Agrowisata Tanaman Hias Dan Buah Unggulan Kampung Flory Sleman

Di berbagai daerah Indonesia, telah bermunculan wisata kampung bermacam konsep kreatif nan unik. Kebanyakan wisata kampung tersebut mengusung tema edukasi menghibur seperti kampung Kurcaci Purbalingga, namun tak jarang pula wisata kampung mengusung konsep kekinian mengandalkan spot foto corner seperti kampung 3D Blitar dan kampung selfie Medan. Kabupaten Sleman yang berada di Provinsi Yogyakarta pun tak mau ketinggalan wisata kampung mengandalkan sektor perkebunan, pertanian dan perikanan diberi nama kampung Flory Sleman. Di lokasi wisata pengunjung akan menjumpai bermacam tanaman hias serta buah unggulan. Fasilitas kampung di Sleman ini pun tergolong lengkap yakni terdapat rumah makan kampung Flory menyajikan menu masakan nusantara terutama Yogyakarta, kolam terapi ikan dan penginapan nyaman.

Wisata Kampung Flory Sleman

Objek wisata kampung Flory Plaosan tergolong wisata desa yang relatif baru, kampung ini dijadikan destinasi wisata dibuka pada pertengahan tahun 2016 tahun lalu. Keberadaan wisata kampung Tridadi diharapkan dapat mengakomodasi lapangan pekerjaan warga setempat. Selain itu maksud lainnya dilatarbelakangi keprihatinan terhadap generasi muda sekarang lebih mengharapkan kerja formal ketimbang sebagai petani.

kampung Flory Sleman

Sebelum seperti sekarang, mulanya wisata kampung ini sudah diresmikan pada tahun 2002 silam oleh bapak Sugihartono. Bersama-sama kerabat dekat pak Sugihartono membentuk sebuah perusahaan CV. Mitra Tani. Perusahaan itu menyediakan bibit tanaman berkualitas menggunakan sistem cloning. Setelah itu perusahaan Mitra Tani pun menciptakan sebuah perkampungan warga menjadi wisata kampung yang sebagian besar warga desa bergerak di bidang pembibitan tanaman hias serta buah unggulan. Pada akhirnya mimpi itu terwujud dan jadilah destinasi wisata kampung Flory di Sleman. Kini wisata kampung di Yogyakarta ini menjadi wisata desa yang mempunyai daya tarik agrowisata pengunjungnya yang hendak berwisata ke Yogyakarta mengusung konsep edukasi.

Biaya Masuk Kampung Flory Yogyakarta

Menurut pihak pengelola bahwa tempat wisata kampung edukatif ini menempati lahan kurang lebih 4 hektar yang dibagi menjadi beberapa zona. Zona pertama yakni Taruna Tani yang menyediakan berbagai tanaman hias, tanaman buah unggulan dan wisata kuliner. Lalu di zona dua diberi nama Dwi Flory yang menyediakan penginapan berupa homestay. Sedangkan zona terakhir ialah Agro Buah yang menyuguhkan wisata petik buah langsung dari pohon serta wisata edukasi.

Info Wisata Jakarta : Alamat Dan Harga Tiket Masuk Ice Skating Taman Anggrek

Info Wisata Blitar : Panduan Wisata Lengkap Kampung Coklat Blitar Jawa Timur

kampoeng Flory Sleman

Kampung Flory Pangukan Sleman pun juga menyediakan warung makan bagi pengunjung yang telah kelelahan seharian berkeliling kampung menambah informasi pertanian. Pengunjung dapat menikmati sajian makanan dan minuman tradisional ala desa. menu makan kampung Flory berupa olahan ikan lezat seperti ikan tawar, wader, lele, nila, udang dan lain-lain. Sedangkan harganya pun relatif murah kisaran Rp. 2.000 hingga Rp. 4.000 minuman, sedangkan harga makanan sekitar Rp. 10.000 hingga Rp. 50.000 tergantung item yang dipesan, berikut daftar menu kampung Flory.

menu makan kampung flory

Kelebihan wisata kuliner di kampung Flory Sleman, pengunjung berasa makan di pinggir kolam ikan yang airnya jernih dan gemericik air menyegarkan. Tak sedikit pula pengunjung melakukan terapi kesehatan memanfaatkan ikan, dengan cara merendam kaki di kolam lalu dikerubuti oleh ikan-ikan hias berwarna-warni.

Info Wisata Pasuruan : Informasi Alamat Dan Lokasi Kebun Kurma Pasuruan Jawa Timur

Info Wisata Malang : Panduan Wisata Terbaru Museum Angkut Malang Lengkap

alamat kampung Flory

Sebagai pelengkap fasilitas zona diatas, juga terdapat fasilitas pendukung lainnya seperti wahana outbound. Terdapat lokasi ketangkasan siap digunakan untuk mengelar kegiatan outbound secara kelompok atau pun instansi yang hendak berlibur di kampoeng Flory Sleman.

Kampung Flory di Sleman

Lokasi Kampung Flory Jogja

Secara administratif alamat kampung Flory berada di dusun Jugangpangukan, RT. 05 / RW. 11, desa Tridadi, Kecamatan. Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta kode pos 55286 dan nomor telepon kampung edukasi Flory Sleman yakni 0896-2334-7896. Wisata kampung Tridadi buka dari pukul 09.00 WIB dan tutup kembali pada pukul 22.00 WIB. Anda tahu wisata monumen Jogja kembali, bila tahu maka lokasi wisata ini tak jauh dari sana kurang lebih memerlukan waktu tempuh 6 kilometer serta waktu tempuh 14 menit, dibawah ini informasi peta kampung Flory.

Anda dapat menempuh lokasi wisata menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Nah, rute wisata kampung Flory dari pusat kota Yogyakarta arahkan perjalanan menuju ke utara ke jalan Magelang. Sesampai di jembatan Jombor masih lurus ke utara sampai bertemu daerah Dengung Sleman. Selanjutnya ambil ke arah kiri melewati kompleks kantor pemerintahan daerah Sleman ke arah barat hingga bertemu jembatan Pangukan. Dari jembatan tersebut lurus sedikit disamping kiri jalan ada petunjuk jalan menuju ke lokasi wisata, anda tinggal mengikuti petunjuk jalan itu hingga sampai ke lokasi wisata.

Biaya Masuk Kampung Flory Yogyakarta

Kabar baiknya ialah, pengunjung hendak masuk kampung edukasi Sleman ini tak dipungut biaya sepersen pun alias gratis. Sesampai di lokasi wisata anda bisa melakukan berbagai kegiatan menyenangkan seperti foto selfie, wisata kuliner, membeli bibit tanaman berkualitas hingga menginap di homestay yang telah disediakan.

wisata kampung Tridadi

Nah kira-kira seperti itu lah artikel tentang Agrowisata Tanaman Hias Dan Buah Unggulan Kampung Flory Sleman, semoga bermanfaat sebagai referensi review wisata anda. Apabila dirasa artikel ini bermanfaat, maka tak ada salahnya teman-teman membaca artikel lain tentang review wisata, wisata kuliner dan penginapan di berbagai daerah di situs datawisata.com, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *