dan juga Gereja Gendangan.

Gereja Blenduk di Kota Lama Semarang

Gereja Blenduk di Kota Lama Semarang

Tidak hanya itu ada juga ruangan mewah terbuka Taman Srigunting dan gedung Marabunta yang pada jaman dulu di jadikan oleh warga sekita kota lama Semarang sebagai gedung pertunjukan. Secara umum, hampir seluruh karakter bangunan yang ada di kawasan kota tua semarang ini memiliki gaya Eropa elit di jaman itu, seperti di tandai dengan besarnya ukuran pintu pintu dan jendela setiap gedung, penggunaan kaca patri, bentuk atap yang terlihat unik, hingga konon terdapat ruangan rahasia di bawah tanah.

Ada sebutan lain dari kawasan wisata kota lama Semarang yang menjadi sebuah julukan khas di dalam nya, yaitu Little Netherland. Sebutan itu didapat lantaran sekeliling kota lama Semarang tersebut terdapat bangunan khas Eropa. Setelah negara Indonesia merdeka, kawasan elit tersebut berlahan yang bermula ramai di tinggalkan oleh penduduk nya. Saat ini yang tersisa di bangunan mewah di kota lama Semarang hanya lah bangunan bangunan mewah yang bersejarah, namun sayang nya bangunan tersebut tidak terawat dengan baik.

lorong kota lama semarang

lorong kota lama semarang

Saat Pagi hari sampai dengan sore hari masih banyak orang yang lalu lalang melewati bangunan tua tersebut, tapi bila sudah malam hari datang kawasan tersebut sangat sunyi dan terkesan misterius. Pada akhirnya pihak pemerintah dengan bekerja sama dengan penduduk sekitar sepakat untuk menghidupkan kembali suasana di kota lama Semarang tersebut yaitu dengan cara sering di adakan nya festival seni dengan mengundang artis lokal sampai artis nasional.

Biarpun sekarang ini jarang di adakan festival seni, berkunjung ke kota lama Semarang wajib untuk anda masukan ke daftar wisata kunjungan anda. Anda bisa membayangkan bukan, dengan menyusuri lorong lorong kecil di kawasan tersebut anda akan merasakan sensai sebuah kenangan lama yang telah bangkit kembali, yaitu sebuah kenangan masa lalu bernuansa Eropa. Tidak hanya itu, bila malam hari tiba di daerah wisata kota lama Semarang tersebut anda bisa mencoba wisata kuliner dari berbagai pedagang yang berjualan di sekitar komplek kota lama Semarang. Meskipun anda liburan anda hanya menyaksikan bangunan bangunan tua tersebut, percayalah perjalanan anda akan terkesan.

Bagi anda yang menyukai dengan sebuah seni retro atau vintage maka anda dapat jalan jalan ke kota tua hanya untuk sekedar photo hunting. Tapi jangan lupa, kalau tujuan anda hanya untuk sekedar photo maka gunakan juga model busana vintage style agar menambah kental rasa retro di dalam nya. Nyaris setiap sudut kota tua Semarang tersebut untuk di abadikan dalam sebuah foto. Bagi anda yang ingin melangsungkan pernikahan maka anda bisa memakai background kota lama Semarang ini sebagai foto prewedding yang sempurna, tentu nya anda harus pandai dalam memilih lokasi foto prewedding.

gedung kota lama semarang

gedung kota lama semarang

Bila anda menuju lokasi Srigunting di wisata kota lama Semarang, maka anda akan melihat banyak sekali lapak lapak pedagang yang menjual aneka barang unik dan antik. Barang yang biasanya di jual antara lain adalah buku, komik lawas, setrika antik, gilingan kopi jadul, mainan mainan anak tempo dulu, rantang antik, semua barang antik yang memiliki nilai seni tinggi dapat kamu beli di sini. Selain barang barang antik, anda pun dapat menemukan aneka kerajinan seni. Tidak ketinggalan pula komunitas komunitas sepeda antik juga berkumpul sekedar untuk nongkrong atau pun melakukan kopdar komunitas.

Di kawasan wisata kota lama Semarang ini, ada beberapa galeri seni dan koleksi barang kuno apik. Diantaranya adalah Galeri Semarang atau sering di sebut dengan Semarang Contemporary Art Gallery yang berdiri di tahun 2008. Ruang pameran ini menggunakan gedung bekas kantor sebuah perusahaan asuransi Indische Llyod yang konon usia nya nyaris satu abad. Di dalam galeri tersebut anda dapat melihat koleksi lukisan, patung dan benda seni lain nya. Selain di galeri Semarang anda pun juga dapat melihat lihat galeri seni yang berada  di lantai dua Spiegel Bar & Resto.

kota lama semarang malam hari

kota lama semarang malam hari

Rute Kota Lama Semarang

Letak umum atau geografis dari kota tua Semarang yaitu terdapat pada bersebelahan dengan stasiun Tawang dan pasar Johor. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau pun kendaraan umum, seperti ini data wisata berikan rute nya :

A. Kendaraan Pribadi

  1. Misal anda datang dari arah Demak, maka kamu bisa lewat kawasan terminal Terboyo, menyusuri jalan Jendral Raden Patah, kemudian masuk ke kawasan wisata kota lama Semarang.
  2. Datang dari arah Ungaran, menyusuri rute Banyumanik, Peterongan, di lanjutkan ke Jalan MT Haryono, Bunderan Mbubakan, Jalan Cendrawasi dan sampai lah di kota lama Semarang.
  3. Misal Anda datang dari arah Barat anda dapat melalui rute bunderan Kali Banteng, bunderan Tugu Muda, Lawang Sewu, Jalan Pemuda, Pasah Johar, kota tua Semarang.

B. Kendaraan Umum

Bila anda tidak membawa kendaraan pribadi anda pun tidak perlu khawatir, lantaran ada beberapa rute yang mudah untuk sampai di kota tua Semarang.

  1. Menggunakan kendaraan angkot, sebaiknya pilih lah angkot dengan jurusan atau melayani rute ke pasar Johar dan kota Lama Semarang.
  2. Kendaraan umum kereta api, anda bisa turun di stasiun Tawang. Dimana polder tawang tersebut merupakan salah satu ikon dari kota lama Semarang, letak nya tepat di depan pintu masuk stasiun dan anda pun bisa mengakses kota lama Semarang dengan hanya berjalan kaki.

Harga Tiket

Sebenarnya, bagi anda yang ingin menikmati keindahan seni dari Kota lama Semarang tidak ada biaya yang pasti, lantaran anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk tiket masuk nya. Namun apa bila anda ingin keliling kota Lama semarang menggunakan becak atau pun delman, mungkin anda harus mempersiapkan ongkos untuk jasa tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *