Foto, Lokasi, Rute Dan Harga Tiket Masuk Situs Warungboto Yogyakarta

Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta itu memang ya dari dulu selalu saja memiliki beragam destinasi wisata, tempatnya nyaman, warga setempat ramah-ramah dan budayanya menjadi kiblat daerah-daerah lain di Indonesia. Yap Yogyakarta itu selain terkenal sebagai kota pendidikan, objek wisata di kota Gudeg setara kota-kota wisata besar lain seperti Bogor, Bandung, Bali maupun Malang. Tak hanya memiliki beragam wisata alam menakjubkan tapi juga punya sejumlah destinasi wisata bersejarah sebut saja seperti taman sari maupun keraton. Bagi sobat hendak berburu wisata bersejarah nah maka Jogja lah tempatnya ada pun salah satu wisata itu yakni situs Warungboto Yogyakarta.

Situs Warungboto Yogyakarta
sumber foto : instagram,com/jogjaistimewa

Mungkin dulu ketika terlihat sekilas tempat rekreasi Jogja ini seperti bangunan bersejarah kurang terawat, namun kini bangunan-bangunan sekitar telah diperbarui menjadi bangunan bersejarah nampak artistik. Nah jadi situs Warungboto itu merupakan salah satu bangunan peninggalan keraton Jogja, tentu memiliki cerita sejarah menarik diketahui. Sehingga fungsinya tak sekedar destinasi wisata saja, melainkan juga sebagai sarana edukasi lebih mengenal sejarah.

Info Kuliner Bandung : Lokasi, Rute Dan Daftar Menu Lereng Anteng Panoramic Coffe Bandung

Info Kuliner Malang : Alamat Dan Harga Tiket Masuk Pasar Apung Nusantara Batu Malang

Agar tetap senantiasa melestarikan budaya, maka kondisi situs Warungboto telah dipugar menjadi bangunan terlihat menarik bagi wisatawan. Ya walaupun sih memang tampak dari luar seperti bangunan kuno, tapi ketika sudah masuk ke dalam, maka bakal terlihat sangat indah sebagai bangunan pra sejarah enak dilihat.

Situs Warungboto Jogja
sumber foto : instagram,com/rezakurniawanwr

Setelah bangunan-bangunan situs telah direnovasi, barulah para wisatawan mulai berdatangan. Ya meskipun sih memang lokasi wisata jauh dari pusat kota dan lokasinya pun cukup sulit ditemukan. Sampai sekarang situs Warungboto tak cuma diminati oleh wisatawan pecinta sejarah saja, tapi juga banyak muda-mudi kaum milenial mulai berdatangan demi berswafoto di sana.

Info Wisata Bogor : Panduan Lengkap Wisata Kebun Raya Bogor Jawa Barat

Info Wisata Malang : Panduan Lengkap Terbaru Wisata Terbaik Jatim Park 1 Malang

Kampung Wisata Warungboto
sumber foto : instagram,com/auliavf

Jadi begini sedikit cerita sejarah situs di Jogja ini dulunya merupakan tempat peristirahatan bagi sang raja beserta keluarga. Bahkan keberadaan situs pun sudah ada ketika pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono pertama. Lalu berlanjut lah ke pemerintahan Sri Sulta Hamengku Buwono II. Di sana ada kolam konon dulu digunakan sebagai pemandian bagi sang ratu Jogja. Selain itu terdapat teras bertingkat yang terlihat unik tapi elegan. Lantaran memiliki bentuk bangunan vintage futuristik tak heran bila banyak wisatawan berlomba datang ke sana walau hanya sekedar berselfie ria.

warungboto
sumber foto : instagram,com/sayyidatunnisa98

Kepopuleran wisata Jogja ini tak terlepas telah banyak foto-foto beredar di berbagai website sosial media. Berada di lokasi wisata, sobat bakal mudah menemukan tempat cocok dijadikan sebagai tempat berswafoto. Nah bagi sobat hendak liburan ke sini maka mulai lah dari sekarang untuk merencanakan pose-pose keren. Pastikan pula kondisi kamera tetap terjaga seperti baterai terisi penuh dan membawa berbagai perlengkapan foto.

Nuansa klasik benar-benar terasa di Warungboto Jogja, demi menjaga kenyamanan berwisata pihak pengelola telah menyediakan berbagai fasilitas umum seperti lahan parkir, toilet dan kantin. Agar tetap terus menjaga eksistensi pelestarian situs, pun sudah tertuang peraturan-peraturan larangan bagi wisatawan ketika beraktivitas di area wisata seperti melarang membawa makanan dari luar, tidak boleh mencoret-coret tembok, membuang sampah sembarangan, memanjat dinding tembok hingga perbuatan-perbuatan asusila maksiat.

Situs Warungboto
sumber foto : instagram,com/jogjaku

Lokasi Situs Warungboto Yogyakarta

Awal mula nama wisata bernama Pesanggrahan Rejowinangun berada di sebelah barat aliran sungai Gajahwong. Lokasi tepatnya berada di diantara dua Desa dalam satu Kecamatan yakni Desa Warungboto, Kecamatan Umbulharjo dan Desa Rajawinangun, Kecamatan Kota Gede, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kalau sobat pernah sebelumnya berwisata di taman Sari Yogyakarta, itu loh objek wisata dulunya sebagai benteng dan pemandian bagi para selir-selir raja. Jarak dari wisata taman sari ke lokasi wisata sekitar 5 kilometer saja atau hanya memerlukan waktu tempuh kurang lebih 14 menit saja. Berikut peta navigasi mungkin dapat sobat jadikan alat petunjuk arah.

Jalan menuju Warungboto Yogyakarta bisa mengambil jalur selatan melalui jalan Margo Utomo kemudian dilanjutkan lagi ke jalan Mataram belok saja ke arah kiri menuju jalan Juminahan sesampai di sana lanjut lagi perjalanan ke jalan Ki Mangunsarko hingga bertemu simpang tiga belok ke kiri melewati jalan Kusumanegara.

Harga Tiket Kampung Wisata Warungboto

Lantaran sampai sekarang masih dalam proses pemugaran belum rampung sempurna, pihak pengelola yakni pemkab daerah membebaskan tiket masuk wisata kepada siapa pun hendak berkunjung ke dalam area situs, sekaligus bermaksud menjadikannya sebagai fasilitas publik. Hanya saja bagi sobat membawa kendaraan pribadi maka wajib nih membayar tiket masuk wisata yakni sebesar Rp. 3.000 kendaraan roda dua dan Rp. 5.000 kendaraan mobil.

wisata Situs Warungboto
sumber foto : instagram,com/elvira_laksita

Sekian artikel membahas Foto, Lokasi, Rute Dan Harga Tiket Masuk Situs Warungboto Yogyakarta, moga memberikan referensi tujuan wisata di Kota Yogyakarta. Jika artikel ini memberikan manfaat berupa informasi atau pun hiburan, silahkan baca artikel lain ya mengenai info objek wisata, wisata kuliner dan daftar penginapan di berbagai daerah, terimakasih.