Foto, Harga Tiket Dan Lokasi Bukit Goa Lawa Tegal Jateng

Bagaimana kalau hari ini kita membahas salah satu wisata unik di Indonesia. Yap wisata bukit goa Lawa Tegal, wisata alam merupakan sebuah bukit terdiri tumpukan batu menjulang tinggi. Be batuan di sana tersusun rapi secara alam, tak heran bila spot tersebut kerap kali dijadikan sebagai tempat berswafoto ria.

bukit goa Lawa Tegal
sumber foto : instagram,com/sukmaaugustine

Di atas bukit bebatuan tersebut menjadi lanskap keren bagi para wisatawan untuk mengabadikan momen liburan menyenangkan. Hanya saja kondisi konstruksi terbilang curam nih ya, sebaiknya sobat berhati-hati deh ketika mendaki. Berada di atas, bisa memandangi lebih jauh pesona keindahan alam eksotis.

Kecantikan lokasi wisata terasa lebih cantik dengan kehadiran pemandangan epik gunung Slamet dan deretan pegunungan lainnya. Hawa sejuk dan masih terasa alami menjadikan objek wisata sebagai tempat menyenangkan untuk refershing, tak heran bila kebanyakan wisatawan datang berbondong-bondong dan betah berlama-lama di lokasi wisata ya sob.

Destinasi wisata Goa Tegal ini, wisatawan tak cuma menemukan goa seperti umumnya. Lantaran di sana hanya ditemukan onggokan batu besar, tapi memiliki lubang kecil dihuni oleh ratusan kelelawar. Awal mula objek wisata ini diberi nama goa Lawa Balapulang, karena memang dijadikan habitat kelelawar. Dalam bahasa Jawa disebut Lawa.

goa Lawa Tegal
sumber foto : instagram,com/indonesiacorak

Lubang gua berukuran kecil, sehingga manusia tak bisa memasukinya. Karena dijadikan sebagai sarang kelelawar, sehingga bau sekitar terasa kurang sedap. Tetapi kekurangan tersebut sepertinya tak berarti bila suguhan pemandangan terpampang cantik.

Info Wisata Bandung : Foto, Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Victory Waterpark Soreang Bandung

Info Wisata Lampung : Harga Tiket Masuk, Foto, Lokasi Taman Seven Selfie Lampung

Bukit goa Lawa Tegal berada di ketinggian 343 Mdpl, meski tak setinggi objek wisata gunung-gunung lainnya, tetapi untuk mencapai lokasi wisata memerlukan usaha ekstra. Wisata gua Lawa Tegal layak dicoba khususnya bagi sobat memiliki jiwa petualang.

Medan menuju ke sana terbilang ekstrim dan memiliki banyak bebatuan yang harus didaki oleh sebab itu keamanan merupakan faktor wajib diperhatikan. Agar lebih aman disarankan memakai sepatu khusus bila perlu didampingi oleh teman yang dirasa sudah menguasai lokasi sekitar.

Goa Lawa Balapulang
sumber foto : instagram,com/indonesiacorak

Memang butuh perjuangan agar bisa sampai lokasi puncak, tetapi bila sobat sudah sampai di atas rasa capek dan takut bakal sirna terbayar lunas dengan menikmati keindahan alam epik mempesona dari atas bukit.

Lokasi Bukit Gua Lawa Balapulang

Termasuk sebagai destinasi wisata viral di Tegal, bukan hal sulit sob menemukan lokasi wisata, berada di Harjowinangun, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Berikut peta navigasi bila hendak mencari lokasi wisata.

Bila sobat nih ya pernah liburan ke wisata taman Oemah Pinus Tegal, itu loh tempat rekreasi Tegal berada di kaki gunung Slamet dengan pemandangan hamparan pepohonan pinus asri. Jarak antara hutan pinus ke lokasi wisata sekitar 21,2 kilometer atau memerlukan waktu tempuh 43 menit.

wisata goa Lawa Tegal
sumber foto : instagram,com/exploretegal

Dari kota Tegal lokasi wisata membutuhkan waktu tempuh 1 jam perjalanan atau 30 kilometer. Akses jalan menuju ke lokasi wisata terbilang sulit, lantaran sebagian besar berupa tanjakan dan jalan bebatuan, oleh sebab itu sobat wajib nih berhati-hati.

Misal sobat datang dari luar kota Tegal silahkan langsung menuju ke kecamatan Balapulang. Perjalanan setelah melewati Tikungan Banjaranyar menuju ke arah timur melewati SMA Negeri 1 Balapulang. Lanjutkan perjalanan menuju ke timur sampai melewati lapangan.

Terus saja ikuti jalan provinsi sejauh 200 meter dari lapangan dan terdapat papan petunjuk Musholla Baitul Atiq, selanjut nya belok hingga menemukan TPQ Al-Hikma.

Info Kuliner Bogor : Alamat, Harga Tiket Masuk Dan Harga Menu De Kendor Hambalang Bogor

Info Wisata Banyuwangi : Fasilitas, Harga Tiket Dan Lokasi Wisata Pagubugan Banyumas Jateng

Bukit Gua Lawa Balapulang
sumber foto : instagram,com/evy_kurniasih25

Sobat terus saja ya melanjutkan perjalanan sampai bertemu kawasan kebun tebu. Dari kebun tebu lakukan perjalanan sekitar 25 menit agar bisa tiba ke lokasi dengan berjalan kaki. Tenang sudah banyak warga setempat mengetahui lokasi wisata, jadi sobat bisa bertanya kepada warga mengenai lokasi wisata.

Harga Tiket Masuk Bukit Goa Lawa Tegal

Agar bisa seru-seruan dan bermain di area wisata, maka wisatawan diharuskan membayar tiket masuk wisata sebesar Rp. 7.000 per orang, sedangkan bila sobat membawa kendaraan pribadi maka dikenakan Rp. 5.000 per kendaraan. Sehingga dengan budget Rp. 12.000 sudah bisa mengeksplorasi area wisata.

Gua Lawa Balapulang
sumber foto : instagram,com/inibaru.id

Jam operasional wisata buka mulai pukul 07.40 WIB sampai dengan tutup kembali pada pukul 17.00 WIB. Sekian artikel tentang Foto, Harga Tiket Dan Lokasi Bukit Goa Lawa Tegal Jateng, moga bisa memberikan info kepada teman-teman hendak mencari destinasi wisata Tegal, terimakasih.